Resep Sayur Asam Jakarta yang Menggugah Selera

Diposting pada
Resep Sayur Asam Jakarta yang Menggugah Selera

Sayur Asam Jakarta. Lihat juga resep Sayur asem jakarta enak lainnya. Justru karena rasa asam yang unik, sayur ini jadi favorit banyak orang. Beberapa daerah pun punya kekhasan masing-masing.

Resep Sayur Asam Jakarta yang Menggugah Selera Sumber: Dwi Handayani alias Mami, sobat sekaligus eks rekan kerja. Sayur Asem merupakan salah satu sayuran favorit banyak orang. Terdapat berbagai macam variasi sayur asem yang ada di Indonesia.

Lagi mencari ide resep sayur asam jakarta yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asam jakarta yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asam jakarta, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan sayur asam jakarta yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Lihat juga resep Sayur asem jakarta enak lainnya. Justru karena rasa asam yang unik, sayur ini jadi favorit banyak orang. Beberapa daerah pun punya kekhasan masing-masing.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah sayur asam jakarta yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sayur Asam Jakarta memakai 16 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Sayur Asam Jakarta:

  1. Siapkan 10 batang kacang panjang.
  2. Ambil 1 buah jagung manis.
  3. Sediakan Segenggam kacang tanah direbus terlebih dahulu.
  4. Gunakan 1 buah labu siam.
  5. Sediakan 1 genggam daun mlinjo (skip).
  6. Gunakan 2 lembar daun salam.
  7. Ambil 2 ruas lengkuas memarkan.
  8. Ambil 100 gr buah melinjo (saya tidak pakai ditukang sayur kosong).
  9. Siapkan 1 sdt terasi.
  10. Gunakan Secukupnya asam.
  11. Ambil Secukupnya air.
  12. Sediakan Secukupnya garam, gula, kaldu bubuk.
  13. Sediakan 7 siung bawang merah.
  14. Gunakan 3 siung bawang putih.
  15. Gunakan 5 butir kemiri.
  16. Siapkan 5 buah cabe keriting.

Salah satu yang cukup populer adalah Sayur Asem Jakarta. Ciri khas yang membedakan resep sayur asem Jakarta dengan sayur asem yang lainnya adalah penggunaan bumbu cabe dan kemiri yang dihaluskan. Terdapat banyak variasi; sayur asam Jakarta (variasi orang Betawi), sayur asem Jawa Timur, sayur asem Sunda, sayur asam kangkung, sayur asam ikan asin, sayur asem bening dll. Bahan-bahan yang sering digunakan adalah kacang tanah, nangka muda, daun dan buah melinjo/belinjau, belimbing sayur/belimbing buluh, labu siam, betik muda, kacang panjang, asam jawa, dan jagung muda dalam masakan ini.

BARU  Langkah Mudah untuk Membuat Rendang daun singkong simpel Anti Gagal

Cara menyiapkan Sayur Asam Jakarta:

  1. Siapkan semua bahan, potong potong cuci semua hingga bersih.
  2. Kupas bawang merah bawang putih buang tangkai cabe, cuci semua bumbu haluskan semua hingga halus kecuali daun salam dan lengkuas.
  3. Siapkan panci didihkan air hingga mendidih masukkan kacang dan asam yang dilarutkan bersama air panas lalu disaring.
  4. Masukan labu dan jagung masak setengah matang,masukan kacang panjang, daun mlinjo,bumbu halus, lengkuas, daun salam. Tambahkan garam gula dan kaldu bubuk masak hingga matang. Koreksi rasa.angkat siap disajikan. Selamat mencoba bunda.

Sayur asem Jakarta memang enak dan bikin rindu, yuk intip resepnya! Brilio.net – Kalau ke Jakarta yang ngangenin memang makanan tradisional seperti ketoprak dan kerak telor, dan tentunya satu lagi, yakni sayur asem khas Jakarta. Nggak perlu jauh-jauh ke Jakarta, kamu bisa lho bikin sendiri sayur asem Jakarta yang nggak bening, dan segar itu. Resep Sayur Asem Jakarta – Versi wikipedia sayur asam atau sayur asem merupakan salah satu masakan sayur khas Indonesia yang disukai banyak orang. Saat ini ada banyak variasi lokal sayur asem dengan citarasa bumbu yang khas di setiap daerahnya.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat sayur asam jakarta yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!