Resep 27. Sup Oyong/Emes/Gambas, Lezat

Diposting pada
Resep 27. Sup Oyong/Emes/Gambas, Lezat

27. Sup Oyong/Emes/Gambas. Ibu biasa membuatnya dengan campuran kaldu ayam yang harum baunya. Namun setelah saya menikah ternyata zauji tidak tahan dengan bau amis kaldu ayam, sehingga 'terpaksalah' saya memasak sup oyong dengan berkuah air tawar atau kaldu daging sapi. Namun, jangan khawatir…tetap enak kok, apalagi kalau sedang lapar^^.

Resep 27. Sup Oyong/Emes/Gambas, Lezat Dilihat dari bentuknya, oyong terlihat sangat mirip dengan okra. Tidak heran, di Amerika Serikat dan Kanada, sayuran ini juga disebut sebagai okra Tiongkok. Ciri khas nasi goreng kampung lainnya yaitu pemasakannya yang tradisional masih menggunakan kayu atau anglo. sup ikan patin kemangi bisa anda sajikan sebagai salah satu menu makanan harian anda.

Anda sedang mencari ide resep 27. sup oyong/emes/gambas yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal 27. sup oyong/emes/gambas yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari 27. sup oyong/emes/gambas, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan 27. sup oyong/emes/gambas yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Ibu biasa membuatnya dengan campuran kaldu ayam yang harum baunya. Namun setelah saya menikah ternyata zauji tidak tahan dengan bau amis kaldu ayam, sehingga 'terpaksalah' saya memasak sup oyong dengan berkuah air tawar atau kaldu daging sapi. Namun, jangan khawatir…tetap enak kok, apalagi kalau sedang lapar^^.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan 27. sup oyong/emes/gambas sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat 27. Sup Oyong/Emes/Gambas memakai 9 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan 27. Sup Oyong/Emes/Gambas:

  1. Sediakan 2 buah Oyong/emes, kupas, potong-potong.
  2. Gunakan 1 buah Wortel, potong-potong.
  3. Sediakan 4 buah Sosis sapi, potong sesuai selera (opsional).
  4. Siapkan 600-700 ml Air kaldu (atau secukupnya).
  5. Gunakan 3 siung Bawang merah.
  6. Siapkan 1 siung Bawang putih.
  7. Gunakan 1 batang Seledri, iris halus.
  8. Gunakan 1/2 batang Daun bawang, iris.
  9. Ambil secukupnya Garam dan merica bubuk.
BARU  Bagaimana Menyiapkan Oseng Gambas(Oyong/Emes) yang Lezat

Padahal sambal udang kemangi yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita. resep binte biluhuta, menu tradisional yang sehat dan praktis. Sayur sup oyong atau gambar ini merupakan salah satu resep sayur favorite mertuaku. Kalau beliau masak sop oyong ini, enakkk banget. Aku yang waktu kecilnya termasuk orang yang tidak suka makan sayur, tapi kalau mertuaku bikin ini.heheh pasti nambah-nambah deh makannya.

Cara menyiapkan 27. Sup Oyong/Emes/Gambas:

  1. Tumis bawang merah dan bawang putih dengan sedikit minyak hingga matang. Masukkan ke dalam air kaldu..
  2. Didihkan kaldu. Masukkan wortel, masak hingga setengah matang. Tambahkan oyong/emes dan sosis. Bumbui dengan garam dan merica. Koreksi rasa..
  3. Tambahkan daun bawang dan seledri. Masak hingga sayuran matang. Sajikan hangat..
  4. Sosis boleh digoreng dulu, baru dimasukkan ke dalam sup setelah sup matang..

Nah berikut ini aku share resep sayur sop gambas atau ldi kenal juga dengan… Gambas/Oyong (Luffa acutangula) atau ridged gourd, emes atau kimput (Sunda) dan timput (Palembang). Gambas adalah salah satu tanaman buah-buahan, namun bagi masyarakat Indonesia gambas sering disebut sayuran karena kebanyakan gambas dikonsumsi dalam bentuk sayuran seperti sayur bening, opor, dan tumisan serta masih banyak kuliner lain yang berbahan dasar gambas. Gambas di beberapa tempat juga disebut emes, blustru, atau oyong. Ini merupakan tanaman rambat dari keluarga labu-labuan. Bagian yang dimanfaatkan dari tanaman gambas adalah daging buah mudanya yang dapat dimasak menjadi sup.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan 27. sup oyong/emes/gambas yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!