Resep Nila Buntil Daun Singkong, Bisa Manjain Lidah

Diposting pada
Resep Nila Buntil Daun Singkong, Bisa Manjain Lidah

Nila Buntil Daun Singkong. Yaudah mikirnya ya pepes. eh ternyata dikantor dia wa "Beb aku ingat gurame. Resep Buntil Daun Singkong ala Mama. Resep buntil dari mama, tapi takaran bumbu dari saya, waktu saya tanya mama via telpon resep buntil, dikasih resep ini, saat tanya seberapa banyak takaran bumbunya, mama jawab ya seberapa banyak bikinnya,,, okelah kalo begitu, akhirnya sambil bawa timbangan +.

Resep Nila Buntil Daun Singkong, Bisa Manjain Lidah Lihat juga resep Buntil Daun Singkong Isi Sambel Tempe enak lainnya. Bahan utama membuat buntil daun singkong. Sesuai namanya, bahan utama untuk membuat sajian ini tentu saja daun singkong.

Sedang mencari inspirasi resep nila buntil daun singkong yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nila buntil daun singkong yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Yaudah mikirnya ya pepes. eh ternyata dikantor dia wa "Beb aku ingat gurame. Resep Buntil Daun Singkong ala Mama. Resep buntil dari mama, tapi takaran bumbu dari saya, waktu saya tanya mama via telpon resep buntil, dikasih resep ini, saat tanya seberapa banyak takaran bumbunya, mama jawab ya seberapa banyak bikinnya,,, okelah kalo begitu, akhirnya sambil bawa timbangan +.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nila buntil daun singkong, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan nila buntil daun singkong enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan nila buntil daun singkong sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Nila Buntil Daun Singkong menggunakan 27 bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Nila Buntil Daun Singkong:

  1. Siapkan 4 Ikan nila/ Gurame yang sudah dibersihkan dan dipotong jadi.
  2. Sediakan 2 Jeruk nipis.
  3. Ambil Daun pisang sudah dibersihkan & dibakar.
  4. Siapkan Segenggam Ikan teri goreng.
  5. Sediakan 1/2 ikat Daun singkong rebus.
  6. Ambil 1/2 ikat kemangi.
  7. Sediakan Bumbu halus isi.
  8. Ambil 5 Bawang merah.
  9. Siapkan 2 Bawang putih.
  10. Ambil 5 Cabai rawit.
  11. Siapkan 3 Cabai keritingh.
  12. Siapkan Santan bubuk sasa.
  13. Ambil Bumbu halus luar.
  14. Siapkan 7 Bawang merah.
  15. Ambil 4 Bawang putih.
  16. Ambil 7 Cabai rawit (kalau mau pedes ditambah).
  17. Gunakan 4 cabai keriting.
  18. Gunakan 4 Kemiri.
  19. Gunakan 1/2 sdt Ketumbar.
  20. Gunakan 1/2 ruas lengkuas.
  21. Sediakan 1 batang sereh geprek.
  22. Siapkan 2 cm jahe.
  23. Ambil 2 cm Kencur.
  24. Ambil 1/2 ruas kunyit.
  25. Siapkan 1 santan kara.
  26. Gunakan 2 lembar Daun jeruk.
  27. Sediakan secukupnya Garam.
BARU  Resep Sayur asem jawa yang Lezat

Pilih daun yang masih muda agar lebih cepat empuk ketika dimasak. Selain daun singkong, bahan lain yang turut menjadi bahan utama buntil daun singkong adalah ikan teri medan dan kelapa parut. Daun singkong bukan hanya di konsumsi manusia saja namun bisa juga di jadikan makanan ikan nilaDaun singkong sangat mudah di dapatkan karna banyak tumbuh di. Makanan yang sering dimasak dulu sama mama sewaktu aku masih kecil , bedanya dulu pake daun talas dan isiannya ada petai cina plus ikan asinnya.

Langkah-langkah membuat Nila Buntil Daun Singkong:

  1. Bersihkan ayam potong jadi 4 bagian dan lumuri lemon/ jeruk nipis, sambil juga cuci ikan teri…
  2. Goreng ikan teri dan ikan (untuk ikan jangan terlalu kering dan berwarna terlalu coklat) biar kan daging ikannya masih lembut.
  3. Tumis bumbu halus isi dan masukan air dan santan bubuk (saya gaketemu kelapa parut hehe) masukan ikan teri tunggu sampai agak menyerap..
  4. Masukan ikan yang sudah digoreng aduk dengan ikan teri agar bumbu menyerap. Setelah itu simpan dulu.
  5. Siapkan minyak untuk menumis bumbu halus luar, tunggu wangi masukan daun jeruk dan sereh geprek lalu tambahkan air dan santan kara, aduk2 terus dan tambah garam secukupnya.
  6. Masak dengan api kecil dan siapkan daun pisang isi dengan daun singkong yang sudah direbus tambahkan ikan dan kemangi. Lipat rapih daun pisang (akan ada 4 daun pisang) perkirakan air akan menutup seluruhnya.
  7. Setelah mendidih masukan ke 4 daun pisang isi ikan tsb. Biarkan bumbu meresap.
  8. Bumbu akan mengental, tidak usah sampai kering. Angkat ikan dan sisa bumbu di simpan (jgn dibuang).
  9. Ini optional ya, ikan masih dalam daun pisang, bisa dibakar diatas kompor. Tidak usah lama2.
  10. Perbedaannya apabila dibakar bumbu didalam akan lebih mengering, dan apabila tidak dibakar akan lebih basah.
  11. Yey nila buntil siap dihidangkan pake nasi panas wuu mantapppp.

Episode masak kali ini miss yzmalicious sharing salah satu menu tradisional yang hampir terlupakan yaitu BUNTIL! Assalamualaikum bun. :DSelamat datang dichannel daftar masak! Divideo kali ini aku akan membuat resep buntil daun singkong isian ikan mairo yang enak!! DAPUR EMAKNYA SANI-MASAKAN RUMAH SEDERHANA & PRAKTIS: Kali ini akan membuat resep masakan BUNTIL DAUN SINGKONG-PEPAYA. Buntil, terbuat dari daun singkong gulung yang diisi kelapa dan diberi kuah santan, makanan tradisional yang jadi klangenan ini bisa lho dibikin sendiri di.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat nila buntil daun singkong yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!