Resep Penget Tempe yang Lezat

Diposting pada
Resep Penget Tempe yang Lezat

Penget Tempe. Sy selalu berliur-liur jika membayangkan penget tempe, kuahnya yg asem manis seger dan wangi tempe dengan bumbunya yg wangi, membuat penget tempe menjadi salah satu teman nasi yg sy sukai. Penget tempe adalah masakan #MurahMeriah yg sejak sy kecil sering disajikan oleh emak. The idea of a penyet is simple, combine a fried item, like fried chicken or friend tempeh with your favorite sambal in a cobek (Indonesian for mortar and pestle).

Resep Penget Tempe yang Lezat Due to its nutrient that similar to other foods, so that tempe and tofu has become staple food for Indonesia society. Today, I will share tips on how to cook tempe. Tempe adalah salah satu bahan makanan yang terbuat dari kedelai.

Lagi mencari ide resep penget tempe yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal penget tempe yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Sy selalu berliur-liur jika membayangkan penget tempe, kuahnya yg asem manis seger dan wangi tempe dengan bumbunya yg wangi, membuat penget tempe menjadi salah satu teman nasi yg sy sukai. Penget tempe adalah masakan #MurahMeriah yg sejak sy kecil sering disajikan oleh emak. The idea of a penyet is simple, combine a fried item, like fried chicken or friend tempeh with your favorite sambal in a cobek (Indonesian for mortar and pestle).

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari penget tempe, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan penget tempe yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan penget tempe sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Penget Tempe memakai 14 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Penget Tempe:

  1. Gunakan 1 papan tempe kurang lebih 20 × 10cm.
  2. Siapkan 3 siung bawang merah.
  3. Sediakan 2 siung bawah putih.
  4. Sediakan 2 ruas jari kunyit.
  5. Gunakan 1 lembar daun salam.
  6. Ambil 1 ruas jari lengkuas.
  7. Ambil 1 ruas jari jahe.
  8. Gunakan 1 batang sereh.
  9. Siapkan 1 ruas jempol asamjawa.
  10. Sediakan 5 buah cabe rawit.
  11. Siapkan 1/2 sendok kaldu ayam instant.
  12. Ambil 880 ml air (4 gelas).
  13. Gunakan Secukupnya garam.
  14. Ambil Secukupnya gula.
BARU  Cara Gampang Menyiapkan Ayam oat kesukaan anak2 u/18m+ Anti Gagal

Selain bergizi, tempe termasuk makanan yang ekonomis. Makanan khas Indonesia ini sering diolah menjadi berbagai jenis masakan. Salah satu olahan tempe yang praktis adalah tempe penyet. Kata penyet sendiri mengacu pada cara penyajiannya.

Cara menyiapkan Penget Tempe:

  1. Siapkan bahan, cuci bersih semua bumbu..
  2. Siapkan panci. Potong-potong tempe jangan terlalu tipis (sy mendapat 12 potong) masukkan dalam panci..
  3. Iris bawang merah, bawang putih, lengkuas dan jahe, tambahkan dalam panci. Lalu geprek serai, tambahkan dalam panci..
  4. Tambahkan daun salam, asam, cabe rawit, garam, gula, kaldu instant dan air..
  5. Masak semua bahan dengan panci tertutup, dengan api sedang kurang lebih 15 menit sampai tempe matang dan keluar kaldu tempe, serta aroma bumbu sudah muncul. Koreksi rasa. Seimbangkan rasa asam, asin dan manisnya..
  6. Angkat dan hidangkan. Nikmati berkuah dengan nasi, bejek cabenya supaya pedes. Sehat, sedep dan sesuai isi kantong?.

Penget tempe adalah masakan #MurahMeriah yg sejak sy kecil sering disajikan oleh emak sy. Dari dulu memang Mamah saya sih kalau goreng tempe bumbunya cuma bawang putih dan garam, dan si tempe itu di gerat dulu. Resep Tempe Penyet Sambal Pedas – Tempe penyet adalah salah satu lauk makan sehari-hari yang murah meriah yang populer hingga sekarang. rasanya yang enak, pedas, lezat dan ciamik membuat banyak orang menyukai Tempe Penyet. Tempeh or tempe (/ ˈ t ɛ m p eɪ /; Javanese: témpé, Javanese pronunciation: ) is a traditional Indonesian soy product that is made from fermented soybeans. It is made by a natural culturing and controlled fermentation process that binds soybeans into a cake form.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat penget tempe yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!