Resep Sate Ayam Ponorogo yang Lezat

Diposting pada
Resep Sate Ayam Ponorogo yang Lezat

Sate Ayam Ponorogo. Sate Ayam Ponorogo adalah produk kuliner terbaik dari Kota Ponorogo yang kami tawarkan untuk Anda, yang bisa menjadi bagian dari Kenangan Rasa di hati Anda. Kami hanya melayani Take Away atau Pesan & Antar (Pesan di hari Senin s/d Kamis, dan Antar di hari Sabtu & Minggu). Sate Kambing adalah jenis sate yang berasal dari kota Ponorogo, Jawa Timur.

Resep Sate Ayam Ponorogo yang Lezat Kangen sekali sama makanan khas kampung halaman yg satu ini. Ciri khas sate Ponorogo asli itu adalah irisan daging ayamnya yg memanjang & rasa satenya yg legit. Langsung aja calling ibuk buat nanya resepnya.

Lagi mencari inspirasi resep sate ayam ponorogo yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sate ayam ponorogo yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sate ayam ponorogo, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan sate ayam ponorogo enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Sate Ayam Ponorogo adalah produk kuliner terbaik dari Kota Ponorogo yang kami tawarkan untuk Anda, yang bisa menjadi bagian dari Kenangan Rasa di hati Anda. Kami hanya melayani Take Away atau Pesan & Antar (Pesan di hari Senin s/d Kamis, dan Antar di hari Sabtu & Minggu). Sate Kambing adalah jenis sate yang berasal dari kota Ponorogo, Jawa Timur.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan sate ayam ponorogo sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Sate Ayam Ponorogo menggunakan 9 bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Sate Ayam Ponorogo:

  1. Siapkan 400 g Daging Ayam Fillet.
  2. Siapkan 20-30 btg Tusuk Sate.
  3. Sediakan 5 siung Bawang Merah.
  4. Gunakan 1 sdm Ketumbar.
  5. Ambil 200 g Gula Merah.
  6. Ambil 1 sdt Garam.
  7. Gunakan 1.5 sdm Asam Jawa.
  8. Siapkan 4 sdm Kecap Manis.
  9. Gunakan 200 ml Air.
BARU  Langkah Mudah untuk Menyiapkan Ayam lobak rebus, Menggugah Selera

Di resep ini sy hanya sharing. Sate Ayam ponorogo berbeda dengan sate ayam pada umumnya. daging sate tidak di potong dadu melainkan di sayat tipis panjang menyerupai filet sehingga daging ayamnya empuk. perbedaan selanjutnya proses perendaman daging menggunakan bumbu rempah spesial dan meresap sempurna ke dalam daging. Awalnya, Pak Seger menjual sate keliling di Perkampungan Juwingan, Kertajaya dan juga Dharmawangsa, daerah Surabaya. Ia menyebutkan membeli sate tersebut via ojek online di warung sate Ponorogo.

Langkah-langkah membuat Sate Ayam Ponorogo:

  1. Potong tipis memanjang daging ayam mengikuti arah serat (OPSIONAL). *Boleh dipotong dadu seperti sate pd umumnya..
  2. Tusuk daging ayam dengan tusuk sate. Sisihkan..
  3. Uleg halus bawang merah, ketumbar, asam, gula merah, & garam..
  4. Tambahkan kecap manis & air, aduk merata..
  5. Celup daging sate pada bumbu, diamkan di chiller selama 15 menit..
  6. Siapkan pembakaran. *Disarankan menggunakan arang..
  7. Celupkan sate pada bumbu, lalu bakar & bolak-balik di atas arang yg membara selama 2 menit..
  8. Ulangi step 7 sebanyak 3-5 kali. Angkat jika daging sate sudah matang..
  9. Sate Ponorogo siap disajikan, dapat dinikmati dengan menambahkan kecap manis sesuai dg selera..

Ia memprotes bumbu sate yang cair dan juga bentuk potongan daging ayamnya. Baca Juga: Kreativitas di Tengah Pandemi, Sate Bandeng Khas Banten Disulap Jadi Burger "Bumbunya kayak air dan satenya modelnya kayak begini, kayak ayam ditusuk doang. Makanan khas Ponorogo yang paling terkenal adalah Sate Ponorogo. Bahkan, sate ini merupakan saingan berat untuk Sate Madura. Bedanya, Sate Ponorogo tidak dipotong – potong bentuk dadu melainkan disayat tipis panjang mirip fillet.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Sate Ayam Ponorogo yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!