Cara Gampang Menyiapkan Rolade Daun Singkong yang Sempurna

Diposting pada
Cara Gampang Menyiapkan Rolade Daun Singkong yang Sempurna

Rolade Daun Singkong. Resep rolade daun singkong memang sudah terbukti banyak yang mencari karena memang mudah dan hasil akhirnya cukup lezat dan bisa menjadi suguhan istimewa bagi keluarga. Bumbu yang tidak ribet dan proses pembuatan yang tidak memakan waktu lama menjadikan makanan ini begitu luar biasa memiliki banyak penggemar. Rolade daun singkong (Hanacaraka: ꦫꦺꦴꦭꦢꦼ ꦢꦻꦴꦤ꧀ ꦱꦶꦁꦏꦺꦴꦁ) adalah camilan gorengan khas Semarang.

Cara Gampang Menyiapkan Rolade Daun Singkong yang Sempurna Pertama, rebus daun singkong, setelah masak, tiriskan, peras hingga airnya hilang, lantas cincang kasar. Hancurkan juga tahu, campur dengan cincangan daun singkong dan tambahkan telur. Kedua, haluskan bumbu ; bawang putih, bawang merah, merica dan ketumbar.

Lagi mencari ide resep rolade daun singkong yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal rolade daun singkong yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Resep rolade daun singkong memang sudah terbukti banyak yang mencari karena memang mudah dan hasil akhirnya cukup lezat dan bisa menjadi suguhan istimewa bagi keluarga. Bumbu yang tidak ribet dan proses pembuatan yang tidak memakan waktu lama menjadikan makanan ini begitu luar biasa memiliki banyak penggemar. Rolade daun singkong (Hanacaraka: ꦫꦺꦴꦭꦢꦼ ꦢꦻꦴꦤ꧀ ꦱꦶꦁꦏꦺꦴꦁ) adalah camilan gorengan khas Semarang.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari rolade daun singkong, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan rolade daun singkong yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah rolade daun singkong yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Rolade Daun Singkong memakai 14 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Rolade Daun Singkong:

  1. Ambil 1 ikat daun singkong.
  2. Sediakan 10 buah tahu kuning ukuran sedang (bisa juga pake tahu putih).
  3. Gunakan 2 tangkai daun bawang (iris halus).
  4. Siapkan 2 butir telur ayam.
  5. Ambil 3 siung bawang putih (haluskan).
  6. Ambil 1/2 sdt ketumbar (haluskan).
  7. Ambil 1/4 sdt lada bubuk.
  8. Sediakan 1/4 sdt gula pasir.
  9. Siapkan 1/4 sdt garam.
  10. Gunakan 1/4 sdt kaldu bubuk.
  11. Siapkan 50 gram margarine untuk olesan.
  12. Ambil 500 ml minyak goreng.
  13. Gunakan Bahan pencelup.
  14. Sediakan 2 butir telur ayam.
BARU  Langkah Mudah untuk Membuat Orek tempe toge cabe hijau Anti Gagal

Masukkan ke dalam adonan daun singkong. Tahu putih dihancurkan lalu diaduk dengan bumbu-bumbu, untuk kemudian digulung bersama daun singkong rebus. Gulungan rolade akan dikukus hingga matang lalu diiris dan digoreng dalam balutan telur hingga kecoklatan. Sajian tahu goreng anda pun jadi lebih istimewa, menarik, dan menggugah selera.

Cara menyiapkan Rolade Daun Singkong:

  1. Rebus daun singkong dengan sedikit garam tunggu sampai lunak dan layu kemudian peras sampai air nya tiris lalu iris halus.
  2. Hancurkan tahu dengan menggunakan garpu.
  3. Campurkan telor dan tahu yang sudah di hancurkan dengan bumbu-bumbu (bawang putih halus, ketumbar halus,lada bubuk, gula,garam dan kaldu bubuk) juga daun bawang iris aduk sampai tercampur rata.
  4. Siapkan loyang olesi dengan margarine atau dengan minyak goreng lalu taruh adonan tahu beri irisan daun singkong tutup lagi dengan adonan tahu sampai bahan habis.
  5. Siapkan dan panaskan terlebih dahulu kukusan jangan lupa kasih kain lap tutup nya kemudian kukus adonan rolade +/- 30-35 menit atau sampai matang dan tanak.
  6. Kalo sudah matang keluarkan dari kukusan tunggu sampai uap panas hilang dan taruh di suhu ruang kemudian baru keluarkan dari loyang dan potong sesuai selera.
  7. Kocok dua butir telur kemudian masukkan potongan rolade lalu goreng rolade sampai matang atau berwarna kecoklatan.
  8. Taraaa rolade daun singkong siap jadi teman nasi ataupun camilan, Selamat Menikmati Cookpaders.

Buang daun singkong yang terlihat sudah tak layak pakai, lalu cuci hingga bersih dan tiriskan. Rebus daun singkong dengan sedikit garam hingga matang dan empuk. Rolade mulanya terbuat dari daun singkong rebus yang digulung di dalam adonan tahu, dibungkus dengan daun pisang, dikukus, dipotong-potong, dicelupkan ke dalam adonan terigu, kemudian di goreng dengan minyak panas. Rolade: aduk rata bahan rolade kecuali daun singkong. Ambil daun singkong yang dialas plastik.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat rolade daun singkong yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!