Resep Empal gentong yang Bikin Ngiler

Diposting pada
Resep Empal gentong yang Bikin Ngiler

Empal gentong. Empal gentong is a traditional beef soup from the city of Cirebon in West Java, Indonesia. I'd like to think of this soup as the representative soto (traditional Indonesian soup) of Cirebon. This beef soup is very rich and savory from the use of spices and coconut milk.

Resep Empal gentong yang Bikin Ngiler Empal gentong is a spicy Indonesian curry-like beef soup originating in Cirebon, West Java. It is similar to gulai that is usually cooked with firewood in a gentong stove (Javanese for: clay pot). The ingredients include cuts of beef, and cow offal such as intestine, tripes, lungs, etc. cooked with curry-like spices in coconut milk, kucai and sambal in the form of chilli powder.

Anda sedang mencari ide resep empal gentong yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal empal gentong yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Empal gentong is a traditional beef soup from the city of Cirebon in West Java, Indonesia. I'd like to think of this soup as the representative soto (traditional Indonesian soup) of Cirebon. This beef soup is very rich and savory from the use of spices and coconut milk.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari empal gentong, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan empal gentong enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat empal gentong yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Empal gentong menggunakan 33 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Empal gentong:

  1. Siapkan 1/4 kg daging sapi (presto/rebus sampai empuk).
  2. Siapkan Minyak untuk menumis.
  3. Sediakan Air (secukupnya).
  4. Ambil 150 ml santan instan.
  5. Ambil 1 sdt kaldu sapi.
  6. Ambil Garam & gula (secukupnya).
  7. Ambil BUMBU I :.
  8. Sediakan 2 btng serai.
  9. Sediakan 2 lbr daun salam.
  10. Ambil 3 lbr daun jeruk.
  11. Sediakan 2 btr cengkeh.
  12. Siapkan 2 cm kayu manis.
  13. Siapkan 1 buah pekak.
  14. Gunakan 2 buah kapulaga.
  15. Gunakan 3 cm laos (geprek).
  16. Gunakan 2 cm jahe (geprek).
  17. Ambil BUMBU II (HALUSKAN) :.
  18. Ambil 3 siung bawang putih.
  19. Sediakan 5 siung bawang merah.
  20. Sediakan 2 btr kemiri.
  21. Gunakan 1 sdt ketumbar (sangrai dahulu).
  22. Gunakan 1/4 sdt jinten (sangrai dahulu).
  23. Gunakan 1/4 sdt merica butiran.
  24. Sediakan 5 cm kunyit.
  25. Sediakan 2 serut pala.
  26. Gunakan PELENGKAP :.
  27. Gunakan Daun kucai (iris2).
  28. Gunakan 1 buah tomat (potong2).
  29. Sediakan 1/4 bag kol (iris2).
  30. Gunakan Bawang goreng.
  31. Ambil Jeruk limo / jeruk nipis.
  32. Ambil Sambal / bubuk cabe.
  33. Gunakan Acar timun.
BARU  Langkah Mudah untuk Membuat Lumpia Sayur Frozen, Enak Banget

Haji Mahcfud atau yang lebih dikenal dengan nama H. Apud ini memulai usahanya dengan berjualan Empal Gentong di warung sederhana yang didirikannya ditepi jalan Ir. Empal gentong merupakan kuliner khas Cirebon. Kuahnya berwarna kekuningan serta menggunakan daging sapi sebagai isiannya.

Cara membuat Empal gentong:

  1. Potong2 daging yang sudah di presto dan rebus kembali bersama bahan 1 dengan air secukupnya. Panaskan minyak dan tumis bumbu halus sampai harum lalu masukan ke dalam rebusan daging masak sampai mendidih, kemudian masukan santan+kaldu+gula+garam, masak sambil diaduk2 sampai bumbu meresap dan didapat rasa yang pas, terakhir baru masukan daun kucai ^^.
  2. Taroh irisan kol+tomat didalam mangkuk dan siram dengan kuah+potongan daging, beri taburan bawang goreng+perasan jeruk+sambal, jangan lupa acar timun biar tambah nyamnyamm ^^.
  3. Ps: Tambahkan jeroan biar lebih komplit, karena saya cuma punya sisa daging jadinya ga pake, seadanya saja ^^.

Cita rasanya gurih, sementara tekstur kuahnya kental karena menggunakan santan. Empal gentong juga bisa ditambah dengan jeroan seperti hati, usus, dan babat. Secara tradisional, empal gentong dimasak dengan kayu bakar. Empal Gentong merupakan hidangan khas Cirebon yang berisikan potongan daging sapi yang dipotong dadu lalu disajikan dengan kuah santan yang telah dimasak dengan bumbu kuning. Sajian ini juga mudah dibuat di rumah.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan empal gentong yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!