Langkah Mudah untuk Menyiapkan Buntil Daun Singkong yang Lezat

Diposting pada
Langkah Mudah untuk Menyiapkan Buntil Daun Singkong yang Lezat

Buntil Daun Singkong. Kitchenesia.com – Cassava leaf is notoriously bitter, but is definitely worth a try. We suggest you to give a shot with Buntil Daun Singkong (steamed coconut wrapped in cassava leaves) recipe. The inclusion of coconut milk, tempeh, and some spices will surprassing its bitterness, yet adding savoury and sweetness to the food.

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Buntil Daun Singkong yang Lezat Untuk itu, hidangan ini cocok dijadikan lauk dan disantap dengan nasi hangat. Dalam sekali suap, kita bisa mendapatkan berbagai rasa, seperti rasa sedikit pahit dari daun singkong kemudian ditambah asin dari teri dan parutan kelapa, ditutup dengan kuah kuning. Resep Buntil Daun Singkong sendiri hadir dengan rasa santan yang super gurih dan bikin nagih.

Sedang mencari ide resep buntil daun singkong yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal buntil daun singkong yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari buntil daun singkong, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan buntil daun singkong yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Kitchenesia.com – Cassava leaf is notoriously bitter, but is definitely worth a try. We suggest you to give a shot with Buntil Daun Singkong (steamed coconut wrapped in cassava leaves) recipe. The inclusion of coconut milk, tempeh, and some spices will surprassing its bitterness, yet adding savoury and sweetness to the food.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat buntil daun singkong yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Buntil Daun Singkong memakai 36 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Buntil Daun Singkong:

  1. Ambil 2 ikat daun singkong.
  2. Siapkan Secukupnya air untuk merebus daun singkong.
  3. Gunakan 500 ml santan kental.
  4. Ambil 3 lbr daun salam.
  5. Ambil 2 ruas lengkuas, memarkan.
  6. Sediakan 4 lbr daun jeruk purut.
  7. Ambil 3 sdm gula jawa sisir.
  8. Ambil 10 bh cabai rawit (sesuai selera).
  9. Gunakan Secukupnya kaldu bubuk instan (optional).
  10. Ambil Secukupnya minyak untuk menumis.
  11. Gunakan Bahan isi.
  12. Ambil 2 genggam mlanding/petai cina.
  13. Ambil 2 genggam teri halus.
  14. Gunakan 1 butir kelapa muda parut.
  15. Gunakan Bumbu halus isian buntil.
  16. Siapkan 5 buah cabai merah keriting.
  17. Gunakan 4 buah cabai rawit.
  18. Sediakan 2 ruas kencur.
  19. Sediakan 4 siung bawang putih.
  20. Gunakan 6 siung bawang merah.
  21. Gunakan 1 sdt terasi bakar.
  22. Ambil 3 lbr daun jeruk purut.
  23. Siapkan 2 sdm air asam jawa.
  24. Sediakan 2 sdm gula jawa, sisir halus.
  25. Sediakan Secukupnya garam.
  26. Sediakan Bumbu halus kuah buntil.
  27. Sediakan 4 siung bawang merah.
  28. Sediakan 4 siung bawang putih.
  29. Siapkan 5 buah cabai merah keriting.
  30. Sediakan 5 buah cabai rawit.
  31. Ambil 1 ruas kunyit.
  32. Ambil 2 batang serai ambil bagian putihnya.
  33. Gunakan 3 butir kemiri sangrai.
  34. Sediakan 1 sdt ketumbar.
  35. Gunakan Pelengkap.
  36. Gunakan Secukupnya tali untuk mengikat buntil.
BARU  Resep Tumis oyong cambah saus tiram, Enak

Ditambah lagi, cara membuat Resep Buntil Daun Singkong yang enak ini mudah diikuti, lo! Buntil daun singkong ala kamu siap dinikmati bareng nasi putih hangat. Kebayang 'kan enaknya makan bareng keluarga dengan lauk khas seperti buntil ini? Baca Juga: Resep Ayam Lado Ijo Kemangi, Makanan Khas Padang yang Bikin Rindu.

Langkah-langkah membuat Buntil Daun Singkong:

  1. Siapkan daun singkong, ambil daunnya dari batangnya, cuci bersih. Siapkan panci berisi air mendidih, rebus semua daun hingga layu saja, guna memudahkan proses pembungkusan, rebus sekitar 5 menit angkat dan tiriskan.
  2. Bahan isi : siapkan mangkuk, masukkan semua bahan isi. Aduk rata dan sedikit remas, koreksi rasa lalu sisihkan.
  3. Siapkan daun singkong rebus, tata beberapa daun singkong melebar, lalu letakkan secukupnya bahan isi di atas permukaan daun..
  4. Lipat bagian atas hingga menutupi isian buntil, rapikan dan padatkan lalu ikat dengan tali. Lakukan sampai daun singkong dan isian habis. Susun di atas panci.
  5. Membuat kuah buntil : siapkan wajan beri minyak dan panaskan. Tumis bumbu halus kuah hingga harum dan matang, masukkan daun salam,daun jeruk,lengkuas, dan cabai rawit. Tumis sampai daun rempah layu dan harum. Masukkan santan, garam, kaldu bubuk, gula dan air asam, lalu aduk rata. Matikan kompor.
  6. Tuangkan kuah santan ke buntil yang sudah disusun dipanci, masak dengan api kecil hingga santan mendidih. Koreksi rasa, dan jangan terlalu asin, karena buntil akan dimasak hingga kuah menyusut. Tutup panci dan masak dengan api kecil, hingga air menyusut dan daun menjadi empuk. Angkat dan sajikan bersama nasi hangat.
  7. Selamat mencoba sahabat cookpad.

Buntil daun singkong seringkali dijajakan di pasaran, terutama pada pedagang lauk dan nasi atau bisa juga para pedagang kaki lima. Jenis makanan buntil ini memang menjadi menu tradisional yang mempunyai kelezatan sangat legendaris. Terlebih lagi memiliki resep pembuatannya yang tergolong sangat mudah. Resep buntil daun singkong memang sudah populer sejak lama karena merupakan salah satu menu masakan tradisional yang rasa & kelezatannya sudah legendaris. Buntil ini bukan hanya daun singkong saja yang bisa dijadikan bahannya, daun pepaya ataupun daun talas juga bisa dijadikan buntil, namun persamaannya adalah semuanya diisi kelapa parut kasar yang sudah dibumbui dan dicampurkan dengan teri.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Buntil Daun Singkong yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!