Resep Sayur Asem Jawa Timur, Bisa Manjain Lidah

Diposting pada
Resep Sayur Asem Jawa Timur, Bisa Manjain Lidah

Sayur Asem Jawa Timur. Sayur asem ini salah satu menu yg simple masaknya. Rasanya seger dan paling mantab di makan bersama sambal terasi dan ikan asin. Ada banyak versi untuk sayur asam atau asem.

Resep Sayur Asem Jawa Timur, Bisa Manjain Lidah Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor) Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Ada sayur kangkung, tauge, dan timun krai. Dari segi rasa, sayur asem Jawa Timur lebih ringan, tapi tetap terasa segar, pedas, dan gurih yang nikmat.

Sedang mencari inspirasi resep sayur asem jawa timur yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asem jawa timur yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur asem jawa timur, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan sayur asem jawa timur yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Sayur asem ini salah satu menu yg simple masaknya. Rasanya seger dan paling mantab di makan bersama sambal terasi dan ikan asin. Ada banyak versi untuk sayur asam atau asem.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat sayur asem jawa timur yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Sayur Asem Jawa Timur memakai 14 jenis bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Sayur Asem Jawa Timur:

  1. Ambil 1 ikat kecil kacang panjang, potong2.
  2. Sediakan 1 terong besar (hijau/ungu), potong2.
  3. Gunakan 10 butir terong kecil (hijau/ungu), potong2.
  4. Siapkan 1 ikat daun ubi (bisa diganti kangkung), potong2.
  5. Ambil 4 bawang merah.
  6. Ambil 3 bawang putih.
  7. Ambil 2 butir kemiri.
  8. Gunakan Laos, digeprek.
  9. Ambil 2 buah asam jawa.
  10. Ambil 2 tomat hijau (optional), potong2.
  11. Siapkan 1/2 sdm garam.
  12. Siapkan 1/2 sdm kaldu bubuk.
  13. Siapkan Cabe rawit (optional/sesuai selera).
  14. Ambil secukupnya Air.
BARU  Resep Resep Roll Bayam Keju Praktis yang Bisa Manjain Lidah

Kalau penasaran dengan citarasa sayur asem Jawa Timur ini, anda bisa bikin sendiri lho di rumah. Sayur asem Jawa Timur ini layak jadi menu utama ataupun pendamping acara makan-makan dengan keluarga. Jadikan akhir pekan semakin semarak dengan kehadirannya! Lain halnya dengan salah satu versi sayur asem Betawi yang menggunakan oncom serta kacang dengan kulitnya, versi Jawa Timur berbeda.

Cara membuat Sayur Asem Jawa Timur:

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri. (Bila suka pedas bisa ditambah cabe rawit, kalau saya dibiarkan utuh).
  2. Didihkan air di panci. Masukkan bumbu halus, laos dan asam jawa sekitar 10 menit (sampai bumbu matang)..
  3. Ambil biji asam, lumat dengan kuah panas. Airnya dimasukkan lagi ke panci, bijinya dibuang..
  4. Masukkan garam dan kaldu bubuk. Aduk2..
  5. Masukkan tomat hijau dan cabe rawit utuh. Masak sebentar dan tes rasa..
  6. Masukkan kacang panjang dan terong. Aduk-aduk hingga sayuran mulai kecoklatan..
  7. Note: kalau ada ikan panggang, ikan bisa dimasukkan setelah terong dimasukkan. Apabila ikan terlalu lama dimasak maka mudah hancur..
  8. Masukkan daun ubi/daun kangkung. Masak hingga daun layu. Siap dihidangkan..

Siapa yang tak kenal #masakanndeso satu ini hayoo,,,,Yahhh #sayurasem tentu bunda semua tahu khan. Yups sayur asem ini merupakam salah satu #resepmasakannusa. Di siang hari yang panas, menyantap seporsi sayur asem memberikan sensasi tersendiri. Kuahnya yang asam manis segar, berpadu dengan kerenyahan sayuran di dalamnya memberikan suntikan tenaga baru untuk menghadapi hari. Tidak banyak yang tahu dari mana resep sayur asem ini bermula.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Sayur Asem Jawa Timur yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!