Resep Cilok Udang Bumbu Kacang yang Enak

Diposting pada
Resep Cilok Udang Bumbu Kacang yang Enak

Cilok Udang Bumbu Kacang. Cilok ini bukan makanan yang tahan lama, hanya seharian saja sudah bisa basi. Untuk itu sebaiknya kamu buat makanan ini secukupnya saja ya. Siapkan wajan, lalu didihkan minyak goreng secukupnya.

Resep Cilok Udang Bumbu Kacang yang Enak Cilok mempunyai tekstur yang sangat kenyal dan gurih karena berbahan utama tepung Rasa cilok akan terasa lebih enak dan lezat jika dihidangkan dengan bumbu kacang yang begitu menggugah selera. Mulai dari cilok isi abon ayam / sapi, cilok isi daging, cilok isi cincangan ayam, cilok udang, cilok ikan, cilok rawit pedas, cilok isi telur puyuh, cilok Pada umumnya cilok kenyal ini disajikan bersama bumbu pelengkap seperti sambal kacang, saus cabai, kecap, abon pedas maupun bubuk cabai. Kepopuleran cilok bumbu kacang kini bukan hanya di kota asalnya, tetapi juga jadi favorit sebagai jajanan kaki lima di kota-kota besar.

Lagi mencari inspirasi resep cilok udang bumbu kacang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal cilok udang bumbu kacang yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cilok udang bumbu kacang, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan cilok udang bumbu kacang yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Cilok ini bukan makanan yang tahan lama, hanya seharian saja sudah bisa basi. Untuk itu sebaiknya kamu buat makanan ini secukupnya saja ya. Siapkan wajan, lalu didihkan minyak goreng secukupnya.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat cilok udang bumbu kacang yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Cilok Udang Bumbu Kacang memakai 22 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Cilok Udang Bumbu Kacang:

  1. Sediakan 100 gr daging udang. Cincang kasar.
  2. Sediakan 50 gr udang ebi rendam dgn air panas. Tiriskan. Ulek halus.
  3. Gunakan 150 gr tepung tapioka.
  4. Gunakan 50 gr tepung terigu.
  5. Gunakan 25 gr tepung beras.
  6. Gunakan 1/2 sdt garam.
  7. Ambil 1/2 sdt gula pasir.
  8. Gunakan 1/2 sdt kaldu bubuk.
  9. Sediakan 1/2 sdt lada bubuk.
  10. Sediakan 1/2 sdt baking powder.
  11. Sediakan 1 btr telur.
  12. Sediakan 100 ml air es (disesuaikan dgn adonan).
  13. Ambil Bahan Bumbu Kacang :.
  14. Gunakan Segenggam kacang.
  15. Siapkan 3 bh cabe merah keriting.
  16. Siapkan 3 bh bawang merah.
  17. Gunakan 2 bh bawang putih.
  18. Sediakan 1/4 sdt tepung tapioka.
  19. Siapkan 2 lbr daun jeruk.
  20. Sediakan 1 sdm gula merah.
  21. Sediakan Secukupnya garam.
  22. Ambil 1 bh jeruk limo.
BARU  Langkah Mudah untuk Menyiapkan Donat Kentang Empuk Anti Gagal

Cilok bumbu kacang rupanya bukan hanya milik orang Bandung. Inilah sedikit dari jajanan masa kecil yang hingga kini masih jadi street food terfavorit. Cilok bumbu kacang pun siap disajikan selagi hangat. Paling nikmat dinikmati bersama keluarga atau teman-teman saat liburan.

Langkah-langkah membuat Cilok Udang Bumbu Kacang:

  1. Potong kecil"/ cincang udang. Ulek halus bawang putih dan ebi.
  2. Campur air es + garam + gula+ bawang putih + kaldu bubuk + lada bubuk aduk rata..
  3. Campur semua tepung tapioka, tepung terigu, tepung beras, baking powder, daun bawang iris, ebi halus dan udang kemudian tuang campuran air es tadi aduk rata. Tes rasa.
  4. Siapkan panci yg sdh mendidih beri 1 sdm minyak goreng agar tidak lengket. Bentuk bulat" adonan tadi seperti membuat bakso. Setelah mengambang. Angkat. Tiriskan..
  5. Cara membuat bumbu kacang : goreng kacang tanah, bawang merah, bawang putih, cabe merah keriting sampai kacang matang. Kemudian ulek kasar. Masak dengan tambahan 1/4 sdt tepung tapioka dan sedikit air. Tambahkan daun jeruk. Masak sampai bumbu kacang meletup' dan kental.
  6. Siapkan cilok udang tadi siram dengan bumbu kacang ditambah kucuran jeruk limo, kecap, saus sambal & saus tomat. Sajikan.

Cara Membuat: Haluskan udang rebon dengan bawang merah, bisa diblender atau ditumbuk. Campurkan semua bahan ke dalam satu wadah, masukkan air. Resep Bumbu Sambal Kacang Serbaguna Bisa Untuk Cilok, Siomay, Batagor, Dll Utk Resep CILOK nya, disini ya. Cilok merupakan jajanan khas Jawa Barat yang biasa disajikan dengan bumbu kacang. Apalagi kalau disajikan dengan bumbu kacang yang pedas, semakin menggugah selera.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan cilok udang bumbu kacang yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!