Langkah Mudah untuk Menyiapkan Sayur Asem Sunda yang Bisa Manjain Lidah

Diposting pada
Langkah Mudah untuk Menyiapkan Sayur Asem Sunda yang Bisa Manjain Lidah

Sayur Asem Sunda. Sayur asem Sunda ini biasa disebut juga dengan nama sayur asem bening karena memang kuahnya lebih bening dan isiannya tidak sebanyak sayur asem pada umumnya. Kalau makan di restoran Sunda, pasti menu satu ini jadi menu wajib karena memang sangat enak apalagi kalau dimakan panas-panas bersama nasi dan ayam atau ikan goreng. Sayur asem banyak dijual di restoran yang menjual makanan khas Sunda, khas Betawi atau banyak juga di warteg-warteg yang berjualan di pinggir jalan.

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Sayur Asem Sunda yang Bisa Manjain Lidah Saat cuaca panas, sayur asem sangat cocok dimakan untuk menyegarkan badan. Rasa sayur asem yang gurih dan segar paling enak jika dimakan dengan semangkuk nasi hangat, tempe goreng, ikan asin, serta sambal terasi. Sayur asem ala Sunda biasanya menggunakan bumbu lengkap dan berbagai jenis sayur.

Sedang mencari ide resep sayur asem sunda yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asem sunda yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asem sunda, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan sayur asem sunda yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Sayur asem Sunda ini biasa disebut juga dengan nama sayur asem bening karena memang kuahnya lebih bening dan isiannya tidak sebanyak sayur asem pada umumnya. Kalau makan di restoran Sunda, pasti menu satu ini jadi menu wajib karena memang sangat enak apalagi kalau dimakan panas-panas bersama nasi dan ayam atau ikan goreng. Sayur asem banyak dijual di restoran yang menjual makanan khas Sunda, khas Betawi atau banyak juga di warteg-warteg yang berjualan di pinggir jalan.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah sayur asem sunda yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sayur Asem Sunda menggunakan 17 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Sayur Asem Sunda:

  1. Siapkan 1/2 buah Labu, potong-potong.
  2. Sediakan 1 buah Jagung Manis, potong-potong.
  3. Gunakan 2 lembar Kacang Panjang, potong-potong.
  4. Sediakan 5 buah Melinjo.
  5. Ambil 5 lembar Daun Melinjo.
  6. Gunakan 3 buah Asem (sesuaikan ukuran).
  7. Ambil 1 buah Cabai Hijau Besar, iris serong.
  8. Ambil 2 lembar Daun Salam.
  9. Siapkan 5 cm Lengkuas, geprek.
  10. Ambil 1100 ml Air.
  11. Siapkan Secukupnya Garam dan kaldu bubuk.
  12. Sediakan Bumbu Halus :.
  13. Gunakan 3 siung Bawang Merah.
  14. Sediakan 2 siung Bawang Putih.
  15. Siapkan 1 butir Kemiri.
  16. Siapkan 1/2 bungkus kecil Terasi ABC.
  17. Sediakan 2 buah Cabai Merah Keriting.
BARU  Cara Gampang Menyiapkan Sup Tahu Daun Kelor Anti Gagal

Biasanya juga menggunakan kaldu daging sapi atau ayam untuk memperkaya rasa. Berikut ini kami tampilkan resep dan cara masak sayur asem Sunda yang mudah dibuat di rumah. Jangan lupa sediakan pelengkapnya agar acara bersantap dengan sayur asem Sunda semakin nikmat. Resep sayur asem Sunda memakai kacang tanah yang telah dikupas dari kulitnya, ini berbeda dengan resep sayur asem Jakarta yang biasanya merebus kacang tanah masih bersama dengan kulitnya.

Langkah-langkah membuat Sayur Asem Sunda:

  1. Potong semua bahan, dan siapkan bumbunya. Blender atau uleg bumbu.
  2. Didihkan air dalam panci, masukkan bumbu halus, buah asem, melinjo, daun melinjo, daun salam, dan lengkuas biarkan selama 5 menit.
  3. Setelah itu masukkan jagung dan labu terlebih dahulu, masak selama 15 menit, terakhir masukkan kacang panjang, garam, dan Kaldu bubuk masak selama 5 menit. Aduk rata, tes rasa.

Yuk cobain saja resep sayur asem Sunda berikut ini. Sayur asem sunda siap di hidangkan. A wife of febrianggriawan, wanita yang mendadak suka masak, dan suka post hasil masakan dan lebih bahagia lagi kalo masakannya banyak yang suka, baik yg di post ataupun yang di sajikan. Berikut ini kami tampilkan resep dan cara masak sayur asem Sunda yang mudah dibuat di rumah. Jangan lupa sediakan pelengkapnya agar acara bersantap dengan sayur asem Sunda semakin nikmat.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sayur asem sunda yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!