Cara Gampang Menyiapkan Opor Ayam Kentang Kuning yang Sempurna

Diposting pada
Cara Gampang Menyiapkan Opor Ayam Kentang Kuning yang Sempurna

Opor Ayam Kentang Kuning. Lihat juga resep Opor Ayam Kentang enak lainnya. Opor ayam bisa dibilang ayam rebus yang diberi santan yang membuatnya kental ditambah beberapa bumbu seperti serai, kunyit dan lain-lain. Tradisi yang ada di Indonesia, Opor ayam ini biasanya dibuat saat lebaran atau perayaan lainnya, lalu disajikan dengan ketupat, lontong dan sambal goreng ati.

Cara Gampang Menyiapkan Opor Ayam Kentang Kuning yang Sempurna Bunda dan sis dapat membuatnya meskipun belum mahir memasak. Resep masakan opor ayam kuah santan kuning dengan bumbu tradisional. saya tulis dengan jelas, lengkap, dan berurutan, sehingga mudah mempraktekkannya. Bumbu opor ayam memang banyak dicari terutama oleh ibu-ibu Bahkan makanan khas Indonesia ini sering dihidangkan dalam acara-acara tertentu.

Anda sedang mencari ide resep opor ayam kentang kuning yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal opor ayam kentang kuning yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam kentang kuning, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan opor ayam kentang kuning enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Lihat juga resep Opor Ayam Kentang enak lainnya. Opor ayam bisa dibilang ayam rebus yang diberi santan yang membuatnya kental ditambah beberapa bumbu seperti serai, kunyit dan lain-lain. Tradisi yang ada di Indonesia, Opor ayam ini biasanya dibuat saat lebaran atau perayaan lainnya, lalu disajikan dengan ketupat, lontong dan sambal goreng ati.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan opor ayam kentang kuning sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Opor Ayam Kentang Kuning memakai 21 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Opor Ayam Kentang Kuning:

  1. Ambil 1 ekor ayam, potong 12, cuci bersih.
  2. Ambil 1/2 buah jeruk nipis.
  3. Gunakan 1 sdt garam.
  4. Gunakan 2 buah kentang, bersihkan, potong jadi 8.
  5. Sediakan Minyak goreng.
  6. Ambil 2 bungkus santan instan, saya pakai kara 1, sasa bubuk 1.
  7. Gunakan 500 ml air.
  8. Sediakan 10 buah cabe rawit merah.
  9. Sediakan 1/4 buah bawang bombay, iris tipis.
  10. Sediakan 1 sdt Kaldu bubuk.
  11. Ambil Bumbu halus :.
  12. Ambil 10 siung bawang merah.
  13. Siapkan 6 siung bawang putih.
  14. Gunakan 1 ruas kunyit.
  15. Siapkan 1 ruas jahe.
  16. Ambil 1 sdt garam.
  17. Sediakan 1 sdt lada halus.
  18. Siapkan 1 ruas lengkuas.
  19. Siapkan 1 batang sereh.
  20. Gunakan 2 lembar daun jeruk.
  21. Sediakan 2 lembar daun salam.
BARU  Bagaimana Membuat Nasi Bakar Oncom Teri, Menggugah Selera

Makanan yang identik dengan kuah santan ini memang memiliki cita rasa yang nikmat dan gurih. Takaran kuah santan dan bumbu yang digunakan pun berbeda-beda. Resep Opor Ayam Kuning dan Sambal Goreng Kentang Petai untuk Temani Idul Fitri Dengan hadirnya Resep Opor Ayam Kuning tak bingung lagi untuk membuat opor ayam lezat saat lebaran. Tak butuh waktu lama, jadikan Resep Opor Ayam Ku.

Langkah-langkah membuat Opor Ayam Kentang Kuning:

  1. Siapkan bahan dan bumbu, cuci bersih. Marinasi ayam dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan selama 10 menit..
  2. Haluskan lada dan bumbu2, untuk lengkuas dan sereh cukup digeprek aja..
  3. Panaskan minyak dalam wajan, goreng ayam dan kentang sampai agak kecoklatan. Lalu sisihkan..
  4. Panaskan minyak di wajan yg lain, masukkan bawang bombay yg sudah diiris, tumis sebentar sampai layu. Lalu masukkan bumbu yg sudah dihaluskan, tumis sampai harum. Lalu tambahkan sedikit air, tunggu sampai mendidih..
  5. Masukkan ayam kedalam tumisan bumbu tadi, aduk rata. Diamkan sebentar sampai meresap. Lalu tambahkan air, bila suka berkuah boleh agak banyak. Tunggu sampai mendidih..
  6. Setelah mendidih tambahkan santan instan sambil diaduk rata. Masukkan kaldu bubuk, gula, lalu koreksi rasa. Rebus sebentar sampai bumbu meresap ke ayam sekitar 5 menit. Lalu tambahkan cabe rawit utuh untuk yg mau ada sensasi pedasnya. Bila sudah pas, angkat dan sajikan..
  7. Klo saya suka banget dimakan pake lontong atau ketupat, berasa Lebaran.. ??.

Komponen esensial dari resep opor ayam kuning ini adalah kunyit, daun jeruk dan santan. Ketiganya menciptakan cita rasa earthy, gurih, dan aroma yang menggugah selera serta warna yang mengundang selera. Dengan tambahan Bango Kecap Manis sebagai pelengkap, masak opor ayam jadi lebih menyenangkan. Fimela.com, Jakarta Masak opor ayam tidak selalu pada saat lebaran atau hari raya saja, opor ayam enak dimakan kapan saja apalagi saat ingin menyantap menu makanan berbumbu santan yang gurih dan bikin nagih. Ada banyak cara mengolah opor ayam, namun opor ayam bumbu kuning adalah yang paling spesial.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat opor ayam kentang kuning yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!