Resep Gulai Kari Daun Singkong yang Bisa Manjain Lidah

Diposting pada
Resep Gulai Kari Daun Singkong yang Bisa Manjain Lidah

Gulai Kari Daun Singkong. Hi Heidi, there are usually two versions, gulai daun singkong (curry version) and daun singkong rebus (plain boiled version). Gulai daun singkong is a delicious gulai (coconut curry, the base for dishes like gulai nangka) dish made of daun singkong or cassava leaves. This is one of the most popular ways of cooking this vegetable.

Resep Gulai Kari Daun Singkong yang Bisa Manjain Lidah Perhatikan kekentalan santan saat memasak gulai daun singkong. Tidak semua masakan gulai membutuhkan santan kental. Untuk jenis gulai sayuran seperti daun singkong ini, cita rasanya akan lebih enak kalau menggunakan santan sedang.

Anda sedang mencari inspirasi resep gulai kari daun singkong yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal gulai kari daun singkong yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Hi Heidi, there are usually two versions, gulai daun singkong (curry version) and daun singkong rebus (plain boiled version). Gulai daun singkong is a delicious gulai (coconut curry, the base for dishes like gulai nangka) dish made of daun singkong or cassava leaves. This is one of the most popular ways of cooking this vegetable.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari gulai kari daun singkong, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan gulai kari daun singkong enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan gulai kari daun singkong sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Gulai Kari Daun Singkong menggunakan 20 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Gulai Kari Daun Singkong:

  1. Gunakan 100 gr daun singkong muda.
  2. Ambil 1 bungkus santan bubuk.
  3. Siapkan 700 ml air.
  4. Ambil 1 batang serai (geprek).
  5. Gunakan 1 ruas lengkuas (memarkan).
  6. Siapkan 2 lembar daun salam.
  7. Sediakan 1/2 sdt garam.
  8. Sediakan 2 sdt kaldu bubuk.
  9. Sediakan 1 sdm gula jawa (sisir).
  10. Ambil 2 bungkus teri.
  11. Sediakan Bahan uleg.
  12. Ambil 8 siung bawang merah.
  13. Gunakan 4 siung bawang putih.
  14. Ambil 5 buah cabe keriting.
  15. Gunakan 3 buah cabe rawit merah.
  16. Ambil 1 sdm ketumbar.
  17. Sediakan 1 sdt lada bubuk.
  18. Sediakan 2 sdt bubuk kari.
  19. Ambil 2 cm kunyit (dibakar).
  20. Sediakan 3 butir kemiri.
BARU  Resep Sayur Asem Bening yang Enak Banget

Sehingga ketika disandingkan dengan lauk lain yang medok, maka rasa kuahnya tak akan mendominasi. Salah satu olahan daun singkong paling enak yaitu dibuat dengan bumbu gulai. Gulai daun singkong berkuah santan yang gurih-pedas ini sangat cocok dengan lauk apapun di rumah. Resep gulai singkong berikut ini begitu mudah.

Cara menyiapkan Gulai Kari Daun Singkong:

  1. Cuci daun singkong lalu rebus hingga empuk..waktu direbus tambahkan 1 sdm garam ya..rebus nya bisa sesuai selera ya klo mau empuk bgt bisa sampe 30 menitan, klo masih suka kriuk2 sayuran bisa disesuaikan ya.
  2. Setelah matang tiriskan lalu potong2.
  3. Siapkan bumbu uleg dan kawan2 nya..pastikan semua bahan sudah di cuci yaa.
  4. Tumis bumbu uleg sampe harum, masukan daun salam, lengkuas dan serai..lalu masukin teri nya. Teri sebelumnya dicuci dulu ya/bisa juga digoreng garing..masukan juga bumbu lainnya.
  5. Tuang santan (1 bungkus santan + air) aduk2, lalu masukin daun singkong nya..jangan lupa koreksi rasa hehehe..kalo mau kental bisa ditambah santan bisa bubuk / yg cair.
  6. Sajikan hangat2..menurut ku ini gk terlalu pedas ya, klo suka pedes banget bisa tambahin cabe2an nya..selamat mencoba.

Lihat juga resep Daun Singkong Masak kari enak lainnya. Gulai biasa dimasak dengan ikan (ikan tenggiri dan kakap) atau kambing, tapi sekarang banyak juga yang memasaknya dengan ayam, bebek, jeroan (kikil/tunjang), atau sayuran (daun singkong). Selain bumbu umum di atas, gulai memakai ketumbar, adas, jinten, lada, cabai, dan kunyit. Di Indonesia, daun singkong sering dijadikan berbagai olahan makanan yang nikmat seperti pecel sayur, urap, dan gulai daun singkong. Lihat juga resep Daun Ubi (singkong) dengan santan (kari) enak lainnya.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat gulai kari daun singkong yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!