Resep Bakso Sawi Caisim Anti Gagal

Diposting pada
Resep Bakso Sawi Caisim Anti Gagal

Bakso Sawi Caisim. Dari beberapa macam sayuran yang tidak disukai anak-anak saya, sawi masuk dalam salah satunya. Beberapa kali membuat hidangan dengan campuran sawi selalu mereka tolak. Nah pekan ini cookpad punya acara dengan tema #pekanrayasawi.

Resep Bakso Sawi Caisim Anti Gagal Daunnya lebar memanjang, tipis dan berwarna hijau. Rasanya yang renyah, segar, dengan sedikit sekali rasa pahit. #sawi #sawibakso #sawi pakcoyDeskripsiSawi hijau adalah salah satu sayuran daun populer di Indonesia. Nama lainnya adalah sawi bakso atau caisim/caisin.

Lagi mencari inspirasi resep bakso sawi caisim yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal bakso sawi caisim yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Dari beberapa macam sayuran yang tidak disukai anak-anak saya, sawi masuk dalam salah satunya. Beberapa kali membuat hidangan dengan campuran sawi selalu mereka tolak. Nah pekan ini cookpad punya acara dengan tema #pekanrayasawi.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bakso sawi caisim, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan bakso sawi caisim enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat bakso sawi caisim yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Bakso Sawi Caisim menggunakan 12 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Bakso Sawi Caisim:

  1. Ambil 110 gr dada ayam.
  2. Siapkan 35 gr sawi caisim.
  3. Sediakan 1 siung bawang putih, sangrai.
  4. Gunakan 2 butir bawang merah, sangrai.
  5. Gunakan 1 butir telur.
  6. Gunakan 150 gr tepung tapioka.
  7. Gunakan 30 gr tepung terigu.
  8. Gunakan 1/2 sdt lada bubuk.
  9. Siapkan 1/2 sdt garam halus.
  10. Gunakan 1/2 sdt kaldu jamur.
  11. Siapkan 50 ml air dingin/air es.
  12. Siapkan 600-700 ml air untuk merebus.

Kali ini saya akan berbagi video tentang TUTORIAL PEMANENAN SAWI CAISIM/SAWI BAKSO dimana sawi caisin adalah salah satu komoditi sayuran yg banyak di minati. Lihat juga resep Tumis caisim & bakso sapi enak lainnya. Sawi yang biasa dijumpai dalam kuah bakso adalah sawi hijau (Brassica rapa var parachinensis), atau disebut juga caisim / caisin. Spesies Brassica rapa terdiri atas puluhan subspesies atau varietas.

BARU  Resep Pecel Sayuran yang Lezat

Langkah-langkah menyiapkan Bakso Sawi Caisim:

  1. Masukkan dada ayam, sawi, duo bawang dan telur kedalam Chopper, haluskan.
  2. Setelah itu pindahkan bahan tersebut ke dalam wadah lain, tambahkan tepung tapioka, tepung terigu, garam, lada bubuk dan kaldu jamur. Aduk hingga tercampur (pakai spatula kayu).
  3. Selanjutnya tambahkan air dinginnya. Aduk kembali menggunakan spatula hingga adonan menyerupai adonan bakso.
  4. Kemudian didihkan air, setelah air mendidih matikan api. Mulai mencetak bakso dengan menggunakan bantuan sendok. Lakukan sampai semua adonan habis. Hidupkan kembali api kompor nya, rebus sampai bakso sawi matang tandanya adalah jika bulatan bakso naik ke atas. Angkat dan tiriskan. Bakso sawi siap di olah sesuai selera.

Selain sawi hijau, jenis sawi yang dikenal masyarakat Indonesia adalah: Sawi putih (Brassica rapa var pekinensis), disebut juga petsai, biasa. Caisim ini sering disebut sawi manis, caisin atau sawi bakso. Caisim ini digunakan sebagai makanan (sayur) dan sering ditemukan pada mie bakso atau mie ayam. Sayuran caisim dapat ditanam dengan biji dan mempunyai adaptasi lingkungan yang sangat baik. Konon tanaman ini berasal dari asia bukan tanaman asli indonesia.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Bakso Sawi Caisim yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!