Resep Ayam Rica-Rica Jawa yang Bisa Manjain Lidah

Diposting pada
Resep Ayam Rica-Rica Jawa yang Bisa Manjain Lidah

Ayam Rica-Rica Jawa. Ayam rica-rica (Indonesian for chicken rica-rica) is an Indonesian hot and spicy chicken dish. It is made up of chicken that cooked in spicy red and green chili pepper. The origin of this dish is from Minahasan cuisine of North Sulawesi.

Resep Ayam Rica-Rica Jawa yang Bisa Manjain Lidah COM – Siapa yang tak kenal dengan ayam rica-rica. Kali ini, ada satu resep varian dari ayam rica-rica masakan jawa. Ciri khas bumbu rica-ria adalah rasanya yang pedas gurih.

Lagi mencari ide resep ayam rica-rica jawa yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam rica-rica jawa yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ayam rica-rica (Indonesian for chicken rica-rica) is an Indonesian hot and spicy chicken dish. It is made up of chicken that cooked in spicy red and green chili pepper. The origin of this dish is from Minahasan cuisine of North Sulawesi.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam rica-rica jawa, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan ayam rica-rica jawa yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat ayam rica-rica jawa yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Ayam Rica-Rica Jawa menggunakan 23 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Ayam Rica-Rica Jawa:

  1. Ambil 1 ekor ayam kampung ukuran sedang, potong-potong.
  2. Ambil Secukupnya air.
  3. Gunakan 2 sdm santan instan (saya skip).
  4. Sediakan 5 sdm kecap manis.
  5. Siapkan 1/2 sdt lada bubuk.
  6. Sediakan 1 sdt garam (atau sesuai selera).
  7. Siapkan 1 sdt kaldu jamur (atau sesuai selera).
  8. Siapkan Bumbu Halus :.
  9. Sediakan 15 siung bawang merah.
  10. Ambil 7 siung bawang putih.
  11. Sediakan 5 butir kemiri, goreng.
  12. Siapkan 3 cm jahe.
  13. Sediakan 2 cm kunyit.
  14. Siapkan 4 cm kencur.
  15. Ambil 3 buah cabe merah.
  16. Sediakan Secukupnya cabe rawit (kalau suka pedas).
  17. Sediakan Secukupnya minyak goreng untuk menghaluskan bumbu.
  18. Gunakan Bumbu Cemplung :.
  19. Siapkan 1 lembar daun salam.
  20. Sediakan 5 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya.
  21. Ambil 3 batang serai, geprek.
  22. Ambil 1 jempol laos, geprek.
  23. Gunakan 1/2 sdm gula merah.
BARU  Langkah Mudah untuk Membuat Oat ayam suwir Anti Gagal

Rasa itu juga yang akan didapat saat makan ayam rica-rica khas Jawa dengan sedikit rasa manis. Rasa itu juga yang akan didapat saat makan ayam rica-rica khas Jawa dengan sedikit rasa manis. Itulah Resep Masakan Ayam Rica-Rica Jawa yang memiliki cita rasa yang pedas sedap mengundang selera. Pastikan Anda ikuti petunjuk resep diatas untuk mendapatkan hasil masakan yang bagus dan rasanya pas.

Langkah-langkah membuat Ayam Rica-Rica Jawa:

  1. Haluskan bumbu halus di food chopper/processor.
  2. Tumis bumbu halus dan bumbu cemplung hingga wangi dan matang.
  3. Masukkan lada bubuk.
  4. Masukkan kecap manis disekeliling minyak bumbu. Tunggu sampai kecap berbuih. Aduk rata.
  5. Masukkan ayam. Aduk hingga rata terbalut bumbu.
  6. Masukkan air, garam, santan jika pakai. Aduk rata. Kecilkan api. Masak hingga air menyusut dan bumbu meresap. Terakhir masukkan kaldu jamur. Koreksi rasa.
  7. Angkat dan hidangkan bisa dengan taburan bawang goreng.

Setelah menguasai resep ayam rica-rica jawa ini, tidak ada salahnya apabila Anda ingin mencoba resep baru lainnya. resep ayam goreng rica rica jawa. Cara pembuatan ayam rica-rica tidaklah sulit. Dibutuhkan bahan-bahan seperti daun jeruk, serai, dan daun pandan agar aromanya menjadi kuat dan khas. Tak hanya ayam, anda juga bisa memasak bebek atau telur dengan bumbu rica-rica ini. Dengan membaca atau menonton resep ayam rica-rica sederhana di internet sudah dapat membuatnya dengan bahan-bahan yang ada didapur.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat ayam rica-rica jawa yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!