Resep Ayam Tangkap (khas Aceh), Enak

Diposting pada
Resep Ayam Tangkap (khas Aceh), Enak

Ayam Tangkap (khas Aceh). Aceh atau yang sering dijuluki Serambi Mekkah punya sejumlah hidangan lezat dengan bumbu rempah. Pemakaian rempah berlimpah menjadi ciri khas sajian Aceh. Ayam tangkap adalah masakan khas Aceh yang terbuat dari ayam yang digoreng dengan bumbu dan rempah-rempah khas.

Resep Ayam Tangkap (khas Aceh), Enak Sajian menu nasi ayam tangkap di Resto Boda Barn, Kabupaten Bandung Barat. Bismillah Cerita sedikit yah.dulu saya pernah punya Tante dan keluarganya tinggal di Lhokseumawe Aceh. Tapi sayang sampai beliau pindah ke Riau, saya belum sempat menjejakan kaki di kota Serambi Mekah tersebut.

Anda sedang mencari ide resep ayam tangkap (khas aceh) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam tangkap (khas aceh) yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam tangkap (khas aceh), pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan ayam tangkap (khas aceh) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Aceh atau yang sering dijuluki Serambi Mekkah punya sejumlah hidangan lezat dengan bumbu rempah. Pemakaian rempah berlimpah menjadi ciri khas sajian Aceh. Ayam tangkap adalah masakan khas Aceh yang terbuat dari ayam yang digoreng dengan bumbu dan rempah-rempah khas.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah ayam tangkap (khas aceh) yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Ayam Tangkap (khas Aceh) menggunakan 19 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Ayam Tangkap (khas Aceh):

  1. Sediakan 1/2 kg Ayam.
  2. Gunakan 1 ruas Lengkuas.
  3. Siapkan 1 lembar daun pandan uk besar.
  4. Sediakan 2 tangkai daun salam koja/daun kari (sesuai selera).
  5. Sediakan Air untuk merebus (ungkep Ayam).
  6. Siapkan secukupnya Garam.
  7. Gunakan BAHAN BUMBU HALUS :.
  8. Gunakan 4 siung Bawang putih.
  9. Sediakan 1 sdt lada.
  10. Sediakan 1 sdt ketumbar.
  11. Sediakan 1 ruas jahe.
  12. Ambil 1 ruas kunyit.
  13. Ambil BAHAN PELENGKAP :.
  14. Ambil 3 lembar daun pandan uk besar dipotong sesuai selera.
  15. Siapkan 4 tangkai daun salam koja/daun kari (sesuai selera).
  16. Gunakan 6 lembar daun jeruk.
  17. Siapkan 1 batang serai dipotong serong.
  18. Siapkan 7 cabe kriting hijau.
  19. Ambil 3 bawang merah di iris tipis2.
BARU  Cara Gampang Menyiapkan Ayam Jantan Goreng Rempah Anti Gagal

Intip-intip resep masakan Aceh selalu membuat saya. Ayam Tangkap, Ketika Ayam Goreng Bersembuyi di Balik Semak Pandan. Ayam Tangkap adalah masakan khas Aceh, yang terbuat dari ayam yang digoreng dengan bumbu dan rempah-rempah khas. Saat disajikan Ayam ini tampak unik, karena di piring juga ada banyak Daun pandan yang ikut tergoreng.

Langkah-langkah menyiapkan Ayam Tangkap (khas Aceh):

  1. Siapkan wajan, masukkan bumbu halus dan campurkan dengan ayam yg sdh dipotong2. Tambahkan garam sesuai selera, lengkuas yg sdh dimemarkan, 1daun pandan dipotong sesuai selera, 4tangkai daun salam koja/daun kari. Masukkan air dan rebus sampai matang atau sampai airnya menyusut..
  2. Potong2 bahan pelengkap untuk digoreng bersama dengan ayam yg sdh di ungkep..
  3. Panaskan minyak, goreng ayam dan masukkan bahan pelengakap tadi yg sdh dipotong2. Goreng sampai agak kecoklatan..
  4. Selesai, siap dihidangkan dan selamat mencoba ?.

Sehingga saat mau makan, seakan harus mencari-cari ayam yang sembunyi diantara tumpukan daun pandan. Nama masakan ayam tangkap sendiri sampai saat ini belum ada yang tahu dari mana asal-usulnya. Secara bercanda, masyarakat Aceh suka menyebut jika nama tersebut muncul dari kebiasaan orang setempat yang baru menangkap ayamnya ketika akan dimasak. Bisa jadi informasi ini cuma guyon, namun bisa jadi hal itu benar. Ayam Tangkap adalah satu resep otentik khas Aceh yang tidak ada bandingannya.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan ayam tangkap (khas aceh) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!