Resep Nasi Kuning yang Sempurna

Diposting pada

Nasi Kuning. Nasi kuning identik muncul saat ada acara seperti ulang tahun, acara pernikahan, peresmian, upacara pembukaan. Lihat juga resep Nasi Kuning Rice cooker enak lainnya. Mahalan gorengan daripada nasi kuningnya :p. nasi kuning pak rowi.

Resep Nasi Kuning yang Sempurna Resep Nasi Kuning – Nasi kuning merupakan makanan khas dari Indonesia. Warna nasi kuning ini melambangkan gunung emas artinya kemakmuran, kekayaan dan moral yang luhur. Nasi kuning merupakan salah satu sajian nasi yang biasanya banyak disajikan ketika perayaan tertentu, baik itu hajatan, syukuran atau lain sebagainya.

Anda sedang mencari ide resep nasi kuning yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi kuning yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Nasi kuning identik muncul saat ada acara seperti ulang tahun, acara pernikahan, peresmian, upacara pembukaan. Lihat juga resep Nasi Kuning Rice cooker enak lainnya. Mahalan gorengan daripada nasi kuningnya :p. nasi kuning pak rowi.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi kuning, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan nasi kuning enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah nasi kuning yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Nasi Kuning memakai 40 bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Nasi Kuning:

  1. Sediakan Bahan Nasi Kuning.
  2. Siapkan BAHAN:.
  3. Sediakan 500 g beras.
  4. Sediakan 400 ml air.
  5. Sediakan 50 ml air kunyit.
  6. Sediakan 150 ml santan kental.
  7. Gunakan 2 batang serai.
  8. Gunakan 1 cm lengkuas.
  9. Ambil 8 lembar daun jeruk.
  10. Ambil 1 1/2 sdt garam.
  11. Ambil Bahan Ayam Goreng Laos.
  12. Ambil 1 ekor ayam kampung/Potong biasa, potong menjadi 8 bagian.
  13. Siapkan 1 butir jeruk nipis.
  14. Ambil 150 g lengkuas muda, parut atau tumbuk agak kasar.
  15. Ambil 2 lembar daun salam.
  16. Siapkan 2 lembar daun salam.
  17. Ambil 1 batang serai, memarkan.
  18. Ambil 1 liter air kelapa biasa.
  19. Gunakan minyak goreng.
  20. Gunakan Bumbu Halus:.
  21. Sediakan 5 butir bawang merah.
  22. Gunakan 3 siung bawang putih.
  23. Sediakan 3 butir kemiri.
  24. Siapkan 3 cm kunyit.
  25. Siapkan 2 cm jahe.
  26. Ambil 1/2 sdt merica butiran.
  27. Gunakan 1 sdt gula pasir.
  28. Sediakan 2 sdt garam.
  29. Gunakan Bahan Perkedel Kentang.
  30. Sediakan 500 g kentang, kupas dan potong 4 bagian.
  31. Sediakan 2 batang daun seledri, iris tipis.
  32. Siapkan 3 sdm tepung terigu serba guna.
  33. Sediakan 1 butir telur ayam.
  34. Sediakan air.
  35. Sediakan 350 ml minyak goreng/sayur.
  36. Ambil Bumbu halus.
  37. Gunakan 5 butir bawang merah.
  38. Gunakan 2 siung bawang putih.
  39. Gunakan 1/2 sdt lada putih bubuk.
  40. Sediakan 2 sdt Kaldu Ayam.

Khasiat.co.id – Nasi kuning merupakan makanan khas Indonesia yang dimasak dengan menggunakan kunyit. Tentu anda sudah tidak asing dengan makanan ini karena makanan ini sudah sering terdengar. Nasi kuning identik suatu simbol suatu acara seperti misalnya syukuran, ulang tahun, dll. namun tahukah Anda bagaimana cara membuat nasi kuning yang enak ? Nasi kuning, dibuat kuning dengan kunyit atau saffron (pewarna alami yang terbuat dari bunga safron), sangat populer di banyak negara.

Langkah-langkah membuat Nasi Kuning:

  1. CARA MEMBUAT NASI KUNING :.
  2. Cara Membuat : ?Masak beras dengan air, masukkan air kunyit, santan kental, serai, daun salam, lengkuas, dan daun jeruk, masak hingga air mengering ?Masukkan garam, lalu kukus selama 20 menit ?Bentuk nasi kuning sesuai selera ?Sajikan bersama makanan pendamping favoritmu.
  3. CARA MEMBUAT AYAM GORENG LAOS :.
  4. 1. Cuci bersih potongan ayam dan tiriskan hingga airnya habis. 2. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis, diamkan beberapa saat. 3. Taruh ayam dalam panci. Beri bumbu halus, daun salam, daun jeruk, serai dan lengkuas tumbuk. 4. Tuangi air kelapa, masak dengan api sedang hingga air perebusnya susut dan ayam empuk. 5. Angkat, dinginkan ayam. 6. Panaskan minyak banyak di atas api sedang. Bersihkan ayam dari bumbunya, goreng hingga kuning kecokelatan dan kering. Angkat dan tiriskan..
  5. 7. Goreng bumbu yang disisihkan hingga kering. Angkat dan tiriskan. Taburkan ke atas ayam goreng. Sajikan hangat. ?Tips? • Untuk membumbui ayam ini diperlukan lengkuas muda yang warnanya terang kekuningan, bukan yang kemerahan. Tekstur lengkuas ini masih renyah dan aromanya harum. • Lengkuas atau laos bisa diparut memanjang atau ditumbuk hingga agak kasar.
  6. CARA MEMBUAT PERKEDEL KENTANG :.
  7. 1.Cuci bersih kentang yang akan digunakan dengan air mengalir supaya getah yang biasanya menempel hilang 2.Siapkan panci kukusan dan kukus kentang sampai matang. Diamkan sebentar supaya agak hangat lalu kupas kulit luarnya sampai benar benar bersih 3.Tumbuk dan haluskan kentang rebusnya sampai benar benar halus merata dan tidak ada gumpalan gumpalan kentang.
  8. 4.Ambil bawang putih, garam dapur dan lada butiran lalu haluskan sampai benar benar halus 5.Masukkan bumbu halus dan bawang merah gorengnya ke dalam kentang yang sudah dihaluskan lalu aduk aduk sampai semua bahan tercampur rata dan tidak ada gumpalan gumpalan 6.Ambil satu wadah lagi dan pecahkan telurnya lalu kocok kedua telur diatas sampai rata.
  9. 7. Tuang setengah bagian telur dan irisan daun bawangnya ke dalam wadah adonan kentang lalu aduk aduk kembali semua bahan sampai tercampur rata 8. Masukkan tepung terigunya supaya perkedalnya lebih renyah lalu aduk aduk kembali supaya semua bahan tercampur rata 9. Ambil adonan dan bentuk menjadi seperti bundaran, kotak, lonjong atau bentuk lain sesuai selera.
  10. 10. Siapkan wajan dengan api sedang dan beri minyak secukupnya untuk menggoreng 11. Ambil adonan perkedel yang sudah dibentuk lalu celupkan sebentar ke dalam telur yang sudah dikocok 12. Masukkan adonan ke dalam penggorengan. Balik dan masak sampai matang dan berwarna kuning agak kecoklatan 13. Ulangi sampai semua adonan habis dan tiriskan terlebih dahulu sebelum dihidangkan untuk lauk bersama keluarga.
  11. Jika semua sudah matang lalu siap disajikan ^^.
BARU  Bagaimana Menyiapkan Spinach Quiche Bergizi yang Enak

Nasi kuning Spanyol adalah hidangan pokok pada banyak. Nasi kuning merupakan resep masakan daerah dengan bahan utama beras dan kunyit. Cukup banyak remaja putri dan bahkan para bunda bunda muda yang belum paham tentang resep dan cara masak. Resepmami.info- Resep nasi kuning memang sangat beragam, untuk mendapatkan rasa yang enak dan nikmat, tentu saja harus menemukan komposisi dan takaran yang pas. Produk Menghias nasi kuning paling populer di North America, Western Europe, dan South America.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Nasi Kuning yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Semoga ber
manfaat dan selamat mencoba!