Resep Roti Goreng Ikan (Panada), Lezat Sekali

Diposting pada

Roti Goreng Ikan (Panada). KOMPAS.com – Panada merupakan salah satu jenis roti goreng berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Tidak seperti roti goreng biasa, panada memiliki isian ikan. Panada enak disantap baik pada pagi hari sebagai sarapan maupun sore hari.

Resep Roti Goreng Ikan (Panada), Lezat Sekali Yg ini lembut dan ngga seret. Udah sering makan,tapi baru kali ini mencoba bikin. Karna kali ini spesial Ga nya challenge wortel,jadi pepaya muda saya ganti dgn wortel.

Lagi mencari ide resep roti goreng ikan (panada) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal roti goreng ikan (panada) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

KOMPAS.com – Panada merupakan salah satu jenis roti goreng berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Tidak seperti roti goreng biasa, panada memiliki isian ikan. Panada enak disantap baik pada pagi hari sebagai sarapan maupun sore hari.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari roti goreng ikan (panada), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan roti goreng ikan (panada) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah roti goreng ikan (panada) yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Roti Goreng Ikan (Panada) memakai 17 bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Roti Goreng Ikan (Panada):

  1. Siapkan Roti.
  2. Sediakan 250 gram tepung terigu serba guna.
  3. Ambil 10 gram ragi bubuk instan.
  4. Siapkan 60 gram butter atau margarine.
  5. Siapkan 1 butir telur kocok lepas, sisakan sedikit untuk olesan.
  6. Ambil 1 sdt garam.
  7. Gunakan 20 gram gula pasir.
  8. Ambil 120 ml susu cair.
  9. Gunakan Isian.
  10. Ambil 100 gram daging ikan tuna/sarden kalengan (sisihkan sausnya).
  11. Sediakan 3 sdm saus spageti siap pakai.
  12. Siapkan 2 sdm mayonnaise.
  13. Gunakan 2 sdm saus sambal botolan.
  14. Sediakan 80 gram keju cheddar parut.
  15. Gunakan 80 gram keju mozzarella parut.
  16. Sediakan Secukupnya garam dan merica.
  17. Gunakan Secukupnya minyak untuk menggoreng.

Panada atau roti goreng isi ikan cakalang hadir di dapur Manado berkat pengaruh kolonial Portugis di daerah Sulawesi Selatan. Kalau dicari tahu lagi, jenis makanan serupa dikenal juga di Filipina, Peru, Meksiko, hingga tentunya Spanyol. Jika ga suka isian ikan, bisa diganti isian lain. Sekilas roti panada mirip dengan pastel, namun memiliki isian yang berbeda.

BARU  Bagaimana Menyiapkan #117 Ayam ungkep bumbu simple, Bisa Manjain Lidah

Cara membuat Roti Goreng Ikan (Panada):

  1. Roti: campur semua bahan kecuali susu cair. Mixer dengan kecepatan rendah menggunakan attachment pengaduk roti hingga tercampur rata..
  2. Masukkan susu cair sedikit cair sedikit demi sedikit sambil dimixer (diuleni) hingga adonan menyatu, lembut, dan lentur, sekitar 10 menit. Istirahatkan adonan selama 10 menit. Sisihkan..
  3. Isian: campur semua bahan kecuali keju mozarella. Bumbui dgn garam dan merica. Sisihkan..
  4. Bagi adonan menjadi 12 sama besar lalu bulatkan. Istirahatkan kembali 10 menit..
  5. Pipihkan masing2 adonan lalu isi dgn 1 sdm isian. Taburi dgn keju mozzarella secukupnya. Olesi pinggiran adonan dgn telur lalu lipat adonan menjadi bentuk setengah lingkaran (bentuk pastel). Lakukan hingga adonan habis..
  6. Tata roti di loyang yg telah ditaburi tepung. Biarkan adonan mengembang di suhu ruang sekitar 45 menit..
  7. Panaskan minyak dgn api sedang-kecil. Goreng roti hingga kecokelatan di kedua sisinya. Sekitar 1 menit @sisi. Lakukan hingga adonan habis..
  8. Angkat dan tiriskan. Sajikan hangat. Enjoy!.

Panada atau roti goreng memiliki isian daging cakalang sedangkan pastel biasanya berisi sayuran. Yuk langsung saja kita buat panada, roti goreng khas Manado. Modifikasi roti goreng pada resep Panada Ayam ini adalah mengganti ikan tongkol yang biasa digunakan dengan ayam sehingga lebih ekonomis. Roti goreng merupakan roti yang digoreng dengan minyak, mentega dan diisi dengan berbagai varian rasa seperti cokelat, keju, dan lainnya. Salahsatunya roti goreng isi ikan tongkol, sekilas mungkin mirip dengan panada yaa, tapi tekstur panada yang agak keras berbeda dengan roti.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Roti Goreng Ikan (Panada) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!