Langkah Mudah untuk Membuat Sate Maranggi (daging sapi) yang Lezat

Diposting pada
Langkah Mudah untuk Membuat Sate Maranggi (daging sapi) yang Lezat

Sate Maranggi (daging sapi). Sate maranggi (Aksara Sunda Baku: ᮞᮒᮦ ᮙᮛᮀᮌᮤ, Sunda: Saté Maranggi) adalah makanan asli Indonesia yang biasa ditemukan di daerah Jawa Barat, khususnya Purwakarta. Sate maranggi merupakan makanan khas Sunda. Tapi legit dan juicy-nya sate daging sapi maranggi ini bagi saya sudah lengkap adanya.

Langkah Mudah untuk Membuat Sate Maranggi (daging sapi) yang Lezat Hindari memotong daging terlalu besar dan terlalu tebal. Sate Daging Bumbu Manis Sisca Soetomo Masakan Daging Sapi. Cara Membuat Sate Kelapa Ayam Ala Orang Lombok.

Lagi mencari inspirasi resep sate maranggi (daging sapi) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sate maranggi (daging sapi) yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Sate maranggi (Aksara Sunda Baku: ᮞᮒᮦ ᮙᮛᮀᮌᮤ, Sunda: Saté Maranggi) adalah makanan asli Indonesia yang biasa ditemukan di daerah Jawa Barat, khususnya Purwakarta. Sate maranggi merupakan makanan khas Sunda. Tapi legit dan juicy-nya sate daging sapi maranggi ini bagi saya sudah lengkap adanya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sate maranggi (daging sapi), pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan sate maranggi (daging sapi) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah sate maranggi (daging sapi) yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sate Maranggi (daging sapi) memakai 22 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Sate Maranggi (daging sapi):

  1. Gunakan 500 gr daging sapi bag has dalam, potong dadu.
  2. Sediakan Daun pepaya.
  3. Gunakan Bumbu marinasi.
  4. Ambil 5 siung bawang merah.
  5. Siapkan 3 siung bawang putih.
  6. Siapkan 1 jempol lengkuas.
  7. Ambil 1 cm jahe.
  8. Ambil 1 sdt ketumbar bubuk.
  9. Siapkan 1/4 sdt lada halus.
  10. Siapkan 3 sdm kecap manis.
  11. Ambil 1 sdm air asam jawa.
  12. Sediakan 1/2 sdm gula jawa, serut.
  13. Gunakan 1/2 sdt garam/ sesuai selera.
  14. Siapkan 1/2 sdt kaldu jamur.
  15. Sediakan Bahan olesan.
  16. Gunakan Margarin.
  17. Sediakan Bahan sambal kecap.
  18. Ambil 3 siung bawang merah,potong tipis.
  19. Ambil 1 siung bawang putih, iris tipis.
  20. Sediakan 8 buah cabe rawit.
  21. Gunakan 1 buah tomat.
  22. Gunakan secukupnya Kecap manis.
BARU  Cara Gampang Menyiapkan Blueberry Cheesecake Dessert Box Anti Gagal

Resep Sate Maranggi Sate Daging Sapi Idul Adha. Sate maranggi khas Sunda biasa disajikan tanpa siraman saus atau bumbu kacang. Sebab, citarasa dagingnya sudah cukup kuat dari hasil marinasi (rendaman) bersama racikan bumbu dan rempah. Sate ini biasa terhidang bersama lontong atau nasi timbel sesuai selera.

Langkah-langkah menyiapkan Sate Maranggi (daging sapi):

  1. Siapkan bahan2, haluskan bahan bumbu marinasi, potong dadu daging sapi.
  2. Setelah itu marinasi daging dengan bumbu halus dan juga kecap. Setelah itu bungkus dengan daun pepaya yg sebelunya sudah di remas2. Diamkan selama kurleb 30 mnt. Sayang sekali fotonya kehapus. Tujuan dari di bungkus daun pepaya adalah supaya dagingnya lebih empuk ndak alot..
  3. Setalah itu tusuk2 daging menggunakan tusuk sate. Panaskan pemanggang dengan mengunakan margarin. Panggang / bakar sate sampai matang..
  4. Sambal kecap: campur semua duo bawang sudah di iris tipis, tomat, cabe dan kecap. Aduk ratakan.
  5. Satenya enak bgt lo gais. Sesimple ini. Dan juga gak alot karena pada saat proses marinasi dibungkus dengan daun pepaya.

Hal menarik lainnya dari Sate Maranggi ini adalah pelanggannya bukan hanya dari dalam Kota Purwakarta saja tetapi ada yang dari Jakarta, Bandung, Bogor dan daerah-daerah lainnya. Sate khas Purwakarta, Jawa barat ini biasanya dibuat dari daging Kambing atau Sapi. Proses marinasi, dan pemasakan sebelum dibakar membuat sate ini disajikan tanpa saus pendamping. Sate Maranggi adalah sate sapi dengan siraman kecap bercampur tomat, bawang merah dan cabe. Sate Maranggi Lebaran qurban atau hari raya idul adha besok akan kita rayakan.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sate maranggi (daging sapi) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!