Resep Ayam Tangkap khas Aceh yang Enak Banget

Diposting pada
Resep Ayam Tangkap khas Aceh yang Enak Banget

Ayam Tangkap khas Aceh. Selain terbuat dari rempah-rempah khas Nusantara, yang membuat unik masakan ayam goreng khas Aceh satu ini terletak pada penggunaan daun-daunan yang. Masih suasana lebaran tentu saja menu istimewa juga bagian yang ditunggu tunggu untuk dihidangkan bersama keluarga dan kerabat. Resep Ayam Tangkap khas Aceh yang Asli Enaknya!

Resep Ayam Tangkap khas Aceh yang Enak Banget Gak cuma itu, daun kari bikin masakan ayam ini jadi memiliki aroma yang lezat. Nah, kamu bisa ikuti cara membuat dan resep ayam tangkap khas Aceh di bawah ini untuk di rumah! Ayam Tangkap adalah masakan khas Aceh yang terbuat dari ayam yang digoreng dengan bumbu dan rempah-rempah khas.

Sedang mencari inspirasi resep ayam tangkap khas aceh yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam tangkap khas aceh yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam tangkap khas aceh, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan ayam tangkap khas aceh enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Selain terbuat dari rempah-rempah khas Nusantara, yang membuat unik masakan ayam goreng khas Aceh satu ini terletak pada penggunaan daun-daunan yang. Masih suasana lebaran tentu saja menu istimewa juga bagian yang ditunggu tunggu untuk dihidangkan bersama keluarga dan kerabat. Resep Ayam Tangkap khas Aceh yang Asli Enaknya!

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan ayam tangkap khas aceh sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Ayam Tangkap khas Aceh memakai 16 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Ayam Tangkap khas Aceh:

  1. Gunakan 1/2 kg ayam negri (potong kecil2).
  2. Gunakan 3 siung bawang putih untuk diblender menjadi bumbu halus,.
  3. Siapkan 3 siung bawang putih untuk diiris dan digoreng saat tahap akhir.
  4. Siapkan 3 siung bawang merah.
  5. Siapkan 3 siung bawang merah diiris dan digoreng saat tahap akhir.
  6. Gunakan sejumput ketumbar (saya pake yg udh bubuk).
  7. Sediakan 2 ruas jari kunyit.
  8. Sediakan 2 ruas jari jahe.
  9. Gunakan 1 batang sereh di geprek.
  10. Sediakan 1 lembar daun pandan (dibagi 2, potong kecil2, sebagian dimasak saat ayam diungkep, sebagian dicampur dengan daun kari & daun jeruk saat penggorengan).
  11. Ambil 3 daun jeruk (dipotong kecil2).
  12. Siapkan 2 tangkai daun kari.
  13. Ambil 3 daun salam.
  14. Gunakan asam jawa (rendam dlm air,lalu tambahkan dlm ayam saat akan diungkep).
  15. Siapkan 400 ml air.
  16. Siapkan secukupnya gula & garam.
BARU  Resep Ayam Rica-Rica Pedas Mantab Anti Gagal

Menu kuliner ayam tangkap serta makanan khas Aceh lain telah terbukti lezat. Bahkan, Rumah Makan Hasan memiliki tiga cabang di Aceh yang menunjukkan tempat makan ini sangat rekomended. ID – Ayam tangkap merupakan kuliner istimewa khas Aceh. Aroma kari yang merebak membuat sajian yang satu ini terasa lebih gurih dan mengundang selera.

Cara menyiapkan Ayam Tangkap khas Aceh:

  1. Cuci bersih ayam di air mengalir, tiriskan, lalu siapkan bahan2, dibagi menjadi beberapa bagian. Gambar pertama bumbu yg dihaluskan (kecuali daun salam) untuk ungkep ayam. bahan kedua untuk pelengkap tahap akhir saat penggorengan.
  2. 1. haluskan bumbu pada gambar pertama, lalu tumis bumbu tersebut sampe wangi, masukkan ayam lalu ungkep ayamnya dalam 400ml air selama kurang lebih 20-30 menit..
  3. Setelah ayam diungkep, kemudian tiriskan dan siapkan minyak goreng untuk menggoreng ayam. minyak harus banyak agar ayam semua terendam, masak kurang lebih 10menit/saat mulai terlihat garing, masukan bawang merah & bawang putih iris, daun kari, daun pandan dan daun jeruk, dan goreng sampai daun dan bawang kering. kemudian angkat dan tiriskan…ayam tangkap siap disantap :).

Bagi kamu yang tertarik untuk membuatnya? Ayam tangkap merupakan makanan khas aceh yang berasal dari Aceh Besar. Terbuat dari ayam yang digoreng dengan cabai hijau dan daun temuru atau daun kari. Penganan ini memiliki bentuk aneka ragam, seperti bentuk Bunga, Bintang, Hewan dan sebagainya. Sedapnya sajian ayam penuh bumbu rempah khas kota Serambi Mekkah ini dijamin bisa membuat anda ketagihan.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat ayam tangkap khas aceh yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!