Resep Ikan bumbu kuning Anti Gagal

Diposting pada
Resep Ikan bumbu kuning Anti Gagal

Ikan bumbu kuning. Bersihkan ikan, potong-potong lalu cuci bersih dan tiriskan. Tambahkan duan jeruk, daun salam, serai dan daun kunyit, aduk hingga layu lalu angkat. Taruh dalam panci, tuangi air, tambahkan gula merah dan air jeruk.

Resep Ikan bumbu kuning Anti Gagal Karena itu jangan terlalu lama memasak ikan agar dagingnya tetap kokoh dan rasanya gurih enak. Pastikan kamu memilih ikan yang masih segar. Sebelum diolah menggunakan kuah kuning, cuci dulu ikannya sampai bersih.

Sedang mencari inspirasi resep ikan bumbu kuning yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ikan bumbu kuning yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Bersihkan ikan, potong-potong lalu cuci bersih dan tiriskan. Tambahkan duan jeruk, daun salam, serai dan daun kunyit, aduk hingga layu lalu angkat. Taruh dalam panci, tuangi air, tambahkan gula merah dan air jeruk.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ikan bumbu kuning, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan ikan bumbu kuning yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah ikan bumbu kuning yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Ikan bumbu kuning menggunakan 22 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Ikan bumbu kuning:

  1. Sediakan Bahan utama :.
  2. Gunakan 1 ekor ikan layang layang (yg agak besar).
  3. Ambil 1 ikat daun ubi.
  4. Sediakan 1 jeruk nipis.
  5. Siapkan Bumbu yang dihaluskan :.
  6. Ambil 5 siung bawang merah.
  7. Ambil 3 siung bawang putih.
  8. Ambil 15 cabe merah (optional ya karena saya suka pedas).
  9. Siapkan 1 ruas kunyit.
  10. Gunakan 1 ruas jahe.
  11. Gunakan 2 buah kemiri.
  12. Gunakan 1/2 sdt ketumbar.
  13. Sediakan secukupnya Garam.
  14. Sediakan secukupnya Gula.
  15. Ambil secukupnya Kaldu bubuk.
  16. Siapkan Secukupnya air.
  17. Ambil Minyak.
  18. Sediakan Bahan yg di memarkan :.
  19. Siapkan Lengkuas.
  20. Sediakan Sereh.
  21. Ambil Daun jeruk.
  22. Gunakan Daun salam.
BARU  Langkah Mudah untuk Membuat Sayur Bening Bayam Anti Gagal

Lalu, goreng ikannya terlebih dulu agar teksturnya renyah. Nah, bagi yang ingin mencoba membuat sendiri di rumah kuliner ala warteg satu ini, ada resep mudahnya, lho. Ikan bumbu kuning kemangi. foto: Instagram/@lanitaapi. Jakarta – Ikan bumbu kuning ini dimasak tanpa santan.

Langkah-langkah menyiapkan Ikan bumbu kuning:

  1. Cuci bersih ikan layang layang dan daun ubi, kemudian rendam ikan menggunakan perasan jeruk nipis (agar bauk amisnya ilang) kurang lebih 30 menit. Kemudian cuci kembali ikan..
  2. Haluskan semua bumbu menggunakan blender atau cobek.
  3. Kemudian panaskan minyak dalam penggorengan masukan bumbu halus, aduk – aduk kemudian masukan bumbu yg telah di memarkan..
  4. Aduk kembali dan tunggu sampai bumbu harum, kemudian masukan air dan tunggu sampai mendidih..
  5. Setelah mendidih masukan daun ubi terlebih dahulu aduk dan diamkan sebentar, kemudian masukan ikan aduk sebentar tes rasa dan tunggu sampai matang. Oiya bisa ditambahkan perasan jeruk nipis bagi yg suka kecut seger dan irisan tomat. "Selamat mencoba resep ala saya bunda".

Sudah pasti rasanya tetap gurih pekat dengan rempah yang sedap. Paling pas dimakan dengan nasi hangat. Olahan ikan tak harus digoreng atau dibakar atau dibikin gulai dengan kuah santan. Bumbu kuning sendiri punya berbagai macam versi yang berbeda-beda. Ada bumbu kuning ala Padang, bumbu kuning pesmol, bumbu kuning rumahan, dan masih banyak lagi.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan ikan bumbu kuning yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!