Langkah Mudah untuk Menyiapkan Ayam Garang Asem, Bikin Ngiler

Diposting pada

Ayam Garang Asem. Biasanya garang asem menggunakan daun pisang dan olahan ayam sebagai bahan utama. Tapi jika ingin memadukan bahan lain, kamu bisa mengganti ayam dengan ikan maupun daging sapi. Endeusiast sudah nggak asing lagi dong ya dengan Chef Ragil @dapuragil?

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Ayam Garang Asem, Bikin Ngiler Resep Garang Asem Ayam – Bosan makan dengan menu ayam yang begitu-begitu saja? Tak panjang lebar lagi, yuk di simak Bahan-bahan dan Cara Memasak Garang Asem Ayam yang enak. Ketika disantap, garang asem ayam nikmatnya tiada tara.

Lagi mencari ide resep ayam garang asem yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam garang asem yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Biasanya garang asem menggunakan daun pisang dan olahan ayam sebagai bahan utama. Tapi jika ingin memadukan bahan lain, kamu bisa mengganti ayam dengan ikan maupun daging sapi. Endeusiast sudah nggak asing lagi dong ya dengan Chef Ragil @dapuragil?

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam garang asem, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan ayam garang asem yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah ayam garang asem yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Ayam Garang Asem menggunakan 23 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Ayam Garang Asem:

  1. Siapkan 1 kg ayam bagian sayap dan paha atas potong2.
  2. Siapkan 1 buah jeruk nipis diperas.
  3. Gunakan 2 gelas santan encer.
  4. Gunakan minyak untuk menumis.
  5. Gunakan Bumbu iris:.
  6. Siapkan 8 siung bawang merah.
  7. Gunakan 5 siung bawang putih.
  8. Gunakan 3 buah cabe ijo besar.
  9. Ambil 5 buah cabe merah keriting.
  10. Siapkan 1 jempol lengkuas.
  11. Siapkan 1/2 jempol jahe.
  12. Siapkan 1 batang serai.
  13. Gunakan Bumbu pelengkap:.
  14. Gunakan 5 buah blimbing wuluh iris besar2.
  15. Gunakan 5 buah cabai rawit merah utuh.
  16. Gunakan 1 buah tomat hijau.
  17. Gunakan 1 buah tomat merah.
  18. Siapkan 5 lembar daun salam.
  19. Gunakan 3 lembar daun jeruk.
  20. Siapkan 2 sdt gula pasir.
  21. Siapkan 1 sdm garam.
  22. Ambil 1 sdm kaldu jamur.
  23. Gunakan secukupnya daun pisang.
BARU  Resep Ayam Bakar Taliwang yang Bikin Ngiler

Bercita rasa asam dari belimbing wuluh dan tomat, pedas dari cabe rawit, gurih dari ayam dan santan, serta wangi dari daun salam dan daun. Garang asem adalah masakan tradisional yang berbahan dasar ayam. Ayam tersebut kemudian diolah dan dimasak menggunakan dedaunan pisang. Garang asem umunya dikenal dengan rasa pedas, manis dan gurih.

Langkah-langkah membuat Ayam Garang Asem:

  1. Potong ayam sesuai selera, kucuri dengan air jeruk nipis, lalu bilas hingga bersih, rebus sebentar ayam sampe kotoran nya keluar lalu buang air nya..
  2. Tumis semua bumbu iris dengan minyak, tambahkan gula garam kaldu jamur daun salam daun jeruk hingga matang dan harum baunya..
  3. Masukan ayam, aduk2, masukan air santan dan tambahkan air lagi bila perlu, masak hingga ayam matang dan air tinggal sedikit..
  4. Setelah air di ayam tinggal sedikit, alasi mangkok besar dengan daun pisang, masukan ayam, tambahkan belimbing wuluh dan tomat yg sudah dipotong besar2. tutup kembali mangkok dengan daun pisang. lalu kukus selama 30 menit..

Dalam makanan ini semua rasa campur menjadi satu, seperti rasa asam dari buah belimbing yang membuat lebih segar. Garang Asam Ayam adalah salah satu masakan Jawa Tengah yang pembuatannya sangat sederhana dan singkat. Garang asem merupakan resep makanan khas dari Jawa Tengah. Banyak sekali variasi dari masakan ini seperti resep garang asem daging, garang asem ayam, garang asem ayam bening. Garang Asem Ayam adalah salah satu yang terkenal dari sekian banyak resep legendaris dari tanah Jawa.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat ayam garang asem yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!