Resep Empal Gepuk Anti Gagal

Diposting pada
Resep Empal Gepuk Anti Gagal

Empal Gepuk. Resep empal ini udh pernah sy posting disini barengan sama nasi kuning. Mungkin agak susah cari resepnya krn digabung. Nah kebetulan kemarin sy bikin lg jd ini sy posting sendiri empal nya.

Resep Empal Gepuk Anti Gagal It's commonly popular in Java island, but originally belong to Sundanese cuisine of West Java. The name 'gepuk' means 'beaten' which literally the meat is cut into thick slices then beaten by using stone pestle and mortar – to loosen the fibers and spread its size a little bit. Gepuk means to beat something with a stone pestle until it reaches the consistency that we want.

Anda sedang mencari ide resep empal gepuk yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal empal gepuk yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari empal gepuk, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan empal gepuk enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Resep empal ini udh pernah sy posting disini barengan sama nasi kuning. Mungkin agak susah cari resepnya krn digabung. Nah kebetulan kemarin sy bikin lg jd ini sy posting sendiri empal nya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat empal gepuk sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Empal Gepuk memakai 23 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Empal Gepuk:

  1. Ambil 500 gram daging sirloin.
  2. Siapkan 1 batang serai,geprek.
  3. Ambil 2 cm lengkuas,geprek.
  4. Gunakan 2 lembar daun jeruk.
  5. Gunakan 5 butir kapulaga.
  6. Sediakan 4 butir kemiri.
  7. Sediakan 2 sdt ketumbar bubuk.
  8. Ambil 1 sdt kunyit bubuk.
  9. Sediakan 1 sdt merica bubuk.
  10. Gunakan 1/2 sdt pala bubuk.
  11. Sediakan 3/4 gula merah,sisir kasar.
  12. Sediakan 3 sdm santan kental.
  13. Sediakan 350 ml air.
  14. Gunakan secukupnya Garam dan penyedap.
  15. Sediakan Minyak sayur.
  16. Ambil Bumbu halus :.
  17. Gunakan 6 siung bawang merah.
  18. Gunakan 4 siung bawang putih.
  19. Siapkan 2 sdm minyak sayur,campur jika bumbu di blender.
  20. Gunakan Pelengkap.
  21. Sediakan Bawang goreng.
  22. Ambil Sambal terasi.
  23. Siapkan Lalapan.
BARU  Resep Gulai Daun Singkong Anti Gagal

For example in this dish (Empal Gepuk), means we have to beat the beef mildly to make it thin and to stretch it. Then there is also Es Gepuk or Ice Gepuk, which means we beat a big cube of ice into tiny small parts. Salah satu hidangan Nusantara berbahan dasar daging adalah empal gepuk. Kata gepuk sendiri berasal dari cara pembuatannya.

Langkah-langkah menyiapkan Empal Gepuk:

  1. Iris daging dengan ketebalan sedang,rebus sebentar,buang air dan rebus kembali sekitar 5 menit,matikan api..
  2. Tumis bumbu halus sampai harum,masukkan serai,daun jeruk dan lengkuas..
  3. Tumbuk halus kemiri lalu sangrai bersama merica,ketumbar,kunyit,pala dan kapulaga sampai harum lalu masukkan dalam tumisan bumbu halus,aduk rata dan sampai tanak tanpa gosong.
  4. Selagi panas,pukul-pukul daging dengan ulekan agar empuk tapi tidak hancur..
  5. Masukkan daging dalam bumbu dan aduk sampai rata,masukkan 3 sdm santal kental dan tambahkan 350 ml air panas,aduk rata dan ungkep dengan api kecil sampai kuah menyusut.Matikan api,diamkan 30 menit-1 jam.
  6. Panaskan minyak,goreng daging dengan api kecil agar tidak gosong.Sajikan segera dan taburi bawang goreng,tambahkan sambal lalapan dan nasi panas..

Jadi, sebelum dibumbui dan diungkep, daging digepuk (dipukul-pukul) terlebih dahulu. Empal gepuk adalah olahan daging khas Sunda. Empal gepuk ini rasanya agak manis dan gurih. Salah satu empal gepuk populer berasal dari restoran Gepuk Ny. Empal gepuk mudah ditemui di restoran khas Sunda.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Empal Gepuk yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!