Resep Sayur bening daun katuk, Lezat

Diposting pada
Resep Sayur bening daun katuk, Lezat

Sayur bening daun katuk. Cara Membuat Sayur Daun Katuk Bening – Diantara anda mungkin masih banyak yang yang bingun mengenai daun katu, atau bahkan anda belum mengetahui nama tumbuhan yang satu ini. Katuk adalah salah satu tumbuhan sayuran yang memiki manfaat yang sangat baik, terutama bagi para ibu-ibu yang sedang menyususi. Beberapa kali menancapkan batang tanaman katuk di pot selalu gagal tumbuh, padahal tumbuhan ini seharusnya sangat mudah ditanam, cukup dari stek batangnya saja.

Resep Sayur bening daun katuk, Lezat Sayur katuk bening siap disajikan sebagai lauk. Daun katuk terkenal akan kandungan gizinya dan manfaat kesehatannya untuk tubuh. terutama untuk ibu yang sedang menyusui. Tidak hanya memperlancar produksi ASI, sayur katuk juga bisa menjaga daya tahan tubuh, kesehatan tulang, dan membantu menyembuhkan flu.

Sedang mencari ide resep sayur bening daun katuk yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur bening daun katuk yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Cara Membuat Sayur Daun Katuk Bening – Diantara anda mungkin masih banyak yang yang bingun mengenai daun katu, atau bahkan anda belum mengetahui nama tumbuhan yang satu ini. Katuk adalah salah satu tumbuhan sayuran yang memiki manfaat yang sangat baik, terutama bagi para ibu-ibu yang sedang menyususi. Beberapa kali menancapkan batang tanaman katuk di pot selalu gagal tumbuh, padahal tumbuhan ini seharusnya sangat mudah ditanam, cukup dari stek batangnya saja.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur bening daun katuk, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan sayur bening daun katuk enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sayur bening daun katuk yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sayur bening daun katuk menggunakan 8 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Sayur bening daun katuk:

  1. Ambil 12 tangkai katuk.
  2. Gunakan 1 buah jagung manis.
  3. Sediakan 1 buah wortel.
  4. Sediakan 1 ikat kacang panjang @5 batang.
  5. Sediakan 3 siung bawang merah.
  6. Ambil 1 liter air.
  7. Siapkan Secukupnya garam dan penyedap rasa.
  8. Sediakan Secukupnya minyak untuk menumis.
BARU  Langkah Mudah untuk Membuat Orak arik pedas wortel,buncis tahu, Lezat Sekali

Ada banyak sekali olahan sayur katu. Cara Membuat Sayur Bening Daun katuk Sedap – Anda pernah membuat sayur bening belum, sayur yang sangat segar sekali bila dinikmati ketika masih hangat. Nah olahan kali ini pas sekali akan membahas mengenai pembuatan sayur bening, dan sayur beningnya adalah sayur daun katuk yang sangat banyak sekali gizi didalamnya, bentuk daun katuk ini sedikit mirip dengan daun bayam tetapi tetap berbeda. Daun katuk merupakan salah satu sayuran favorit saya, apalagi jika dimasak bening seperti ini.

Cara membuat Sayur bening daun katuk:

  1. Petik daun katuk dari tangkainya, jagung dan kacang panjang dipotong², wortel dikupas lalu dipotong², kemudian cuci bersih, tiriskan..
  2. Didihkan air, lalu rebus jagung manis terlebih dahulu, setelah dirasa jagung stengah matang, masukkan wortel, garam dan penyedap rasa secukupnya. Aduk sebentar tunggu hingga mendidih..
  3. Setelah mendidih, masukkan kacang panjang, aduk lalu tunggu hingga kacang sedikit layu, kemudian masukkan daun katuk, aduk rata..
  4. Sambil menunggu sayuran matang sempurna, panaskan sedikit minyak kemudian iris bawang merah, lalu tumis sampai wangi dan sedikit kecoklatan. Segera tuang kedalam panci rebusan sayur. Aduk rata, lalu koreksi rasa..
  5. Angkat dan sajikan..

Resep ini dari Ibu saya dan sejak saya kecil – ketika kami sekeluarga masih tinggal di Tanjung Pinang dimana sayur katuk ini melimpah ruah disana – tela h menjadi sayuran favorit keluarga hingga sekarang. Rasa kuahnya segar dan sengaja dibuat minim bumbu untuk menonjolkan cita rasa daun katuk yang khas. Sayur bening daun katuk ini banyak khasiatnya – Pada awalnya belum banyak orang yang mengetahui kalau daun katuk bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tumbuhan tergolong perdu (semak) ini dibiarkan tumbuh di halaman atau jadi pagar hidup. Daun katuk yang memiliki nama ilmiah Sauropus androgynus adalah tanaman yang memiliki bentuk daun lonjong dengan corak keperakan di bagian tengahnya.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan sayur bening daun katuk yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!