Bagaimana Menyiapkan Opor ayam yang Sempurna

Diposting pada
Bagaimana Menyiapkan Opor ayam yang Sempurna

Opor ayam. Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Nah bagi kamu yang sedang ingin mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, namun. Cara membuat opor ayam spesial lebaran – cara membuat opor ayam.

Bagaimana Menyiapkan Opor ayam yang Sempurna The spice mixture (bumbu) includes galangal, lemongrass, cinnamon, tamarind juice, palm sugar. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah. Salah satu menu kuliner yang terkenal di kalangan masyarakat adalah opor ayam.

Anda sedang mencari inspirasi resep opor ayam yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal opor ayam yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Nah bagi kamu yang sedang ingin mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, namun. Cara membuat opor ayam spesial lebaran – cara membuat opor ayam.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan opor ayam yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan opor ayam sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Opor ayam memakai 18 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Opor ayam:

  1. Gunakan 1/2 ekor ayam.
  2. Gunakan 1 bks santan kara (kecil).
  3. Sediakan 500 ml air.
  4. Ambil 1 btg sereh.
  5. Sediakan 1 ruas lengkoas.
  6. Siapkan 2 lbr daun salam.
  7. Sediakan 2 lbr daun jeruk.
  8. Sediakan 1 bks penyedap rasa.
  9. Ambil 1 sdt garam.
  10. Ambil 1 sdt gula.
  11. Gunakan 1/2 sdt lada bubuk.
  12. Sediakan secukupnya Minyak.
  13. Gunakan Bumbu halus.
  14. Siapkan 8 bh bawang merah.
  15. Gunakan 4 bh bawang putih.
  16. Siapkan 3 bh kemiri.
  17. Sediakan 1 cm kunyit.
  18. Gunakan 1 sdt ketumbar bubuk.
BARU  Resep Pisang Goreng Kremes Anti Gagal

Opor ayam merupakan masakan sejenis kari ayam yang sangat dikenal di Indonesia. Masakan ini telah dikenal luas di daerah lain. Bahkan hampir ke seluruh wilayah Indonesia. Opor ayam sebenarnya adalah ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti.

Cara membuat Opor ayam:

  1. Potong dan cuci bersih ayam, beri perasan jeruk nipis.
  2. Haluskan bumbu halus, lalu tumis dengan minyak secukupnya, masukkan sereh, lengkuas, daun salam, daun jeruk, aduk2 sampai harum jika sudah harum dan agak matang masukkan ayam. Tumis ayam dalam bumbu hingga berubah warna..
  3. Jika ayam sdh berubah warna masukkan air dan aduk2. Beri penyedap rasa, garam dan gula. Biarkan hingga mendidih..
  4. Masukkan santan dan aduk2, masak hingga matang. Jangan lupa dites rasa..
  5. Opor ayam siap disajikan.

Varian opor ayam tersebut dipengaruhi oleh bumbu maupun bahan. Ada jenis opor ayam kuning dan opor ayam putih. Tapi tenang saja, keduanya tetap enak dan nikmat untuk disantap. Opor ayam ini pada dasarnya lebih identik dengan perayaan hari raya idul fitri. Lihat juga resep Opor Ayam ala Violet Azalea enak lainnya.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat opor ayam yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!