Bagaimana Membuat Gulai Daun Singkong, Bisa Manjain Lidah

Diposting pada
Bagaimana Membuat Gulai Daun Singkong, Bisa Manjain Lidah

Gulai Daun Singkong. Hi Heidi, there are usually two versions, gulai daun singkong (curry version) and daun singkong rebus (plain boiled version). Gulai daun singkong is a delicious gulai (coconut curry, the base for dishes like gulai nangka) dish made of daun singkong or cassava leaves. This is one of the most popular ways of cooking this vegetable.

Bagaimana Membuat Gulai Daun Singkong, Bisa Manjain Lidah Kuah santan yang gurih dan pedas dari gulai daun singkong memberikan kenikmatan berlipat. Cocok banget dinikmati dengan lauk lainnya. Kalau kamu punya stok daun singkong di rumah, tak ada salahnya mencoba mengolahnya jadi gulai, lho.

Anda sedang mencari inspirasi resep gulai daun singkong yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal gulai daun singkong yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Hi Heidi, there are usually two versions, gulai daun singkong (curry version) and daun singkong rebus (plain boiled version). Gulai daun singkong is a delicious gulai (coconut curry, the base for dishes like gulai nangka) dish made of daun singkong or cassava leaves. This is one of the most popular ways of cooking this vegetable.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari gulai daun singkong, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan gulai daun singkong enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat gulai daun singkong yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Gulai Daun Singkong menggunakan 16 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Gulai Daun Singkong:

  1. Siapkan 1 ikat daun singkong.
  2. Ambil 1 butir kelapa parut (boleh pakai 2 bungkus santan yang instan).
  3. Siapkan Garam, gula dan penyedap.
  4. Siapkan 1 batang sereh geprek.
  5. Siapkan 3 lembar daun salam.
  6. Siapkan 1 ruas lengkuas geprek.
  7. Sediakan 3 lembar daun jeruk.
  8. Siapkan 700 mL air untuk kuah gulai + 700 mL air untuk merebus daun.
  9. Siapkan Bumbu halus.
  10. Ambil 15 cabe merah keriting (optional).
  11. Gunakan 10 buah cabe rawit merah (optional).
  12. Sediakan 1 sdt ebi sangrai.
  13. Sediakan 2 buah kemiri.
  14. Gunakan 6 Siung bawang merah.
  15. Sediakan 3 Siung bawang putih.
  16. Sediakan 1 ruas kunyit.
BARU  Bagaimana Membuat Sayur Lodeh yang Sempurna

Caranya mudah, berikut resep gulai daun singkong untuk panduan memasakmu. Salah satu olahan daun singkong paling enak yaitu dibuat dengan bumbu gulai. Gulai daun singkong berkuah santan yang gurih-pedas ini sangat cocok dengan lauk apapun di rumah. Resep gulai singkong berikut ini begitu mudah.

Langkah-langkah membuat Gulai Daun Singkong:

  1. Petiki daun singkong (jika mau empuk, petiki pucuknya saja). Cuci bersih, sisihkan..
  2. Didihkan 700mL air, masukkan daun singkong, aduk-aduk. Rebus hingga empuk (sekitar 15 menit). Matikan kompor, rendam daun singkong di air dingin (supaya daun tetap hijau dan ga terlalu panas untuk dipotong-potong). Jika sudah dingin, tiriskan dan potong-potong..
  3. Haluskan bumbu. Tumis bumbu bersama daun salam, daun jeruk, sereh geprek dan lengkuas geprek hingga harum..
  4. Beri 700 mL air. Tunggu hingga mendidih..
  5. Masukkan daun singkong yang sudah dipotong..
  6. Terakhir masukkan santan. Beri garam, gula dan penyedap. Tes rasa. Hidangkan..

Dilengkapi dengan tips-tips penting yang akan membuat masakan Anda lezat dan menggugah selera. Di daerah asalnya di Sumatra Barat, gulai daun ini biasanya dibuat dengan bahan dasar daun paku, makanya disebut "Gulai Daun Paku". Sementara di restauran padang saya sering melihat dengan bahan dasar kacang panjang dan kol. Daun singkong adalah favorit saya, sayangnya daun ini tidak tersedia di tempat tinggal saya sekarang. Rebus daun singkong di dalam air sampai lunak.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan gulai daun singkong yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!