Cara Gampang Membuat Sambosa sayur (vegetarian) Anti Gagal

Diposting pada
Cara Gampang Membuat Sambosa sayur (vegetarian) Anti Gagal

Sambosa sayur (vegetarian). Samosa vegetarian khas India dibuat dari terigu (tepung maida), kentang, bawang bombay, rempah-rempah, dan cabai hijau. Bawang bombay digantikan asafetida (hing) untuk orang yang pantang bawang. Samosa dimakan dengan saus cocol berupa chutney, seperti chutney daun mint, chutney daun ketumbar, atau chutney asam jawa.

Cara Gampang Membuat Sambosa sayur (vegetarian) Anti Gagal Salah satu ciri khas camilan ini terletak pada bahan isian yang biasanya menggunakan bahan bumbu kari. Isian tersebut, lalu ditaruh dalam potongan adonan yang terbuat dari tepung terigu, ghee atau mentega dan air. Samosa Sayur; Untukmu yang mengurangi konsumsi daging dan keju, samosa sayur adalah alternatif paling tepat.

Lagi mencari ide resep sambosa sayur (vegetarian) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sambosa sayur (vegetarian) yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Samosa vegetarian khas India dibuat dari terigu (tepung maida), kentang, bawang bombay, rempah-rempah, dan cabai hijau. Bawang bombay digantikan asafetida (hing) untuk orang yang pantang bawang. Samosa dimakan dengan saus cocol berupa chutney, seperti chutney daun mint, chutney daun ketumbar, atau chutney asam jawa.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambosa sayur (vegetarian), pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan sambosa sayur (vegetarian) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sambosa sayur (vegetarian) yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Sambosa sayur (vegetarian) menggunakan 13 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Sambosa sayur (vegetarian):

  1. Siapkan 20 lembar kulit sambosa (bisa diganti dgn kulit pangsit).
  2. Sediakan 2 buah wortel.
  3. Gunakan 1 buah kentang.
  4. Gunakan 3 buah putih telur (rebus).
  5. Siapkan 20 gram edamame (optional).
  6. Ambil 2 sdt bubuk kari.
  7. Sediakan 1 sdt garam (sesuai selera).
  8. Sediakan 1/2 sdt gula.
  9. Sediakan 1 buah telur (untuk lem).
  10. Sediakan 4 siung bawang putih.
  11. Siapkan 1 buah bawang bombai.
  12. Siapkan 1 buah tomat.
  13. Sediakan 1 sdt bubuk cabai (sesuai selera).
BARU  Langkah Mudah untuk Menyiapkan Sayur Asem Sunda yang Bisa Manjain Lidah

Samosa sayur juga dikenal sebagai samosa India vegetarian. Samosa sayur biasanya berisi kentang, kacang polong, bawang bombay, dan adapula yang ditambahkan wortel. Samosa isi ayam suwir enak lainnya. Pada saat ini, jenis samosa yang paling laris adalah Samosa Sayur.

Langkah-langkah membuat Sambosa sayur (vegetarian):

  1. Potong dadu sayuran (kecuali tomat), lalu kukus hingga setengah matang.
  2. Cincang bawang putih & bawang bombai. Tumis bawang bawangan dengan garam, gula, bubuk cabai dan bubuk kari hingga aroma kari keluar.
  3. Potong dadu tomat, campur sayuran, putih telur yang sudah dipotong dadu kecil beserta tomat kedalam tumisan bumbu lalu dinginkan (tidak dengan api menyala).
  4. Masukan filling kedalam kulit sambosa lalu lipat hingga menjadi segitiga. Di tahap ini sambosa dapat disimpan didalam chiller selama 1 bulan ⚠jangan lupa lumuri dengan tepung terigu⚠.
  5. Goreng sambosa di api sedang, bisa juga di oven dengan suhu 180° selama 5 menit. Sajikan selagi panas ?.

Di Indonesia, samosa dipercaya dibawa oleh pada pedagang dari Arab dan Gujarat, lalu kemudian menjadi terkenal sejak diperkenalkan dan dipromosikan oleh restoran Arab dan India. Biasanya di Indonesia disebut dengan sambosa atau samosa serta berisi campuran sayur dengan daging. Hanya butuh empat bahan untuk mengolahnya, lho. Tentunya makanan ini bisa jadi cara baru untuk menikmati mi instan. Rasa mie yang pedasnya enak kemana-mana.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sambosa sayur (vegetarian) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!