Resep Ayam Panggang Ala Bumbu Tawan Anti Gagal

Diposting pada
Resep Ayam Panggang Ala Bumbu Tawan Anti Gagal

Ayam Panggang Ala Bumbu Tawan. Hal ini dimaksudkan agar bumbu bisa meresap pada ayam secara merata. Panggang daging ayam sambil sesekali diolesi kecap dan bumbu sisa ungkep. Pastikan ayam matang sesuai tingkat kematangan yang diinginkan.

Resep Ayam Panggang Ala Bumbu Tawan Anti Gagal Coba resep satu ini, ayam panggang bumbu rujak ala Bude Mimin. Resep ayam panggang akan memberikan cita rasa yang lezat dan nikmat. Bumbu-bumbunya banyak memiliki kemiripan bila digunakan untuk membuat ayam bakar, seperti ayam bakar manis misalnya.

Anda sedang mencari inspirasi resep ayam panggang ala bumbu tawan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam panggang ala bumbu tawan yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam panggang ala bumbu tawan, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan ayam panggang ala bumbu tawan enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Hal ini dimaksudkan agar bumbu bisa meresap pada ayam secara merata. Panggang daging ayam sambil sesekali diolesi kecap dan bumbu sisa ungkep. Pastikan ayam matang sesuai tingkat kematangan yang diinginkan.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah ayam panggang ala bumbu tawan yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Ayam Panggang Ala Bumbu Tawan memakai 12 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Ayam Panggang Ala Bumbu Tawan:

  1. Gunakan 1 ekor Ayam, belah dua.
  2. Sediakan 2.000 ml Air untuk merebus.
  3. Ambil 12 sdm Kecap Inggris.
  4. Sediakan 6 sdm Kecap Asin.
  5. Siapkan 4 sdm Saos tiram.
  6. Ambil 5 sdm Minyak Wijen.
  7. Ambil 1 sdm Angkak, haluskan.
  8. Siapkan 3 sdm perasan air lemon.
  9. Gunakan 5 siung Bawang Putih, memarkan.
  10. Gunakan 2 ruas Jahe, memarkan.
  11. Sediakan secukupnya Garam.
  12. Ambil secukupnya Bubuk Jamur Totole.
BARU  Resep Ayam serundeng ungkep Anti Gagal

Seperti namanya, ayam panggang ini berasal dari Klaten (Jawa Tengah). Yang khas dari Ayam Panggang Klaten adalah aroma panggang yang gurih karena sarat bumbu dan menggunakan santan kental. Cara membuat ayam panggang oven bumbu rujak : Rendam dulu potongan ayam dalam air jeruk sebentar saja. Cuci kembali daging ayam & tiriskan.

Cara membuat Ayam Panggang Ala Bumbu Tawan:

  1. Rebus air hingga mulai mendidih..
  2. Masukkan ayam dan semua bahan..
  3. Rebus ayam hingga air menyusut setengah..
  4. Biarkan ayam tetap dalam sisa air rebusan semalaman, bisa masukkan ke kulkas..
  5. Tiriskan ayam, tata di loyang yg sudah dilapisi aluminium foil..
  6. Oven dengan suhu 180 kurang lebih 25 menit. Panaskan terlebih dahulu oven 10 menit..
  7. Keluarkan ayam dari oven, potong-potong sesuai selera. Sajikan dengan saos, sambal atau bubuk cabe..

Cukup mudah bukan resep masakan ayam panggang bumbu rujak ini? Anda juga dapat menambahkan bebeapa telur rebus kedalamnya. Perbedaan ayam panggang bumbu kecap ala Banjarmasin ini terletak pada saus sambalnya yang langsung disiram di ayam, kalau sunda biasanya menggunakan sambal terasi atau sambal goang, sedangkan untuk ayam panggang dan bumbunya tidak terlalu berbeda dengan ayam panggang. Ayam panggang adalah sajian lezat dan sehat yang dapat membuat Anda ketagihan dengan cepat. Anda bisa memanggang bagian ayam apa saja — dada, paha atas, paha bawah, dan sayap — dengan cara yang sama.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat ayam panggang ala bumbu tawan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!