Resep Sayur Asem yang Menggugah Selera

Diposting pada
Resep Sayur Asem yang Menggugah Selera

Sayur Asem. Sayur asem is one of the signature dishes of the Sundanese people. Many popular Indonesian dishes come from this cuisine. Other than sayur asem, you may have heard of dishes such as lalap , karedok (similar to gado-gado , but with the emphasis of using raw vegetables), ayam bekakak/grilled chicken , soto bandung/beef and daikon soup , and ikan.

Resep Sayur Asem yang Menggugah Selera The sweet and sour flavour of this dish is considered refreshing and very compatible with fried or grilled dishes, including salted fish, ikan goreng, ayam goreng and lalapan, a kind of vegetable salad usually served raw. Sayur asem atau sayur asam adalah masakan sejenis sup yang berisi sayur-sayuran lokal khas Indonesia. Masakan ini memiliki cita rasa yang khas yang berasal dari rasa asam-nya.

Lagi mencari inspirasi resep sayur asem yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asem yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asem, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan sayur asem yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Sayur asem is one of the signature dishes of the Sundanese people. Many popular Indonesian dishes come from this cuisine. Other than sayur asem, you may have heard of dishes such as lalap , karedok (similar to gado-gado , but with the emphasis of using raw vegetables), ayam bekakak/grilled chicken , soto bandung/beef and daikon soup , and ikan.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat sayur asem sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Sayur Asem menggunakan 12 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Sayur Asem:

  1. Gunakan 2 bungkus bahan sayur asem.
  2. Gunakan 5 siung bawang merah.
  3. Ambil 1 siung bawang putih.
  4. Sediakan 2 butir kemiri.
  5. Siapkan Secukupnya cabai kriting (sesuai selera).
  6. Gunakan Secukupnya terasi (dibakar).
  7. Sediakan Secukupnya lengkuas (digeprek) untuk cemplungan.
  8. Sediakan Secukupnya tambahan asem (bungkusan) sesuai selera.
  9. Siapkan Secukupnya garam.
  10. Gunakan Secukupnya penyedap rasa.
  11. Gunakan Secukupnya gula.
  12. Ambil Secukupnya air untuk sayur asem.
BARU  Resep Sayur asem madiun Anti Gagal

Biasanya orang-orang akan menggunakan asam jawa untuk memberikan rasa asam pada sayur asem. Saat cuaca sedang panas, akan terasa begitu nikmat jika Kita mencoba makan masakan yang enak, segar namun juga gurih seperti sayur asem. Bukan hanya nikmat, sayur asem juga mempunyai nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Kreasi Resep Sayur Asem yang Lezat dan Praktis Dimasak di Rumah.

Langkah-langkah menyiapkan Sayur Asem:

  1. Potong-potong terong, kacang panjang, labu siam yg telah dikupas, daun melinjo pilih yg muda, lalu cuci semua bahan, sisihkan..
  2. Cuci cabai dan bawang lalu ulek bersama terasi dan kemiri.
  3. Panaskan air di panci lalu masukan bumbu yg telah di ulek, masukan lengkuas, melinjo, jagung, asem utuh(digeprek) & tambahan asem (sesuai selera). Masak hingga Jagung dirasa agak empuk.
  4. Masukan bahan sayuran, masak sebentar lalu tambahkan garam, penyedap rasa, gula secukupnya kemudian masak, koreksi rasa. Jika sudah pas siap disajikan.

Sayur asem merupakan sayur sederhana dengan citarasa nikmat yang begitu lekat di masyarakat Indonesia. Sesuai namanya, rasa asem-lah yang membuat kelezatannya dinantikan oleh banyak orang, terkhusus masyarakat Betawi. Rasa asam ini bisa hadir dari tiga macam sumber asam, yaitu. Sayur asem ini biasanya berbahan dasar utama jagung manis, labu siam, kacang panjang, tomat serta asem. Bahkan setiap daerah memiliki rasa dan variasi sayur yang berbeda ada yang ditambah dengan ikan maupun daging sebagai bahan utamanya.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat sayur asem yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!