Resep Sayur Asem Sunda Jakarta yang Enak

Diposting pada
Resep Sayur Asem Sunda Jakarta yang Enak

Sayur Asem Sunda Jakarta. Hallo semua,,Di video kali ini Moms Gatha mau berbagi resep dan cara membuat sayur asem yang rasanya segar pedas pokoknya indonesian food asli yaitu sayur a. Sayur Asem merupakan salah satu sayuran favorit banyak orang. Terdapat berbagai macam variasi sayur asem yang ada di Indonesia.

Resep Sayur Asem Sunda Jakarta yang Enak Asal usul sayur asem ini sebenarnya masih belum diketahui dengan pasti karena ada sayur asem Betawi dari Jakarta dan sayur asem Sunda dari Jawa Barat. Meski terlihat berbeda, sayur asem Betawi dan sayur asem Sunda ini ternyata berbeda lho. Sayur asem Betawi dan sayur asem Sunda jika dilihat dari segi isinya.

Anda sedang mencari inspirasi resep sayur asem sunda jakarta yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asem sunda jakarta yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Hallo semua,,Di video kali ini Moms Gatha mau berbagi resep dan cara membuat sayur asem yang rasanya segar pedas pokoknya indonesian food asli yaitu sayur a. Sayur Asem merupakan salah satu sayuran favorit banyak orang. Terdapat berbagai macam variasi sayur asem yang ada di Indonesia.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur asem sunda jakarta, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan sayur asem sunda jakarta enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan sayur asem sunda jakarta sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Sayur Asem Sunda Jakarta memakai 15 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Sayur Asem Sunda Jakarta:

  1. Siapkan 1 genggam daun melinjo.
  2. Sediakan 100 gr kacang tanah.
  3. Ambil 7 batang kacang panjang potong sesuai selera.
  4. Sediakan 1 buah jagung manis potong sesuai selera.
  5. Sediakan 1 buah manisa potong sesuai selera.
  6. Siapkan 4 lembar daun salam.
  7. Gunakan 1 sdm garam.
  8. Sediakan 1 sdm kaldu jamur.
  9. Ambil 3 sdm gula pasir.
  10. Siapkan Bumbu halus.
  11. Gunakan 7 siung bawang merah.
  12. Ambil 4 siung bawang putih.
  13. Siapkan 1 sdt trasi di bakar.
  14. Gunakan 5 biji cabai merah besar.
  15. Siapkan Seibu jari laos.
BARU  Cara Gampang Menyiapkan Sayur Bening Jawa (Jagung Wortel Bayam) yang Bisa Manjain Lidah

Sayur asem Sunda ini biasa disebut juga dengan nama sayur asem bening karena memang kuahnya lebih bening dan isiannya tidak sebanyak sayur asem pada umumnya. Kalau makan di restoran Sunda, pasti menu satu ini jadi menu wajib karena memang sangat enak apalagi kalau dimakan panas-panas bersama nasi dan ayam atau ikan goreng. Ada yang berkuah bening dengan bumbu iris gaya Sunda. Ada juga sayur asem gaya Jakarta yang memakai bumbu halus dengan kuah keruh.

Cara menyiapkan Sayur Asem Sunda Jakarta:

  1. Beri air dalam wajan atau panci dan masukkan bumbunya termasuk asamnya juga beserta daun salamnya, lalu masukkan jagung dan manisa biarkan 10menitan masukkan kacang tanahnya, beri kaldu jamur, gula dan garamnya.. cicipi, biarkan sampai matang…
  2. Baru masukkan daun melinjo beserta kacang panjangnya, biarkan sebentar lalu matikan kompornya.. sajikan…
  3. Makan bersama teman2nya.. nikmatnyaaaa….

Sementara sayur asem Betawi sering ditambahkan potongan oncom di dalamnya. Semuanya punya ciri khas rasa yang sama, asam segar. Untuk isiannya tergantung selera dan tergantung stok sayuran yang ada. Sayuran yang umum dipakai seperti kacang panjang, labu siam. Resep sayur asem Sunda memakai kacang tanah yang telah dikupas dari kulitnya, ini berbeda dengan resep sayur asem Jakarta yang biasanya merebus kacang tanah masih bersama dengan kulitnya.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sayur asem sunda jakarta yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!