Cara Gampang Membuat Sop Bihun Empal, Enak Banget

Diposting pada
Cara Gampang Membuat Sop Bihun Empal, Enak Banget

Sop Bihun Empal. Sop Empal ala Warung Makan Sop Empal yang terkenal di Muntilan. Dan kelezatan menu nasi sop bihun dan empal ini saya pikir sangat pas di segala suasana, baik disantap saat siang maupun malam. Bersantap di Sop Empal ini memberi saya referensi rasa yang baru dalam menyantap menu-menu berkuah.

Cara Gampang Membuat Sop Bihun Empal, Enak Banget Satu porsi Sop Empal Bu Haryoko. Meskipun satu porsi di sini isinya minimalis yang terdiri dari sepiring sop bihun, daging empal dan sambal. Proses memasak yang cukup lama ini yang menjadikan sensasi rasa yang luar biasa.

Sedang mencari inspirasi resep sop bihun empal yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sop bihun empal yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Sop Empal ala Warung Makan Sop Empal yang terkenal di Muntilan. Dan kelezatan menu nasi sop bihun dan empal ini saya pikir sangat pas di segala suasana, baik disantap saat siang maupun malam. Bersantap di Sop Empal ini memberi saya referensi rasa yang baru dalam menyantap menu-menu berkuah.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sop bihun empal, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan sop bihun empal yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan sop bihun empal sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Sop Bihun Empal memakai 24 jenis bahan dan 2 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Sop Bihun Empal:

  1. Sediakan 200 gram bihun, rendam dengan air hangat hingga layu dan sisihkan.
  2. Gunakan 3-4 lembar daun kol, potong kotak.
  3. Ambil 3 batang sawi hijau, potong panjang 4 cm.
  4. Gunakan 2 sdm kecap manis.
  5. Gunakan 1 sdm kecap ikan.
  6. Gunakan secukupnya Garam dan merica.
  7. Gunakan secukupnya Minyak goreng.
  8. Gunakan Bumbu yang dihaluskan:.
  9. Ambil 6 butir bawang merah.
  10. Gunakan 5 siung bawang putih.
  11. Siapkan 2 sdt kaldu jamur atau ayam bubuk.
  12. Siapkan 3 butir kemiri.
  13. Gunakan Bahan Kuah Kaldu:.
  14. Gunakan 750 mL kaldu sapi.
  15. Sediakan 2 siung bawang putih, iris tipis.
  16. Ambil 1 batang daun bawang, iris tipis.
  17. Ambil secukupnya Garam dan merica.
  18. Gunakan 2 sdt kaldu sapi atau jamur bubuk.
  19. Siapkan Bahan pelengkap:.
  20. Gunakan Optional: Empal Bacem (resep sudah pernah saya share yah).
  21. Gunakan 1-2 sdt gula pasir.
  22. Ambil Sambal Terasi atau Sambal Bajak atau Sambal Bawang.
  23. Sediakan Bawang goreng.
  24. Sediakan Kecap manis.
BARU  Bagaimana Membuat Gulai Daun Singkong yang Lezat

Wisata kuliner yang wajib dicoba jika melewati kota Muntilan. Spot kuliner yang wajib dikunjungi kalo melewati kota Muntilan! *two thumbs up*. Lebih lengkap bisa klik map berikut >> Sop. Wisata kuliner yang wajib dikunjungi kalo melewati kota Muntilan.

Cara membuat Sop Bihun Empal:

  1. – Panaskan minyak dalam wajan dan tumis bumbu halus hingga harum dan kecokelatan. – Masukan sawi dan daun kol. Masak hingga layu. – Tambahkan bihun dan bumbuhi dengan kecap asin, kecap manis, kaldu jamur atau ayam, garam dan merica secukupnya. Aduk rata..
  2. – Masak hingga kering dan matang. Bumbu meresap. – Matikan api. Sisihkan. – Untuk kuah, didihkan kaldu sapi dan masukkan bawang putih. Bumbuhi dengan garam, merica, gula dan kaldu bubuk. Masak sebentar. Masukkan daun bawang dan sisihkan. – Sajikan bihun dengan Empal baceman, sambal dan taburan bawang goreng. Kuah bisa disajikan terpisah atau dituang ke atas bihun. Untuk 4-6 porsi.

Baca Juga : Wedang Ronde Miroso Magelang, Segarnya Ronde & Nikmatnya Sate Pisang. Warung Sop Empal Bu Haryoko ini berada di jalan Veteran, Muntilan. Kalau dari arah Jogja, belok kanan pada jalan satu arah sebelum Klenteng Hok An Kiong. Warung Bu Haryoko berada di pinggir jalan tidak jauh dari jalan utama Jogja-Muntilan. Kalau dari arah kota Magelang, kita harus tetap berputar arah yang jalur paling cepatnya adalah berbelok di dekat Kantor Pos Muntilan lalu menuju arah.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat sop bihun empal yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!