Cara Gampang Membuat Buntil daun singkong yang Lezat

Diposting pada
Cara Gampang Membuat Buntil daun singkong yang Lezat

Buntil daun singkong. Kitchenesia.com – Cassava leaf is notoriously bitter, but is definitely worth a try. We suggest you to give a shot with Buntil Daun Singkong (steamed coconut wrapped in cassava leaves) recipe. The inclusion of coconut milk, tempeh, and some spices will surprassing its bitterness, yet adding savoury and sweetness to the food.

Cara Gampang Membuat Buntil daun singkong yang Lezat Buntil adalah resep masakan tradisional Jawa dari olahan daun sebagai pembungkus yang diberi isi dengan teri campur kelapa parut serta bumbu-bumbu lainnya. Terdapat bermacam daun yang biasa digunakan, termasuk salah satunya adalah daun singkong. Resep Buntil Daun Singkong sendiri hadir dengan rasa santan yang super gurih dan bikin nagih.

Lagi mencari ide resep buntil daun singkong yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal buntil daun singkong yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari buntil daun singkong, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan buntil daun singkong yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Kitchenesia.com – Cassava leaf is notoriously bitter, but is definitely worth a try. We suggest you to give a shot with Buntil Daun Singkong (steamed coconut wrapped in cassava leaves) recipe. The inclusion of coconut milk, tempeh, and some spices will surprassing its bitterness, yet adding savoury and sweetness to the food.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan buntil daun singkong sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Buntil daun singkong menggunakan 28 bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Buntil daun singkong:

  1. Ambil 2 ikat Daun singkong.
  2. Sediakan 100 gr ikan teri nasi.
  3. Gunakan 150 gr kelapa parut.
  4. Sediakan 100 gr jengkol (boleh skip).
  5. Siapkan 500 ml santan.
  6. Sediakan Daun salam.
  7. Sediakan Sereh geprek.
  8. Ambil Daun jeruk.
  9. Ambil 1 sdt perasan jeruk lemon / cuka.
  10. Sediakan Bumbu halus untuk ikan :.
  11. Sediakan 5 siungbawang merah.
  12. Sediakan 3 siung bawang putih.
  13. Siapkan 3 buah cabe merah besar.
  14. Siapkan 10 buah rawit merah.
  15. Ambil 1 cm jahe.
  16. Siapkan 1 sdt gula pasir.
  17. Siapkan Minyak untuk menumis.
  18. Sediakan Bumbu halus untuk kuah :.
  19. Sediakan 7 siung bawang merah.
  20. Siapkan 5 siung bawang putih.
  21. Gunakan 10 buah cabe merah (bisa campur cabe keriting).
  22. Sediakan 1 cm jahe.
  23. Sediakan 1 cm kunyit bakar.
  24. Siapkan 1 sdt lada (boleh yg sudah bubuk).
  25. Sediakan 1 sdt ketumbar (sangrai).
  26. Ambil 4 butir kemiri (sangrai / goreng).
  27. Siapkan 1 sdt garam.
  28. Siapkan 1 sdt gula pasir.
BARU  Resep Capcay kuah ikan cue keranjang Anti Gagal

Ditambah lagi, cara membuat Resep Buntil Daun Singkong yang enak ini mudah diikuti, lo! Buntil daun singkong biasanya tersaji dengan kuah kuning yang gurih dan sedikit pedas. Untuk itu, hidangan ini cocok dijadikan lauk dan disantap dengan nasi hangat. Dalam sekali suap, kita bisa mendapatkan berbagai rasa, seperti rasa sedikit pahit dari daun singkong kemudian ditambah asin dari teri dan parutan kelapa, ditutup dengan kuah kuning.

Cara membuat Buntil daun singkong:

  1. Bersihkan jengkol, potong dadu lalu rebus sampai empuk. Setelah empuk angkat lalu rendam rebusan jengkol dengan air kurang lebih 15 menit. (biar gak menyengat baunya).
  2. Lalu, petik daun singkong cuci bersih dan rebus hingga layu & berubah warna. (pas rebus kasih garem dikit).
  3. Tumis bumbu halus ikan sampai harum, masukan ikan teri. Tumis hingga bumbu meresap. Koreksi rasa. Sisihkan (teri sudah asin jadi jangan dikasih garam lagi).
  4. Dalam wadah, masukan kelapa parut tambahkan tumis teri & jengkol yg sudah di rebus tadi. Aduk2, koreksi rasa ya..
  5. Tata daun singkong beberapa lembar, masukan 1 sdm adonan teri kelapa tadi. Lalu bungkus rapi agar isian tidak keluar. Ikat dengan benang masak / tali. (seadanya di rumah) Ulangi hingga habis yaaa..
  6. Panaskan minyak, tumis bumbu halus kuah hingga harum dengan daun jeruk, daun salam & sereh. Lalu masukan santan. Aduk, koreksi rasa..
  7. Masukan daun singkong yg sudah dibentuk menjadi buntil tadi. Aduk2 hingga mendidih. Angkat & sajikan selagi hangat ?.
  8. .

Buntil daun singkong seringkali dijajakan di pasaran, terutama pada pedagang lauk dan nasi atau bisa juga para pedagang kaki lima. Jenis makanan buntil ini memang menjadi menu tradisional yang mempunyai kelezatan sangat legendaris. Terlebih lagi memiliki resep pembuatannya yang tergolong sangat mudah. SajianSedap.com – Resep Buntil Daun Singkong, menu pelengkap nikmat yang selalu ditunggu untuk disajikan di meja makan. Karena rasanya yang begitu nikmat, jadi tidak heran lagi kalau Resep Buntil Daun Singkong ini jadi menu pelengkap andalan kita.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan buntil daun singkong yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!