Bagaimana Membuat Opor Ayam Masak Putih, Bisa Manjain Lidah

Diposting pada

Opor Ayam Masak Putih. Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah. Salah satu menu kuliner yang terkenal di kalangan masyarakat adalah opor ayam.

Bagaimana Membuat Opor Ayam Masak Putih, Bisa Manjain Lidah Nah, itulah cara membuat dan resep opor ayam putih untuk sajian Lebaran. Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep. Cara memasak opor ayam putih enak: Tumis bumbu-bumbu halus, daun jeruk, daun salam, dan serai sampai harum.

Sedang mencari ide resep opor ayam masak putih yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal opor ayam masak putih yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam masak putih, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan opor ayam masak putih enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah. Salah satu menu kuliner yang terkenal di kalangan masyarakat adalah opor ayam.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah opor ayam masak putih yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Opor Ayam Masak Putih menggunakan 19 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Opor Ayam Masak Putih:

  1. Ambil 1 kg ayam,potong jadi 10 bagian.
  2. Sediakan 300 ml santan kental dari 1 butir kelapa.
  3. Ambil 700 ml santan encer dari sisa perasan kelapa tadi.
  4. Siapkan 5 lembar daun jeruk,buang tulang daunnya.
  5. Ambil 3 lembar daun salam.
  6. Gunakan 2 batang serai,memarkan.
  7. Ambil 3 cm lengkuas,memarkan.
  8. Gunakan 2 1/2 sdt garam.
  9. Gunakan 1/4 sdt merica bubuk.
  10. Ambil 1/2 sdt gula pasir.
  11. Ambil 2 sdm minyak goreng.
  12. Ambil Jeruk nipis.
  13. Siapkan Bawang goreng untuk taburan.
  14. Siapkan Bumbu yang dihaluskan :.
  15. Ambil 10 siung bawang merah.
  16. Siapkan 4 siung bawang putih.
  17. Siapkan 2 sdt ketumbar,sangrai.
  18. Gunakan 1/4 sdt jinten,sangrai.
  19. Ambil 2 cm jahe.
BARU  Cara Gampang Menyiapkan Labu kuning Mpasi 6M 25day Anti Gagal

Masak sampai ayam empuk dan kuah sedikit mengental. Sajikan opor ayam kuning dengan taburan bawang goreng. Demikian resep dan cara memasak opor ayam kuning yang enak. Opor ayam adalah kuliner masakan berbahan dasar ayam yang sangat khas dari Inonesia Ayam yang digunakan untuk membuat opor ayam ini biasanya dibalur dengan bumbu kuning sehingga membuat masakan yang satu ini memiliki citra rasa yang beraneka ragam dari rempah yang khas dan gurih.

Langkah-langkah membuat Opor Ayam Masak Putih:

  1. Ayam dicuci bersih,lalu lumuri air perasan jeruk nipis,diamkan sebentar,lalu dicuci lagi sampai bersih,sisihkan..
  2. Panaskan minyak,tumis bumbu halus,daun jeruk,daun salam,lengkuas dan serai sampai harum,masukkan ayam,aduk rata sampai berubah warna..
  3. Tambahkan garam,merica dan gula pasir,aduk rata,tuang santan encer,masak sampai mendidih dan ayam matang,masukkan santan kental,aduk2 sampai santan mendidih,koreksi rasa..
  4. Masak sampai matang dan mengental,angkat dan siap dihidangkan dengan taburan bawang goreng..

Bumbu opor ayam spesial ini seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, dan lainnya cukup mudah dibeli di pasar atau di warung, sehingga tidak ada kendala saat anda membuat masakan opor ayam kapan saja. Disamping itu dari segi dana juga tidak terlalu besar, karena pada hakekatnya anda. Masakan opor ayam disajikan bersama nasi putih hangat. Sangat digemari anak anak karena cita rasanya yang gurih dan enak. Supaya lebih nikmat dapat ditambahkan sambal terasi atau sambal tomat.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan opor ayam masak putih yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!