Cara Gampang Membuat Empal Gepuk yang Menggugah Selera

Diposting pada
Cara Gampang Membuat Empal Gepuk yang Menggugah Selera

Empal Gepuk. Empal gepuk manis is an Indonesian sweet and spicy fried beef dish. It's commonly popular in Java island, but originally belong to Sundanese cuisine of West Java. The name 'gepuk' means 'beaten' which literally the meat is cut into thick slices then beaten by using stone pestle and mortar – to loosen the fibers and spread its size a little bit.

Cara Gampang Membuat Empal Gepuk yang Menggugah Selera Nah kebetulan kemarin sy bikin lg jd ini sy posting sendiri empal nya. Empal ini enaak , lebih enak dibanding punya nyonya yg top di bandung itu. Gepuk means to beat something with a stone pestle until it reaches the consistency that we want.

Lagi mencari ide resep empal gepuk yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal empal gepuk yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari empal gepuk, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan empal gepuk enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Empal gepuk manis is an Indonesian sweet and spicy fried beef dish. It's commonly popular in Java island, but originally belong to Sundanese cuisine of West Java. The name 'gepuk' means 'beaten' which literally the meat is cut into thick slices then beaten by using stone pestle and mortar – to loosen the fibers and spread its size a little bit.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah empal gepuk yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Empal Gepuk memakai 15 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Empal Gepuk:

  1. Ambil 1 Kg Daging sapi.
  2. Ambil 1 liter air.
  3. Siapkan 100 ml minyak sayur untuk menggoreng.
  4. Ambil Bumbu :.
  5. Siapkan 6 siung bawang merah haluskan (tumis).
  6. Ambil 1 ruas lengkuas.
  7. Sediakan 2 sdm air asam jawa.
  8. Ambil 3 sdm gula jawa.
  9. Ambil 4 sdt Ketumbar (sangrai, haluskan).
  10. Sediakan 1 sdt jintan bubuk.
  11. Siapkan 3/4 sdm garam.
  12. Gunakan 1 sdt merica bubuk.
  13. Ambil 200 ml air kaldu (dari rebusan daging).
  14. Ambil Taburan :.
  15. Sediakan 1 sdm bawang goreng.
BARU  Resep Dadar Tahu Buncis, Bisa Manjain Lidah

For example in this dish (Empal Gepuk), means we have to beat the beef mildly to make it thin and to stretch it. Then there is also Es Gepuk or Ice Gepuk, which means we beat a big cube of ice into tiny small parts. Salah satu hidangan Nusantara berbahan dasar daging adalah empal gepuk. Kata gepuk sendiri berasal dari cara pembuatannya.

Langkah-langkah menyiapkan Empal Gepuk:

  1. Rebus daging dalam panci tertutup selama 30 menit dgn api kecil. Matikan api. Diamkan dlm panci tertutup selama 30 menit..
  2. Siapkan bumbunya.
  3. Sangrai ketumbar sampai harum dan haluskan. Tumis bawang merah sampai harum..
  4. Potong daging sekitar @50 gr.
  5. Masak dengan bumbu dan air kaldu dagingnya, selama 15 menit, sampai bumbunya menyerap kedalam daging. Angkat..
  6. Goreng empal dalam frypan dengan dengan api kecil, sampai kecoklatan. Angkat. Sajikan dengan taburan bawang goreng..

Jadi, sebelum dibumbui dan diungkep, daging digepuk (dipukul-pukul) terlebih dahulu. Salah satu empal gepuk populer berasal dari restoran Gepuk Ny. Empal gepuk mudah ditemui di restoran khas Sunda. Biasanya dinikmati bersama nasi panas, sambal, dan lalapan. Kamu juga bisa membuat sendiri empal gepuk yang manis gurih ini di rumah.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan empal gepuk yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!