Bagaimana Menyiapkan Cap Jay Sayur yang Enak

Diposting pada
Bagaimana Menyiapkan Cap Jay Sayur yang Enak

Cap Jay Sayur. Sebagaimana yang telah kita tahu masakan cap jay, adalah kumpulan dari sayur-sayur yang dijadikan satu, dan biasanya masakan ini juga sering ditambahi pentol agar lebih menarik. Umi ingin tahu bagaimana cara membuatnya dengan cara yang berbeda, saya bagikan Resep Cap Jaya nya ya dan selamat mencoba 🙂 Berikut kumpulan rahasia aneka variasi dan kreasi olahan Resep Cara Membuat Cap Jay lengkap. Resep cap cay sayuran rata-rata memang mirip, namun kali ini aku ingin berbagi cara membuat capcay sayur sendiri yang tidak kalah istimewa sekaligus menyehatkan!

Bagaimana Menyiapkan Cap Jay Sayur yang Enak Nah biasanya capcay menjadi menu andalan banyak orang di rumah. Jika kamu pecinta capcay dan merasa bosen dengan yang itu-itu saja. Dalam dialek Hokkian secara harfiah berarti 'aneka ragam sayur, namun bisa juga berarti sepuluh sayur karena cap artinya 'sepuluh' sedangkan cai berarti 'sayur'.

Sedang mencari ide resep cap jay sayur yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal cap jay sayur yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cap jay sayur, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan cap jay sayur yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Sebagaimana yang telah kita tahu masakan cap jay, adalah kumpulan dari sayur-sayur yang dijadikan satu, dan biasanya masakan ini juga sering ditambahi pentol agar lebih menarik. Umi ingin tahu bagaimana cara membuatnya dengan cara yang berbeda, saya bagikan Resep Cap Jaya nya ya dan selamat mencoba 🙂 Berikut kumpulan rahasia aneka variasi dan kreasi olahan Resep Cara Membuat Cap Jay lengkap. Resep cap cay sayuran rata-rata memang mirip, namun kali ini aku ingin berbagi cara membuat capcay sayur sendiri yang tidak kalah istimewa sekaligus menyehatkan!

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah cap jay sayur yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Cap Jay Sayur menggunakan 31 bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Cap Jay Sayur:

  1. Siapkan 3 siung bawang putih.
  2. Sediakan 4 siung bawang merah.
  3. Gunakan 1 batang daun bawang.
  4. Sediakan 200 gram daging ayam tanpa tulang.
  5. Ambil 1-2 pasang ati ampla di rebus dg jahe potong dan goreng sebentar.
  6. Sediakan 1-2 batang sosis.
  7. Sediakan 5-10 buah pentol bakso.
  8. Gunakan 500-600 ml Kaldu Ayam/Air jumlahnya tergantung banyaknya sayur.
  9. Gunakan 2 buah wortel.
  10. Ambil Secukupnya brokoli putih.
  11. Ambil Secukupnya jamur kuping.
  12. Ambil Secukupnya ercis.
  13. Sediakan Secukupnya sawi putih.
  14. Ambil Secukupnya kol/kubis.
  15. Ambil Secukupnya Bokcoy/Sawi hijau.
  16. Ambil sesuai selera Garam.
  17. Ambil sesuai selera Gula.
  18. Gunakan Saos merah /delmonte/ lainnya sesuai selera tingkat kemerahannya.
  19. Gunakan secukupnya Saos tiram.
  20. Ambil sesuai selera Kaldu jamur.
  21. Ambil sesuai selera Saos raja rasa.
  22. Siapkan Bahan larutan pengental :.
  23. Siapkan 2-3 sdm Tepung Maizena sesuai kekentalan yang di inginkan.
  24. Siapkan 3-5 sdm air.
  25. Siapkan Bahan Acar :.
  26. Gunakan 1 buah timun besar.
  27. Sediakan 2-3 sdm gula pasir.
  28. Ambil 1/2 sdt garam.
  29. Ambil 1 sdm cuka makan.
  30. Gunakan secukupnya Bawang merah.
  31. Ambil secukupnya Cabe rawit hijau.

Bisa dibilang capcay merupakan makanan bergizi karena terdiri dari beberapa sayur yang tentu saja bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Cara membuat Cap jay Jawa: Siapkan semua sayur, pastikan sudah dicuci bersih. Panaskan minyak, tumis bawang Bombay lalu bumbu halus. Beri sedikit air, lalu masukkan wortel, kol & babycorn Aduk rata.

Langkah-langkah membuat Cap Jay Sayur:

  1. Kupas,,potong dan cuci bersih semua sayuran sisihkan.
  2. Cuci bersih ayam,,sosis,,dan bakso setelah itu potong2 sesuai selera untuk ati ampela rebus dulu dengan daun salam,,sedikit garam dan jahe kira2 10 menit setelah itu angkat dinginkan dan potong2 sesuai selera kemudian goreng sebentar sampai kecoklatan jangan sampai kering ya buntik dan tiriskan.
  3. Siapkan bawang putih dan geprek setelah itu iris kecil2,,untuk bawang merah iris tipis sedangkan daun bawang potong sekitar 2-3 cm memanjang sishkan siapkan wajan masukkan sedikit minyak dan tambahkan 1 sdm margarin tumis bawang putih sampai berbau wangi dan masukkan bawang merah tumis kembali setelah bewarna agak kecoklatan masukkan ayam tumis sampai setengah matang masukkan sosis dan bakso tumis kembali setelah itu masukkan wortel tumis sebentar dan masukkan air kaldu.
  4. Memasukkan air kaldu bertahap ya buntik masukkan sedikit dl,,setelah itu masak sampai wortel agak empuk dan masukkan brokoli masak kembali,,masukkan jamur kuping masak kembali,,kemudian masukkan arcis setelah itu masukkan ati ampla tambahkan saos secukupnya karena putri Saya tidak suka saos jadi Saya masukkan seperlunya saja buntik apabila suka saos bisa di tambahkan sampai bewarna merah.
  5. Setelah itu masukkan kol/kubis jangan lupa air kaldu di tambahkan bertahap buntik sesuai porsi sayurannya,,masukkan juga sawi putih,,dan terakhir masukkan bokcoy dan daun bawang tambahkan garam,,gula,,kaldu jamur,,saos tiram,,saos raja rasa setelah itu koreksi rasa apabila sudah pas masukkan larutan pengentalnya sesuaikan saja ya buntik untuk takaran tepung maizenanya apabila suka kental bisa di tambahkan tepung maizenanya dan aduk cepat apabila sudah mengental matikan kompor.
  6. Untuk acar timunnya kupas kulit timun setelah itu potong memanjang buang bagian tengah/bagian isinya setelah di potong2 tambahkan bawang merah yg sudah di iris2 dan tambahkan cabe rawit hijau masukkan gula pasir,,garam dan cuka aduk merata sampai gula larut bisa di masukkan lemari es dl buntik biar tambah segar baru di gunakan sebagai pendamping cap jay.
  7. Setelah cap jay dingin pindahkan ke wadah/piring besar sajikan bersama acar timun,,cap jay sayur siap di nikmati ya buntik ini jd banyak buntik cap jaynya bisa untuk 5-6 porsi?.
  8. Buntik semua bagi yang punya IG dan youtube jangan lupa follow IG mamae_kimberly dan channel youtube Tyzaki Kitchen,,IG dan youtubenya masih baru buntik?,,qt bisa sharing tentang baking2 dll,,Trim's?.
  9. Selamat Mencoba,,Semoga Bermanfaat???.
BARU  Resep Buntil Daun Singkong Yummy Anti Gagal

Biarkan mendidih hingga sayur agak matang. Cap Jay Sayur bawang putih • bawang merah • daun bawang • daging ayam tanpa tulang • ati ampla di rebus dg jahe potong dan goreng sebentar • sosis • pentol bakso • Kaldu Ayam/Air jumlahnya tergantung banyaknya sayur Capcay sayur. Cap cai sendiri menurut dialek Hokkian adalah aneka ragam sayuran. Adapun beberapa sayuran yang umum digunakan dalam cap cai diantaranya adalah sawi hijau, wortel, sawi putih, jagung muda, jamur kuping, jamur merang, kapri, kol, buncis,bunga kol, daun bawang, brokoli, tomat. "Jangan lupa like, share, komen di bawah untuk masukan kami semakin maju ke depannya, serta subscribe supaya kami semakin semangat membuat konten setiap hari" Ca baby kailan/ca sayur jamur/cah buncis bakso jagung manis/cap jay
merah/cap jay putih. *Ca baby buncis daging/ca kangkung telur puyuh/ca brokoli jamur/tumis janten bakso/ca brokoli daging. Buah potong/puding vanila/puding cokelat/es buah/es sarang burung/es manado/sweet green ice/sunrice ice/es tape kelapa muda.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat cap jay sayur yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!