Resep Opor Ayam & Tahu (Opor putih) Anti Gagal

Diposting pada
Resep Opor Ayam & Tahu (Opor putih) Anti Gagal

Opor Ayam & Tahu (Opor putih). Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Nah bagi kamu yang sedang ingin mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, namun. Opor ayam is an Indonesian dish from Central Java consisting of chicken cooked in coconut milk.

Resep Opor Ayam & Tahu (Opor putih) Anti Gagal Nikmatnya makan lontong sayur opor ayam , mertua sampai nambah-nambah ( menu spesial kita). Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah. Salah satu menu kuliner yang terkenal di kalangan masyarakat adalah opor ayam.

Anda sedang mencari ide resep opor ayam & tahu (opor putih) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal opor ayam & tahu (opor putih) yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Nah bagi kamu yang sedang ingin mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, namun. Opor ayam is an Indonesian dish from Central Java consisting of chicken cooked in coconut milk.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam & tahu (opor putih), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan opor ayam & tahu (opor putih) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah opor ayam & tahu (opor putih) yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Opor Ayam & Tahu (Opor putih) menggunakan 16 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

BARU  Resep Siomay ayam, Enak Banget

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Opor Ayam & Tahu (Opor putih):

  1. Ambil 1 ekor ayam, potong 12.
  2. Gunakan 10 tahu goreng.
  3. Siapkan 4 lembar daun jeruk.
  4. Siapkan 3 lembar daun salam.
  5. Siapkan 1 ruas lengkuas, geprek.
  6. Ambil 2 batang serai, geprek.
  7. Siapkan 1500 ml air.
  8. Gunakan 260 ml santan kental.
  9. Gunakan secukupnya Garam.
  10. Sediakan secukupnya Kaldu bubuk.
  11. Gunakan Bumbu Halus :.
  12. Ambil 12 siung bawang merah.
  13. Siapkan 5 siung bawang putih.
  14. Ambil 4 butir kemiri.
  15. Sediakan 1 sdm ketumbar bubuk.
  16. Sediakan secukupnya Lada halus.

Opor ayam merupakan masakan sejenis kari ayam yang sangat dikenal di Indonesia. Masakan ini telah dikenal luas di daerah lain. Bahkan hampir ke seluruh wilayah Indonesia. Lihat juga resep Opor Ayam ala Violet Azalea enak lainnya.

Langkah-langkah menyiapkan Opor Ayam & Tahu (Opor putih):

  1. Goreng ayam sampai 1/2 matang, (agak berkulit) angkat, sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus, serai, lengkuas, daun salam dan daun jeruk hingga harum.
  3. Masukan ayam yang sudah di goreng 1/2 matang aduk-aduk lalu tambahkan air. Tutup panci, biarkan hingga mendidih..
  4. Setelah air mendidih masukan tahu, garam, kaldu bubuk dan santan kental, masak hingga matang..
  5. Sajikan hangat dengan taburan bawang goreng.

Opor ayam ini pada dasarnya lebih identik dengan perayaan hari raya idul fitri. Karena hidangan berkuah yang nikmat ini selalu dijadikan sayur sebagai pelengkap ketupat. Varian opor ayam tersebut dipengaruhi oleh bumbu maupun bahan. Ada jenis opor ayam kuning dan opor ayam putih. Tapi tenang saja, keduanya tetap enak dan nikmat untuk disantap.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat opor ayam & tahu (opor putih) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!