Resep Ayam Bumbu Rujak yang Bikin Ngiler

Diposting pada
Resep Ayam Bumbu Rujak yang Bikin Ngiler

Ayam Bumbu Rujak. Resep Ayam Bumbu Rujak – Kini, sudah banyak variasi makanan yang diolah dari ayam, salah satunya adalah ayam bumbu rujak. Daging ayam yang diolah dengan santan dan Uniknya meskipun namanya ayam bumbu rujak, tapi disini Kamu tidak akan menemui bumbu kacang khas rujak. Resep ayam bumbu rujak – Ayam adalah salah satu menu favorit semua orang, dan sekarang sudah ada berbagai Salah satu makanan olahan ayam yang unik dan digemari adalah ayam bumbu rujak.

Resep Ayam Bumbu Rujak yang Bikin Ngiler Ayam bumbu rujak, satu olahan ayam tradisional nan menggiurkan yang begitu disukai orang Indonesia karena kejutan rasanya. Bumbu-bumbunya berpadu dengan serasi dan meninggalkan. Resep Ayam Bumbu Rujak yang Bikin Mata Melek.

Sedang mencari inspirasi resep ayam bumbu rujak yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam bumbu rujak yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam bumbu rujak, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan ayam bumbu rujak enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Resep Ayam Bumbu Rujak – Kini, sudah banyak variasi makanan yang diolah dari ayam, salah satunya adalah ayam bumbu rujak. Daging ayam yang diolah dengan santan dan Uniknya meskipun namanya ayam bumbu rujak, tapi disini Kamu tidak akan menemui bumbu kacang khas rujak. Resep ayam bumbu rujak – Ayam adalah salah satu menu favorit semua orang, dan sekarang sudah ada berbagai Salah satu makanan olahan ayam yang unik dan digemari adalah ayam bumbu rujak.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat ayam bumbu rujak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Ayam Bumbu Rujak memakai 24 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Ayam Bumbu Rujak:

  1. Ambil 1/2 kg ayam (resep asli 6 ekor sayap ayam atas @pot jadi 2).
  2. Gunakan 4 potong tempe kukus/goreng (tambahan).
  3. Siapkan 4 potong tahu kukus/goreng (tambahan).
  4. Ambil 2 sere keprek.
  5. Sediakan 2 lembar daun salam.
  6. Gunakan 3 lembar daun jeruk (tambahan).
  7. Sediakan 1 sdm gula merah.
  8. Siapkan 1/2 sdt garam (resep asli 1 sdm).
  9. Sediakan 1/2 sdt lada hitam bubuk (tambahan).
  10. Sediakan 1/2 sdt kaldu bubuk (tambahan).
  11. Gunakan 5 buah cabe rawit biarkan utuh (tambahan).
  12. Gunakan 2 cm laos keprek (resep asli 3 cm).
  13. Ambil 1/2 cm asam jawa.
  14. Siapkan 400 ml (1 sachet) santan sasa bubuk + air.
  15. Ambil Resep asli 400ml air+65 ml santan & 65 ml santan kental instan.
  16. Ambil Bumbu dihaluskan.
  17. Sediakan 6 cabe merah besar (resep asli 4).
  18. Gunakan 8 siung bawang merah.
  19. Sediakan 4 siung bawang putih.
  20. Gunakan 1/2 sdt jinten (tambahan).
  21. Siapkan 1 sdt ketumbar bubuk (tambahan).
  22. Ambil 4 kemiri utuh.
  23. Ambil 1 cm jahe (resep asli 2 cm).
  24. Ambil 3 cm kunyit di resep asli (aku skip tdk pakai).
BARU  Resep Ayam Ungkep Anti Gagal

Hidangan ayam panggang bumbu rujak adalah sajian yang lezat. Betapa tidak, gurih dan empuknya daging ayam yang berpadu bersama sajian bumbu rujak, membuatnya benar-benar istimewa. Ayam dengan kuah bumbu rujak yang kental mungkin sudah pernah Anda coba. Bagaimana dengan ayam bakar dengan bumbu rujak?

Langkah-langkah menyiapkan Ayam Bumbu Rujak:

  1. Ayam potong rendam jeruk nipis dan garam 15 mnt, cuci bilas tiriskan, goreng di wajan tanpa minyak nanti minyak ayam akan keluar kekuningan, tambah 2 sdm minyak goreng, goreng hingga kecoklatan, tiriskan, minyaknya bisa utk numis bumbu rujak/buang jika tdk suka, siapkan bumbu lainnya.
  2. Haluskan bumbu, tumis di wajan hingga matang api kecil, masukkan daun salam, daun jeruk, sere, laos. Tambahkan air, masukkan ayam, tahu, tempe kaldu bubuk, garam, gula merah, lada, asam jawa, rebus hingga bumbu meresap ayam empuk..
  3. Kalo sdh empuk baru masukkan santan bubuk, aduk rata, biarkan bumbu meresap koreksi rasa, matikan kompor.
  4. Jika suka bisa dipanggang di wajan teflon/ frypan/masukkan oven alasi aluminium foil/daun pisang suhu 200°c selama 20 mnt api bawah + 5 menit pakai api atas, balik sesekali sambil dioles sisa bumbu atau bisa juga dibakar diatas bara api spy ada aroma asap ayam bakar (tahap ini sy skip).
  5. Enjoy….

Rasanya juga sama lezatnya, namun semakin menggoda. Selamat Mencoba & Menikmati Ayam Bumbu Rujak. Bumbu dan proses pengolahan ayam bumbu rujak berbeda sama sekali dengan rujak buah ataupun rujak lainnya. Ayam dengan bumbu rujak biasanya memiliki cita rasa yang gurih dan pedas. Nikmati Ayam Bakar Dengan Bumbu Khas Warung Tunang Tuneng.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat ayam bumbu rujak yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!