Langkah Mudah untuk Menyiapkan Buntil daun singkong, Lezat

Diposting pada
Langkah Mudah untuk Menyiapkan Buntil daun singkong, Lezat

Buntil daun singkong. Kitchenesia.com – Cassava leaf is notoriously bitter, but is definitely worth a try. We suggest you to give a shot with Buntil Daun Singkong (steamed coconut wrapped in cassava leaves) recipe. The inclusion of coconut milk, tempeh, and some spices will surprassing its bitterness, yet adding savoury and sweetness to the food.

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Buntil daun singkong, Lezat Ditambah lagi, cara membuat Resep Buntil Daun Singkong yang enak ini mudah diikuti, lo! Buntil daun singkong biasanya tersaji dengan kuah kuning yang gurih dan sedikit pedas. Untuk itu, hidangan ini cocok dijadikan lauk dan disantap dengan nasi hangat.

Sedang mencari inspirasi resep buntil daun singkong yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal buntil daun singkong yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kitchenesia.com – Cassava leaf is notoriously bitter, but is definitely worth a try. We suggest you to give a shot with Buntil Daun Singkong (steamed coconut wrapped in cassava leaves) recipe. The inclusion of coconut milk, tempeh, and some spices will surprassing its bitterness, yet adding savoury and sweetness to the food.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari buntil daun singkong, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan buntil daun singkong yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan buntil daun singkong sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Buntil daun singkong memakai 10 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Buntil daun singkong:

  1. Gunakan 1/4 kg ikan asin teri (goreng).
  2. Siapkan 2 ikat daun singkong (rebus).
  3. Sediakan 5 buah cabe merah.
  4. Sediakan 5 siung bawang merah.
  5. Ambil 5 siung bawang putih.
  6. Siapkan 2 buah kemiri.
  7. Ambil 1 sdt ketumbar.
  8. Gunakan Secukupnya garam.
  9. Sediakan 2 daun salam.
  10. Gunakan 1 daun serai.
BARU  Resep Sayur Asem Suroboyo Seadanya, Menggugah Selera

Dalam sekali suap, kita bisa mendapatkan berbagai rasa, seperti rasa sedikit pahit dari daun singkong kemudian ditambah asin dari teri dan parutan kelapa, ditutup dengan kuah kuning. Buntil daun singkong seringkali dijajakan di pasaran, terutama pada pedagang lauk dan nasi atau bisa juga para pedagang kaki lima. Jenis makanan buntil ini memang menjadi menu tradisional yang mempunyai kelezatan sangat legendaris. Terlebih lagi memiliki resep pembuatannya yang tergolong sangat mudah.

Cara menyiapkan Buntil daun singkong:

  1. Ulek cabe, bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, garam. Tumis, masukan daun salam dan serai. Tambahkan air, tunggu mendidih.
  2. Ikan teri yang digoreng, dimasukan kedalam daun singkong yang dibentuk bulat. Agar tidak lepas, boleh diikat menggunakan daun serai atau tali rapia.
  3. Masukan buntil daun singkong ke dalam wajan. Hati2 mengaduk jangan sampai ikatan buntil terlepas. Angkat saat air menyusut.

Jakarta – Buntil merupakan lauk sederhana dari daun singkong yang diisi adonan kelapa muda. Direndam kuah santan yang kental, rasanya semakin gurih enak. Salah satu masakan khas Jawa Tengah ini populer karena sederhana dan enak rasanya. Selain dari daun singkong, buntir juga sering dibuat dari daun keladi dan daun pepaya. Isiannya merupa kelapa muda parut … Resep buntil daun singkong memang sudah populer sejak lama karena merupakan salah satu menu masakan tradisional yang rasa & kelezatannya sudah legendaris.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan buntil daun singkong yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!