Resep Nasi Mandhi Ayam Kampung, Bisa Manjain Lidah

Diposting pada
Resep Nasi Mandhi Ayam Kampung, Bisa Manjain Lidah

Nasi Mandhi Ayam Kampung.

Resep Nasi Mandhi Ayam Kampung, Bisa Manjain Lidah

Sedang mencari inspirasi resep nasi mandhi ayam kampung yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi mandhi ayam kampung yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi mandhi ayam kampung, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan nasi mandhi ayam kampung yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah nasi mandhi ayam kampung yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Nasi Mandhi Ayam Kampung menggunakan 11 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Nasi Mandhi Ayam Kampung:

  1. Siapkan ayam/kambing.
  2. Ambil Beras Basmati (rendam 1 jam).
  3. Siapkan bawang bombay (potong2).
  4. Ambil bawang putih (haluskan).
  5. Gunakan kapulaga (geprek).
  6. Sediakan cengkeh.
  7. Gunakan lada hitam utuh.
  8. Ambil kayumanis.
  9. Siapkan mentega (untuk menumis).
  10. Sediakan Pelengkap.
  11. Sediakan Acar timun cabe.

Cara membuat Nasi Mandhi Ayam Kampung:

  1. Tumis bawang putih bawang bombai hingga harum, lalu beri air sedikit (2 sdm) lalu masukan cengkeh, kapulaga, kayumanis dan lada hitam, tumis lg hingga harum.
  2. Masukan ayam dan beri air kurang lebih 1,5 liter dan garam 2sdm, lalu masak hingga ayam empuk.
  3. Matikan api, pisan air dengan daging ayam.
  4. Masukan beras basmati yg telah direndam ke dalam panci anti lengket lalu beri air rebusan ayam tsb (3 gelas beras : 4-5 gelas air rebusan), cek rasa bisa ditambah garam kl kurang asin lalu masak dengan api yang saaaangat kecil.
  5. Kira2 30 menit, beras akan matang (tanpa dikukus sepeti beras biasa), matikan api lalu taburkan kunyit bubuk diatasnya dan diaduk perlahan.
  6. Ayam yg telah dimasak tadi bisa digoreng atau dibakar untuk lauk.
  7. Sajikan dengan acar timun.
BARU  Resep Asem manis daging kambing Anti Gagal

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Nasi Mandhi Ayam Kampung yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!