Resep Empal Gentong Cirebon, Enak Banget

Diposting pada
Resep Empal Gentong Cirebon, Enak Banget

Empal Gentong Cirebon. Empal gentong is a traditional beef soup from the city of Cirebon in West Java, Indonesia. I'd like to think of this soup as the representative soto (traditional Indonesian soup) of Cirebon. This beef soup is very rich and savory from the use of spices and coconut milk.

Resep Empal Gentong Cirebon, Enak Banget There are many variations on the soup, so the. Empal gentong merupakan kuliner khas Cirebon. Kuahnya berwarna kekuningan serta menggunakan daging sapi sebagai isiannya.

Anda sedang mencari inspirasi resep empal gentong cirebon yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal empal gentong cirebon yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Empal gentong is a traditional beef soup from the city of Cirebon in West Java, Indonesia. I'd like to think of this soup as the representative soto (traditional Indonesian soup) of Cirebon. This beef soup is very rich and savory from the use of spices and coconut milk.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari empal gentong cirebon, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan empal gentong cirebon yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah empal gentong cirebon yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Empal Gentong Cirebon menggunakan 30 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Empal Gentong Cirebon:

  1. Siapkan 500 gr Daging sapi/kambing.
  2. Sediakan 500 ml santan Encer (susu cair).
  3. Siapkan 150 ml santan kental.
  4. Siapkan 7-10 butir cengkeh.
  5. Ambil 2 cm kayu manis.
  6. Ambil 1 buah bunga Lawang/star anise.
  7. Ambil 3 butir kapulaga.
  8. Siapkan 2 lembar daun salam.
  9. Ambil 6 lembar daun jeruk.
  10. Gunakan 3 ruas lengkuas (1/2 sdt lengkuas bubuk).
  11. Ambil 3 batang sereh, geprek.
  12. Siapkan 1 sdm garam (secukupnya).
  13. Siapkan 2 sdm gula merah sisir (secukupnya).
  14. Sediakan 1,5 liter air untuk merebus daging.
  15. Sediakan 3-5 sdm minyak sayur untuk menumis.
  16. Sediakan Bumbu (haluskan) :.
  17. Sediakan 15 siung bawang merah (2 buah bawang bombay ukuran sedang).
  18. Siapkan 8 siung bawang putih.
  19. Gunakan 8 butir kemiri, sangrai.
  20. Sediakan 2 sdt ketumbar (bubuk).
  21. Siapkan 1/4 sdt jinten (bubuk).
  22. Ambil 1/2 sdt merica (bubuk).
  23. Gunakan 2 cm jahe (1/4 sdt jahe bubuk).
  24. Gunakan 2 cm kunyit bakar (1/4 sdt kunyit bubuk).
  25. Sediakan Pelengkap :.
  26. Gunakan 2 batang daun bawang, iris halus.
  27. Siapkan 3 btg kucai, iris halus (jika ada).
  28. Sediakan Jeruk nipis.
  29. Ambil Bawang goreng.
  30. Gunakan Kerupuk/emping.
BARU  Resep Sayur asem simple Anti Gagal

Cita rasanya gurih, sementara tekstur kuahnya kental karena menggunakan santan. Empal gentong juga bisa ditambah dengan jeroan seperti hati, usus, dan babat. Secara tradisional, empal gentong dimasak dengan kayu bakar. Salah satu hidangan ikonik dari Cirebon adalah empal gentong.

Langkah-langkah menyiapkan Empal Gentong Cirebon:

  1. Potong daging sesuai selera. Siapkan bumbu-bumbu. Rebus daging bersama dengan rempah kering & rempah daun sampai empuk..
  2. Buang air rebusan daging atau simpan di tempat lain utk keperluan lain. Masukkan santan encer ke dalam rebusan daging. Biarkan sampai mendidih..
  3. Panaskan minyak di wajan, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan beserta bumbu bubukan. Tambahkan sedikit kuah daging/santan untuk menumis bumbu agar tidak gosong. Tumis bumbu sampai matang. Lalu masukkan bumbu ke dalam rebusan daging, biarkan sampai mendidih kembali.
  4. Masukkan santan kental, aduk-aduk sampai mendidih dan matang agar santan tidak pecah. Koreksi rasa. Matikan api..
  5. Segera masukkan daun bawang dan daun kucai, aduk rata. Sajikan dengan emping/krupuk dan jeruk nipis jika suka..

Daging berkuah santan mirip soto ini dimasak dalam panci tanah liat atau gentong. Dimasak perlahan hingga bumbu menyatu dengan dagingnya. Potongan daging sapi berlemak dan jeroan sapi menjadi isiannya. Disajikan dengan taburan cabe bubuk, daun bawang dan bawang goreng. Empal Gentong Mang Darma merupakan salah satu Kuliner Khas Cirebon yang sudah melegenda di.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Empal Gentong Cirebon yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!