Langkah Mudah untuk Menyiapkan Sayur Tempe Tahu Cabe Hijau (khas Wonogiri) yang Bisa Manjain Lidah

Diposting pada
Langkah Mudah untuk Menyiapkan Sayur Tempe Tahu Cabe Hijau (khas Wonogiri) yang Bisa Manjain Lidah

Sayur Tempe Tahu Cabe Hijau (khas Wonogiri). Resep jangan lombok (artinya adalah sayur cabe) tahu tempe pete kuah santan warisan leluhur ndeso khas wonogiri jawa. Sayur ini menjadi menu harian di desa-desa sekitar Jawa Tengah. Gurih santan dan pedas dari cabe hijau membuat hidangan yang satu ini paling dicari saat berkunjung ke desa di Jawa Tengah.

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Sayur Tempe Tahu Cabe Hijau (khas Wonogiri) yang Bisa Manjain Lidah Selamat mencoba dan jangan lupa bagikan resep ini kepada orang-orang sekitar anda. Pagi mau masak bingung masak apa, liat kulkas kok adanya tempe tahu kacang panjang. Lihat juga resep SAYUR LOMBOK IJO (JANGAN LOMBOK) enak lainnya.

Sedang mencari inspirasi resep sayur tempe tahu cabe hijau (khas wonogiri) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur tempe tahu cabe hijau (khas wonogiri) yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur tempe tahu cabe hijau (khas wonogiri), pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan sayur tempe tahu cabe hijau (khas wonogiri) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Resep jangan lombok (artinya adalah sayur cabe) tahu tempe pete kuah santan warisan leluhur ndeso khas wonogiri jawa. Sayur ini menjadi menu harian di desa-desa sekitar Jawa Tengah. Gurih santan dan pedas dari cabe hijau membuat hidangan yang satu ini paling dicari saat berkunjung ke desa di Jawa Tengah.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan sayur tempe tahu cabe hijau (khas wonogiri) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Sayur Tempe Tahu Cabe Hijau (khas Wonogiri) memakai 15 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Sayur Tempe Tahu Cabe Hijau (khas Wonogiri):

  1. Siapkan 300 gr tempe, iris tipis memanjang (me : ½ kotak tempe).
  2. Ambil 1 plastik tahu pong, potong tipis².
  3. Gunakan 1 sachet santan instant @65 ml.
  4. Gunakan 400 ml air matang.
  5. Ambil Bumbu Penyedap :.
  6. Ambil 1/2 sdt garam.
  7. Sediakan 1/2 sdt royco.
  8. Siapkan 1/2 sdt gula pasir, resep asli pakai gula jawa.
  9. Gunakan Bumbu Iris :.
  10. Siapkan 5 siung bawang merah.
  11. Ambil 2 siung bawang putih.
  12. Siapkan 5 buah cabe gendot, resep asli pakai cabe hijau keriting + besar.
  13. Sediakan Empon – empon :.
  14. Gunakan 2 lbr daun salam.
  15. Gunakan 1 ruas jempol lengkuas, geprek.
BARU  Bagaimana Menyiapkan Sup Ayam Sosis Sayur Kuah Bening Anti Gagal

Sayur tempe tahu cabe/lombok hijau ini biasa disebut 'jangan ndeso' atau sayur desa. Sayur tempe tahu cabe/lombok hijau ini biasa disebut 'jangan ndeso' atau sayur desa. Kuah santanya terasa sangat gurih di lidah. Jangan Ndeso a.k.a lodeh tempe lombok ijo enak lainnya.

Cara menyiapkan Sayur Tempe Tahu Cabe Hijau (khas Wonogiri):

  1. Tumis duo bawang dan cabe gendot lalu tambahkan empon-empon, tumis hingga layu. Kemudian masukkan tempe, aduk hingga rata..
  2. Masukkan irisan tahu pong, tuang air dan santan instant, aduk rata..
  3. Biarkan hingga mendidih lalu tambahkan garam, royco dan gula pasir. Aduk kembali dan koreksi rasa. Masak hingga matang. Simple tapi nikmaat?.

Asal: Wonogiri dan daerah Gunung Kidul. Jangan yang berasal dari bahasa Jawa berarti "Sayur" dalam bahasa Indonesia. Jadi resep ini artinya Sayur Lombok Ijo. Meski bahan utama adalah tempe tetapi karena porsi cabe hijaunya banyak jadi disebut Jangan/Sayur Lombok Ijo. Tahu Udang Pete Cabe Gendot by Dian Pravitasari langsungenak.com Resep Oseng Tempe Cabe Gendot oleh familahaq – Cookpad Resep dan Cara Membuat Ase Cabe Gendot

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sayur tempe tahu cabe hijau (khas wonogiri) yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!