Cara Gampang Menyiapkan Rica-Rica Ayam Pedas yang Sempurna

Diposting pada
Cara Gampang Menyiapkan Rica-Rica Ayam Pedas yang Sempurna

Rica-Rica Ayam Pedas. Masukkan potongan ayam dan air secukupnya, aduk hingga merata. Tambahkan garam, kaldu, dan gula pasir, aduk kembali hingga tercampur rata. Masak hingga matang dan bumbunya menyusut.

Cara Gampang Menyiapkan Rica-Rica Ayam Pedas yang Sempurna Nah, itulah resep ayam rica-rica yang pedas dan nikmat. Meskipun yang populer rica-rica ayam tetapi hampir semua bahan bisa diolah menjadi rica-rica. Seperti ikan laut, ikan air tawar, daging, jeroan, bahkan tempe dan tahu.

Anda sedang mencari ide resep rica-rica ayam pedas yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal rica-rica ayam pedas yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari rica-rica ayam pedas, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan rica-rica ayam pedas yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Masukkan potongan ayam dan air secukupnya, aduk hingga merata. Tambahkan garam, kaldu, dan gula pasir, aduk kembali hingga tercampur rata. Masak hingga matang dan bumbunya menyusut.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah rica-rica ayam pedas yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Rica-Rica Ayam Pedas memakai 20 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Rica-Rica Ayam Pedas:

  1. Sediakan 1/2 kg ayam.
  2. Gunakan Bahan cemplung.
  3. Siapkan 1 batang sereh.
  4. Siapkan 3 lembar daun salam.
  5. Siapkan 3 lembar daun jeruk buang tulangnya.
  6. Gunakan 3 ruas jari jahe (geprek).
  7. Siapkan Garam 2sdt-3sdt.
  8. Gunakan 1 sdt Kaldu ayam.
  9. Sediakan 2 buah Gula jawa.
  10. Siapkan 1000 cc Air.
  11. Gunakan Bumbu halus.
  12. Sediakan Bawang merah 6 siung (uk besar).
  13. Gunakan 5 siung Bawang putih.
  14. Gunakan 5 buah Cabai merah besar.
  15. Ambil 7 buah Cabai rawit merah.
  16. Gunakan 3 buah Kemiri.
  17. Sediakan 1 sdt Bubuk ketumbar.
  18. Siapkan 1/2 sdt Merica bubuk.
  19. Gunakan 4 cm Kunyit.
  20. Ambil Minyak goreng.
BARU  Bagaimana Menyiapkan Ayam Bumbu Ngo Hiang yang Sempurna

Resep ayam rica-rica ini dikenal berasal dari daerah Manado, Sulawesi Utara yang memiliki cita rasa pedas dan enak. Bagi pecinta pedas, ayam rica-rica memang memiliki banyak penggemar. Bahkan tak hanya di Manado saja, kini banyak warung makan hingga restoran menyajikan masakan ayam rica-rica. Ayam rica-rica adalah merupakan masakan tradisional nusantara yang asli berasal dari Manado, kata "Rica" itu sendiri adalah kata-kata khas dari masyarakat manado yang berarti "Cabai" atau "Pedas, jadi kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sih kurang lebih seperti ini "Ayam Pedas Berbumbu Cabe".

Langkah-langkah menyiapkan Rica-Rica Ayam Pedas:

  1. Siapkan bahan, kemudian blender bumbu halus. Liquidnya saya pakai minyak krn mau digongso..
  2. Panaaskan minyak, masukkan bumbu halus dan sereh salam daun jeruk..
  3. Kemudian tumis hingga berubah warna, agar tidak langu..
  4. Masukkan ayam dan air. Beri garam, kaldu ayam dan gula jawa. Aduk sekejap. Lalu ungkep hingga air menyusut, ayam empuk dan bumbu meresap..
  5. Jika air sudah menyusut seperti gambar tandanya rica sudah matang. Koreksi rasa dan sajikan..
  6. Rica ayam siap disajikan..

Resep Ayam Rica-Rica Bumbu Pedas – Hidangan masakan Nusantara yang berasal dari Kota Manado ini sangat diminati orang Indonesia. Masakan Ayam Rica-Rica adalah masakan khas orang Manado yang sudah tersebar diseluruh pelosok Nusantara. Kali ini, kami akan membagikan Resep Ayam Rica-Rica dengan Bumbu Pedas yang nikmat. Pedas cabe berpadu dengan daun kemangi yang wangi tampaknya menjadi satu kesatuan yang begitu sempurna. Benar sekali, Kamu bisa menikmati paduan menggoda selera makan ini di rica-rica ayam kemangi.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat rica-rica ayam pedas yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!