Bagaimana Membuat Ayam panggang betutu (oven), Lezat

Diposting pada
Bagaimana Membuat Ayam panggang betutu (oven), Lezat

Ayam panggang betutu (oven). Resep Ayam Betutu – Jika berbicara mengenai Ayam Betutu, pasti orang-orang langsung teringat dengan Pulau Bali. Ayam betutu memang berasal dari bali, lebih lengkapnya berasal dari Gilimanuk. Ayam yang satu ini diolah dengan bumbu yang sangat lezat.

Bagaimana Membuat Ayam panggang betutu (oven), Lezat Kali ini hidangan lezat ini tidak hanya akan dapat anda santap di restoran atau rumah makan tempat biasa anda mengunjugi saat hasrat lapar melanda. Namun juga, anda akan dapat membuat sajian ini dirumah dengan mudah dan. Resep ayam betutu – Ayam Betutu adalah makanan khas dari Pulau Dewata Bali, dan Anda juga sudah pasti tahu itu.

Sedang mencari ide resep ayam panggang betutu (oven) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam panggang betutu (oven) yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam panggang betutu (oven), pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan ayam panggang betutu (oven) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Resep Ayam Betutu – Jika berbicara mengenai Ayam Betutu, pasti orang-orang langsung teringat dengan Pulau Bali. Ayam betutu memang berasal dari bali, lebih lengkapnya berasal dari Gilimanuk. Ayam yang satu ini diolah dengan bumbu yang sangat lezat.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah ayam panggang betutu (oven) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Ayam panggang betutu (oven) menggunakan 20 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Ayam panggang betutu (oven):

  1. Ambil 1 ekor ayam (ayam kampung/ayam ras).
  2. Ambil 1 biji jeruk nipis.
  3. Gunakan Garam.
  4. Ambil bumbu halus.
  5. Ambil 12 buah Cabai merah keriting.
  6. Siapkan 5 siung bawang putih.
  7. Sediakan 10 siung bawang merah.
  8. Gunakan Garam.
  9. Sediakan Merica.
  10. Sediakan Ketumbar.
  11. Sediakan Terasi bakar.
  12. Ambil 2 cm kencur.
  13. Siapkan 2 cm lengkuas.
  14. Sediakan 2 cm kunyit.
  15. Siapkan 2 cm jahe.
  16. Siapkan Daun pisang.
  17. Ambil Minyak goreng.
  18. Ambil 2 batang serai diiris halus.
  19. Gunakan Daun jeruk.
  20. Gunakan 25 gr gula merah.
BARU  Resep Ayam serundeng, Enak Banget

Kalau mengenai daerah asal ayam betutu memang berasal dari Gilimanuk yakni salah satu kota yang ada di Pulau Bali. Pengolahan Ayam Betutu memang diberi bumbu yang lezat. Resep Makanan Ayam Panggang Betutu With Chef Deden Gumilar. Caranya yaitu dengan dipanggang dengan oven.

Langkah-langkah menyiapkan Ayam panggang betutu (oven):

  1. Ayam yang sudah dibersihkan dilumuri jeruk nipis dan garam lalu diamkan dalam kulkas 15 menit.
  2. Panaskan wajan masukan minyak goreng.tumis bumbu halus masukan serai, gula merah dan daun jeruk masak menggunakan api kecil. Setelah matang angkat dan dinginkan sesudah dingin lumuri ayam dengan bumbu sampai merata (ayam sambil ditusuk dengan benda tajam agar bumbu meresap).
  3. Siapkan daun pisang bungkus ayam kedalam daun pisang lalu dikukus sampai matang kirakira 1 jam lebih..
  4. Ayam yang sudah dikukus lalu dimasukan kedalam oven panggang sktr 15 menit lebih..
  5. Setelah matang sajikan?.

Ayam panggang cocok dimasak dengan banyak jenis bumbu, dan Anda bisa membumbuinya menggunakan bahan-bahan aromatik, buah, dan sayuran yang Anda inginkan. Sepiring nasi ayam betutu berisi nasi, ayam betutu, serundeng, urap kacang panjang dan telur rebus. Ada juga bebek betutu atau ayam panggang. Bumbu betutu yang melimpah jadi ciri khas warung ini. Dengan proses pemasakan memakai oven selama delapan jam, maka tekstur dagingnya jadi.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan ayam panggang betutu (oven) yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!