Bagaimana Menyiapkan Sayur asem sunda Anti Gagal

Diposting pada
Bagaimana Menyiapkan Sayur asem sunda Anti Gagal

Sayur asem sunda. Sayur asem Sunda ini biasa disebut juga dengan nama sayur asem bening karena memang kuahnya lebih bening dan isiannya tidak sebanyak sayur asem pada umumnya. Kalau makan di restoran Sunda, pasti menu satu ini jadi menu wajib karena memang sangat enak apalagi kalau dimakan panas-panas bersama nasi dan ayam atau ikan goreng. Sayur asem banyak dijual di restoran yang menjual makanan khas Sunda, khas Betawi atau banyak juga di warteg-warteg yang berjualan di pinggir jalan.

Bagaimana Menyiapkan Sayur asem sunda Anti Gagal Saat cuaca panas, sayur asem sangat cocok dimakan untuk menyegarkan badan. Berikut ini kami tampilkan resep dan cara masak sayur asem Sunda yang mudah dibuat di rumah. Jangan lupa sediakan pelengkapnya agar acara bersantap dengan sayur asem Sunda semakin nikmat.

Lagi mencari inspirasi resep sayur asem sunda yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asem sunda yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asem sunda, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan sayur asem sunda enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Sayur asem Sunda ini biasa disebut juga dengan nama sayur asem bening karena memang kuahnya lebih bening dan isiannya tidak sebanyak sayur asem pada umumnya. Kalau makan di restoran Sunda, pasti menu satu ini jadi menu wajib karena memang sangat enak apalagi kalau dimakan panas-panas bersama nasi dan ayam atau ikan goreng. Sayur asem banyak dijual di restoran yang menjual makanan khas Sunda, khas Betawi atau banyak juga di warteg-warteg yang berjualan di pinggir jalan.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sayur asem sunda yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Sayur asem sunda memakai 22 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Sayur asem sunda:

  1. Gunakan 1/2 buah jagung manis.
  2. Gunakan 1 buah labu siem.
  3. Gunakan 1 buah terong.
  4. Gunakan 10 buah melinjo.
  5. Sediakan 100 gram kacang tanah.
  6. Siapkan 2 buah kacang panjang.
  7. Siapkan 1 ikat daun melinjo.
  8. Ambil 4 butir asam jawa.
  9. Ambil 2 sdm air asam jawa.
  10. Ambil 3 lembar daun salam.
  11. Siapkan 2 ruas (3 cm) lengkuas.
  12. Siapkan 1 buah gula jawa.
  13. Sediakan Secukupnya garam.
  14. Gunakan Secukupnya gula pasir.
  15. Sediakan bumbu halus.
  16. Gunakan 6 buah cabe merah.
  17. Sediakan 2 buah cabe keriting.
  18. Ambil 5 siung bawang merah.
  19. Sediakan 3 siung bawang putih.
  20. Gunakan 2 buah kemiri.
  21. Ambil 1 sdt terasi.
  22. Gunakan 1,5 liter air.
BARU  Resep Sayur Asem Jawa Timur Anti Gagal

Sayur asem ala Sunda biasanya menggunakan bumbu lengkap dan berbagai jenis sayur. Biasanya juga menggunakan kaldu daging sapi atau ayam untuk memperkaya rasa. Berikut ini kami tampilkan resep dan cara masak sayur asem Sunda yang mudah dibuat di rumah. Jangan lupa sediakan pelengkapnya agar acara bersantap dengan sayur asem Sunda semakin nikmat.

Langkah-langkah membuat Sayur asem sunda:

  1. Potong potong semua sayuran. Lalu cuci bersih. Sisihkan..
  2. Rebus air 1,5 L hingga mendidih. Lalu masukkan jagung dan melinjo..
  3. Haluskan semua bumbu halus. Jika jagung sudah setengah matang, masukkan bumbu halus, daun salam, lengkuas, buah asam, dan asam jawa. Masak sampai bumbu harum..
  4. Masukkan semua sisa sayuran. Masak hingga semua matang. Lalu tambahkan gula jawa, garam, dan gula pasir. Koreksi rasa..
  5. Masak hingga semua sayuran benar benar matang. Matikan kompor dan slajikan..

Setiap daerah mungkin resep sayur asemnya berbeda-beda ya sahabat Tasty, tapi kita kali ini akan membuat sayur asem sunda , sayur asem ini sajian yang menyegarkan karena memiliki cita rasa yang asam dan sedikit pedas sayur asem ini lebih enak bila disajikan dengan nasi hangat, ikan goreng dan sambal pastinya akan menambah nikmat ketika menikmatinya ya sahabat Tasty , untuk membuat sayur asem. Sayur asem Betawi menggunakan bumbu bawang merah, bawang putih, cabai, cabai merah, daun salam, lengkuas, gula merah, garam, cabau merah keriting, dan asam jawa. Sedangkan untuk sayur asem Sunda, seperti yang sudah dijelaskan di atas menggunakan tambahan bumbu kemiri, terasi, dan cabai rawit serta cabai keriting dalam jumlah yang lebih banyak. Resep sayur asem Sunda memakai kacang tanah yang telah dikupas dari kulitnya, ini berbeda dengan resep sayur asem Jakarta yang biasanya merebus kacang tanah masih bersama dengan kulitnya. Yuk cobain saja resep sayur asem Sunda berikut ini.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat sayur asem sunda yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!