Langkah Mudah untuk Membuat Opor Ayam (kuah putih), Bikin Ngiler

Diposting pada
Langkah Mudah untuk Membuat Opor Ayam (kuah putih), Bikin Ngiler

Opor Ayam (kuah putih). Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah. Salah satu menu kuliner yang terkenal di kalangan masyarakat adalah opor ayam. Opor ayam biasanya disajikan bersama ketupat.

Langkah Mudah untuk Membuat Opor Ayam (kuah putih), Bikin Ngiler Anda bisa menyesuaikan selera, akan memilih membuat Menariknya, opor ayam kuah putih ini bisa dikreasikan memakai bumbu khas Solo. Masakan opor ayam ini terbuat dari ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti serai, kencur, merica, bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, terasi, daun salam, lengkuas dan Baca Juga : Cara Membuat Bakso Sapi Sendiri dan Kuah Bakso Gurih. Opor ayam merupakan makanan dengan cita rasa khas nusantara yang hanya dapat di temukan di daerah Jawa saja.

Sedang mencari ide resep opor ayam (kuah putih) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal opor ayam (kuah putih) yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam (kuah putih), mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan opor ayam (kuah putih) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah. Salah satu menu kuliner yang terkenal di kalangan masyarakat adalah opor ayam. Opor ayam biasanya disajikan bersama ketupat.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan opor ayam (kuah putih) sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Opor Ayam (kuah putih) memakai 18 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

BARU  Resep Ayam Asam Manis & Mashed Potato, Lezat Sekali

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Opor Ayam (kuah putih):

  1. Siapkan 1 ekor ayam kampung.
  2. Ambil Secukupnya santan (kekentalan sedang).
  3. Ambil Secukupnya air.
  4. Ambil Lengkuas geprek.
  5. Ambil Daun jeruk.
  6. Siapkan Daun salam.
  7. Siapkan Serai.
  8. Ambil Ketumbar bubuk.
  9. Siapkan Jinten.
  10. Sediakan Gula.
  11. Gunakan Garam.
  12. Siapkan Kaldu jamur.
  13. Siapkan Bumbu halus.
  14. Ambil 8 bawang merah.
  15. Sediakan 8 bawang putih.
  16. Sediakan 3 buah kemiri.
  17. Gunakan 1 ruas jahe.
  18. Ambil Secukupnya pala.

Namun asal dari makanan ini tidak di ketahui. Opor ayam merupakan suatu masakan dengan bahan utama olahan ayam yang memiliki kuah santan dengan pemberian. Opor ayam is an Indonesian dish from Central Java consisting of chicken cooked in coconut milk. The spice mixture (bumbu) includes galangal, lemongrass, cinnamon, tamarind juice, palm sugar.

Langkah-langkah membuat Opor Ayam (kuah putih):

  1. Rebus dulu sebentar ayamnya lalu tiriskan..
  2. Tumis bumbu halus sampai harum. Tambahkan daun jeruk, daun salam dan serai..
  3. Tambahkan air. Tumis2 lagi dan masukkan ayam. Setelah agak mendidih masukkan santan aduk2 terus agak santan tidak pecah..
  4. Masukkan gula, garam, kaldu jamur, ketumbar bubuk dan jinten. Koreksi rasa..

Masak opor ayam dengan resep opor ayam yang sederhana, yuk! Kurang lengkap rasanya kalau Hari Raya tanpa menyantap masakan khas Lebaran, salah satunya adalah opor ayam. Setiap daerah, tuh, punya resep opor ayam berbeda-beda. Ada opor ayam kuah kuning, putih, bahkan merah. Resep opor ayam putih ini bukan hanya pada kuahnya aja, melainkan juga pada ayamnya, jadi si ayam yang mau di opor ini nggak digoreng dulu.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan opor ayam (kuah putih) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!