Bagaimana Menyiapkan Ayam Serundeng Kelapa, Bisa Manjain Lidah

Diposting pada

Ayam Serundeng Kelapa. Lihat juga resep Ayam srundeng kelapa enak lainnya. Ayam goreng serundeng terkenal dengan cita rasanya yang lezat karena adanya bahan pelengkap lain yaitu serundeng kelapa yang renyah dan krispi. Maka tak mengherankan jika menu satu ini dijadikan menu favorit oleh sebagian masyarakat.

Bagaimana Menyiapkan Ayam Serundeng Kelapa, Bisa Manjain Lidah Cara Membuat Ayam Goreng Serundeng – Sudah lama sekali rasanya saya ingin membagikan salah satu masakan berbahan dasar ayam yang disukai banyak orang ini. Bernama ayam goreng serundeng, ayam ini di olah dengan bumbu halus rempah ayam goreng sederhana. Yang kemudian di beri bumbu kelapa parut yang di goreng kering.

Sedang mencari ide resep ayam serundeng kelapa yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam serundeng kelapa yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam serundeng kelapa, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan ayam serundeng kelapa enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Lihat juga resep Ayam srundeng kelapa enak lainnya. Ayam goreng serundeng terkenal dengan cita rasanya yang lezat karena adanya bahan pelengkap lain yaitu serundeng kelapa yang renyah dan krispi. Maka tak mengherankan jika menu satu ini dijadikan menu favorit oleh sebagian masyarakat.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan ayam serundeng kelapa sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Ayam Serundeng Kelapa menggunakan 16 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Ayam Serundeng Kelapa:

  1. Siapkan 8 potong ayam kampung.
  2. Ambil 1 Lembar Daun salam.
  3. Sediakan 1 Genggam Kelapa parut.
  4. Gunakan 500 ml Air (Untuk meungkep ayam).
  5. Siapkan 1 Batang Sereh (digeprek).
  6. Ambil 2 Lembar Daun jeruk.
  7. Gunakan Secukupnya Lengkuas (digeprek).
  8. Gunakan Secukupnya Garam.
  9. Ambil Secukupnya Penyedap rasa.
  10. Sediakan Secukupnya Minyak goreng (Untuk menggoreng).
  11. Siapkan Bumbu halus.
  12. Siapkan 1 butir Kemiri.
  13. Gunakan 1 ruas kunyit.
  14. Ambil 4 siung bawang merah.
  15. Siapkan 1 siung bawang putih.
  16. Siapkan Secukupnya jahe (saya 1/2 ruas).
BARU  Resep Nasi kuning Balikpapan atau Banjarmasin, Lezat Sekali

Pada pembuatan ayam serundeng kelapa menjadi salah satu komponen yang penting. Sebaiknya pilihlah kelapa yang tidak terlalu tua. Serundeng kelapa di bali disebut saur, biasanya dibuat saat membuat persiapan upacara adat, juga dipakai temannya nasi kuning saat perayaan hari raya kuningan. Saat saat seperti ini ditunggu makan nasi kuning dengan serundeng atau saur kelapa, lauk ayam goreng, telur rebus, kecambah kacang tolo g.

Cara menyiapkan Ayam Serundeng Kelapa:

  1. Siapkan bahan-bahannya (maafkan cabe merah ikut2an ke foto juga)☺️.
  2. Cuci bersih ayam dan haluskan bumbu halus.
  3. Dalam wajan masukkan ayam, bumbu halus, air, kelapa parut,daun salam, daun jeruk, sereh, garam dan penyedap rasa. Masak hingga air menyusut kemudian matikan.
  4. Pisahkan antara ayam dan kelapa karena mau digoreng secara terpisah.
  5. Panaskan minyak lalu goreng ayam hingga cokelat keemasan, angkat dan tiriskan.
  6. Lalu goreng kelapa parut nya aduk terus ya biar tidak gosong (Maaf punya saya agak sedikit gosong?). Sajikan ayam serundengnya dengan nasi hangat?.

Dengan seiringnya waktu, serundeng kelapa cukup sulit kita temukan, namun Anda tak usah khawatir karena Anda dapat membuat serundeng sendiri dirumah. Cara membuat serundeng kelapa cukup mudah sekali dan waktu yang digunakanya pun cukup singkat. Selain itu, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat serundeng sangat mudah kita dapatkan seperti di. Nha, variasi dari serundeng ini tak hanya dari kelapa saja, tapi bisa dipadukan dengan berbagai bahan seperti, daging sapi, ayam, udang maupun tongkol. Pastinya semua variasi serundeng ini memiliki rasa yang enak dan khas.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat ayam serundeng kelapa yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!