Resep Sayur Asem Jawa Timur yang Sempurna

Diposting pada
Resep Sayur Asem Jawa Timur yang Sempurna

Sayur Asem Jawa Timur. Sawi hijau • Kacang panjang • Bawang merah • Bawang putih • Lengkuas • Daun salam • Asem. Sayur asem Jawa Timur ini layak jadi menu utama ataupun pendamping acara makan-makan dengan keluarga. Jadikan akhir pekan semakin semarak dengan kehadirannya!

Resep Sayur Asem Jawa Timur yang Sempurna Di siang hari yang panas, menyantap seporsi sayur asem memberikan sensasi tersendiri. Kuahnya yang asam manis segar, berpadu dengan kerenyahan sayuran di dalamnya memberikan suntikan tenaga baru untuk menghadapi hari. Tidak banyak yang tahu dari mana resep sayur asem ini bermula.

Sedang mencari ide resep sayur asem jawa timur yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asem jawa timur yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Sawi hijau • Kacang panjang • Bawang merah • Bawang putih • Lengkuas • Daun salam • Asem. Sayur asem Jawa Timur ini layak jadi menu utama ataupun pendamping acara makan-makan dengan keluarga. Jadikan akhir pekan semakin semarak dengan kehadirannya!

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asem jawa timur, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan sayur asem jawa timur enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat sayur asem jawa timur sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Sayur Asem Jawa Timur menggunakan 6 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Sayur Asem Jawa Timur:

  1. Sediakan 750 ml air.
  2. Gunakan 1 ikat kangkung tebal.
  3. Sediakan 1 ikat kacang panjang.
  4. Siapkan 2 asem mentah sedang gendut (kalau adanya gepeng, dibanyakin).
  5. Ambil 1 siung bawang merah sedang, iris tipis.
  6. Siapkan secukupnya Gula garam.
BARU  Resep Cap cay simple dan mudah Anti Gagal

Cara Membuat Sayur Asem Jawa Timur Sederhana dan Enak Cara Menyiapkan Bahan dan Bumbu Sayur Asem Jawa Timur. Pertama, cuci bersih tauge yang telah anda siapkan. Potong labu siam berbentuk dadu, sedangkan untuk ukuran disesuakan dengan selera masing-masing. Potong juga kangkung sesuai dengan selera.

Langkah-langkah menyiapkan Sayur Asem Jawa Timur:

  1. Masak air bersama asem mentah hingga mendidih & pecah, disambil potek cuci kangkung kacang panjang. Setelah pecah, saring asem mentah yg sudah dihancurkan, buang (agar asem meresap air & agar kalau makan tdk kemakan/ribet milih).
  2. Masukkan bawang merah, kacang panjang, gula, garam, icip, bila sudah pas, tunggu mendidih lagi. Oh ya, jangan pernah memperbanyak bawang merah, dulu pernah ana lakukan dg anggapan semakin banyak, semakin enak, ternyata tidak termakan, baunya menyengat, tidak segar lagi rasanya..
  3. Setelah mendidih, masukkan kangkung, besarkan api agar mendidih cepat, lalu matikan api. Tutup panci. Nanti kangkung akan mateng sendiri. Jangan masak kangkung terlalu lama, nanti hitam. Ikuti saja tahapan di atas. Warnanya akan jadi begini. Jangan khawatir..
  4. Nanti kalau sudah menghangat ke dingin, warnanya jadi begini. Cantik, enak, segar. Cocok dimakan dg lauk goreng apa saja, tanpa laukpun oke. Masa dulu pakai lauk cuwe' goreng (Jatim: jangan asem, iwak pindang), mantap! Alhamdulillah..

Iris tipis bawang merah dan haluskan bawang. Sedangkan sayur asem Jawa Timur, harus ada kangkung, tauge, dan timun krai sebagai isian khasnya. Bumbu yang dibutuhkan untuk membuat sayur asem Jawa Timur antara lain, bawang merah, bawang. Resep Sayur asem jawa timur enak. Sayur asem yang cukup terkenal di daerah Jawa adalah sayur asem Jawa Timur.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sayur asem jawa timur yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!