Resep Pepes Daging Tahu (Gadon), Lezat

Diposting pada
Resep Pepes Daging Tahu (Gadon), Lezat

Pepes Daging Tahu (Gadon). Pepes gadon daging sapi merupakan salah satu sajian nusantara yang memiliki cita rasa nikmat yang begitu lezat. Hidangan ini dibuat dari bahan dasar daging sapi cincang atau giling yang kemudian dipadu dengan bahan lain seperti telur, santan dan bumbu rempah yang kemudian dibungkus dengan. Resep Pepes Tahu – Tahu merupakan makanan terbuat dari hasil fermentasi kedelai yang diambil sarinya.

Resep Pepes Daging Tahu (Gadon), Lezat Karena pepes tahu ini memiliki rasa yang enak dan mantap layaknya pepes ikan air tawar. Apalagi kalau pepes tahunya diberi teri, petai atau kemangi dengan aroma wangi yang khas. hemmm sedap! Merdeka.com – Gadon daging termasuk jenis pepesan yang cukup populer.

Lagi mencari ide resep pepes daging tahu (gadon) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal pepes daging tahu (gadon) yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pepes daging tahu (gadon), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan pepes daging tahu (gadon) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Pepes gadon daging sapi merupakan salah satu sajian nusantara yang memiliki cita rasa nikmat yang begitu lezat. Hidangan ini dibuat dari bahan dasar daging sapi cincang atau giling yang kemudian dipadu dengan bahan lain seperti telur, santan dan bumbu rempah yang kemudian dibungkus dengan. Resep Pepes Tahu – Tahu merupakan makanan terbuat dari hasil fermentasi kedelai yang diambil sarinya.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat pepes daging tahu (gadon) yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Pepes Daging Tahu (Gadon) menggunakan 22 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Pepes Daging Tahu (Gadon):

  1. Sediakan 250 gr daging giling, tiriskan dgn tissue dapur.
  2. Siapkan 200 gr tahu, rendam air panas & hancurkan.
  3. Gunakan 2 telur, kocok lepas.
  4. Gunakan 10 sdm fiber cream (bisa 70 ml santan atau 65 ml santan instan).
  5. Gunakan 30 ml minyak utk menumis (saya: Barco, kelapa).
  6. Sediakan Bumbu halus.
  7. Sediakan 25 gr bawang merah (k.l. 7 sg).
  8. Gunakan 15 gr bawang putih (k.l. 3 sg).
  9. Ambil 10 btr kemiri, disangrai.
  10. Siapkan 1 sdt ketumbar.
  11. Gunakan 2 sdt garam.
  12. Ambil 1 sdt gula (1 sdt).
  13. Siapkan 1/2 sdt lada bubuk.
  14. Siapkan Bumbu utuh.
  15. Gunakan 2 lbr daun salam.
  16. Ambil 2 lbr daun jeruk.
  17. Gunakan Pelengkap.
  18. Gunakan 2 ikat kemangi, disiangi.
  19. Ambil 12 lbr daun salam.
  20. Sediakan 12 lbr daun pisang ukuran 25×10 cm.
  21. Ambil 12 lbr daun pisang ukuran 20×10.
  22. Siapkan 12 pc tusuk gigi (atau 24).
BARU  Langkah Mudah untuk Menyiapkan Nastar Keju yang Lezat Sekali

Rasanya cukup khas, karena menggunakan daging cincang yang diolah bersama telur, santan, dan rempah-rempah. Setelah dikukus, rasanya benar-benar lembut di lidah. Bagaimana cara membuat gadon daging yang enak. Walau bernama gadon yang berarti cemilan, sajian ini lebih cocok dijadikan lauk.

Langkah-langkah menyiapkan Pepes Daging Tahu (Gadon):

  1. Siapkan bahan2nya terlebih dahulu. Lap bersih daun pisang, kemudian layukan dgn cara direbus dgn air mendidih selama 5 menit, tiriskan, lalu lap dgn tisue dapur..
  2. Panaskan minyak goreng lalu tumis bumbu halus bersama daun salam & daun jeruk sekitar 2 menit dgn api sedang ke kecil atau sampai harum..
  3. Campur tahu & bumbu yg sudah ditumis, aduk rata. Tambahkan daging. Aduk rata dgn menggunakan spatula atau sendok kayu..
  4. Masukkan telur & Fiber Cream. Aduk hingga rata. Bagi adonan menjadi 12 bagian atau sekitar 50-60 gr, tergantung ukuran telur yg digunakan..
  5. Ambil selembar daun ukuran 15X20cm. Letakkan daun ukuran 10X20cm diatasnya. Tempatkan 1 daun salam. Tambahkan 1 bagian adonan gadon (k.l. 50 gr), pipihkan, letakkan daun kemangi di atasnya. Gulung/tutup rekatkan bagian kedua ujung dengan tusuk gigi/lidi atau bentuk tum. Gunting rata bagian ujung agar rapi..
  6. Panaskan dandang dan kukus pepes daging selama 20 menit dgn api sedang. Matikan api dan angkat. Dinginkan..
  7. Sajikan sebagai lauk..

Apalagi jika disantap bersama sayur asem bening, nasi putih hangat, tahu Apalagi jika disantap bersama sayur asem bening, nasi putih hangat, tahu bacem, dan sambel terasi. Pepes tahu merupakan salah satu olahan masakan yang menggunakan tahu sebagai bahan dasar pembuatannya. Bagi Anda yang bosan dengan olahan tahu yang hanya sekedar digoreng maka Anda dapat mencoba membuat pepes tahu. Lihat juga resep Pepes Tahu Kemangi enak lainnya. Pepes tahu sering mondar mandir dirumah.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Pepes Daging Tahu (Gadon) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!