Resep Ayam Rica-Rica Kemangi yang Sempurna

Diposting pada
Resep Ayam Rica-Rica Kemangi yang Sempurna

Ayam Rica-Rica Kemangi. Ayam, bahan makanan yang sering kita temui sehari hari ini memang bisa dijadikan berbagai macam variasi masakan yang lezat mulai dari ayam kecap,ayam bakar. Ayam rica-rica Kemangi memang enak banget buat di cobain. Nah, ayam rica-rica ini bisa jadi sajian makan pagi siang maupun malam.

Resep Ayam Rica-Rica Kemangi yang Sempurna Inilah rahasia bumbu masakan ayam rica rica dan petunjuk cara membuat rica rica ayam. Resep ayam rica rica merupakan masakan selera pedas dari daerah manado. Namun sekarang sudah banyak resep masakan rica rica ini, seperti : ayam rica rica kemangi, resep rica rica ceker, resep.

Anda sedang mencari ide resep ayam rica-rica kemangi yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam rica-rica kemangi yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam rica-rica kemangi, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan ayam rica-rica kemangi yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Ayam, bahan makanan yang sering kita temui sehari hari ini memang bisa dijadikan berbagai macam variasi masakan yang lezat mulai dari ayam kecap,ayam bakar. Ayam rica-rica Kemangi memang enak banget buat di cobain. Nah, ayam rica-rica ini bisa jadi sajian makan pagi siang maupun malam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan ayam rica-rica kemangi sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Ayam Rica-Rica Kemangi menggunakan 25 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Ayam Rica-Rica Kemangi:

  1. Gunakan Ayam, ungkep.
  2. Ambil 1 ekor Ayam (potong 12).
  3. Gunakan 2 sdm garam.
  4. Sediakan 1/2 lingkaran gula merah.
  5. Ambil 1/2 bungkus ketumbar bubuk.
  6. Sediakan 1/2 bungkus merica.
  7. Gunakan Bumbu Halus (H).
  8. Siapkan 3 ruas jahe.
  9. Gunakan 3 ruas kunyit.
  10. Gunakan 5 pcs bawang putih.
  11. Ambil 10 pcs bawang merah.
  12. Ambil 10 pcs cabe merah besar.
  13. Sediakan 10 pcs cabe rawit.
  14. Gunakan 4 pcs kemiri.
  15. Siapkan 1/2 bungkus merica bubuk.
  16. Siapkan 1/2 bungkus ketumbar bubuk.
  17. Ambil 1/2 lingkaran gula merah.
  18. Siapkan 1 sdm kaldu jamur.
  19. Sediakan 1/2 sdm garam.
  20. Gunakan 5 sendok sup Air kaldu ayam (pakai rebusan kepala dan ceker).
  21. Siapkan Bumbu Masak (M).
  22. Sediakan 12 lembar daun jeruk.
  23. Ambil 5 lembar daun salam.
  24. Ambil 2 sereh, pipihkan & simpul.
  25. Siapkan 2 ikat daun kemangi.
BARU  Langkah Mudah untuk Menyiapkan Ayam Rica Rica Pedas yang Lezat Sekali

Resepnya sederhana dan mudah, khas Manado asli pakai daun kemangi. Wajib coba bagi pecinta makanan pedas. Resep cara membuat ayam rica rica, jika ditambah daun kemangi pasti lebih enak. Ini merupakan resep makanan pedas asli khas Manado yang populer.

Cara membuat Ayam Rica-Rica Kemangi:

  1. Ayam dibersihkan lalu dibaluri bumbu ungkepan. Kukus sekitar 30 menit sampai setengah matang..
  2. NOTE: air untuk mengukus diberi ceker dan kepla ayam, nantinya air ungkepan ini akan jadi air untuk bumbu halus.
  3. Haluskan semua bumbu halus (H) dengan blender, agar cair, berikan air ungkepan yang sudah dimasukkan kepala dan ceker ayam.
  4. Panaskan minyak/mentega, masukkan bumbu halus, tumis sebentar, lalu masukkan ayam 1/2 matang hasil ungkepan.
  5. Masukkan bumbu masak (M), Aduk hingga rata dan matang.
  6. Setelah matang, matikan api, dan masukkan daun kemangi, aduk lagi hingga daunnya agak layu, sajikan.

Ayam rica-rica dikenal sebagai masakan khas Manado yang menggugah selera. Rica berarti pedas, cocok banget buat bikin selera makan meningkat. Apalagi kalau ayam rica diberikan taburan kemangi, dijamin aromanya makin sedap. Yuk, simak resep dan cara membuat ayam rica kemangi di bawah ini! Ayam rica-rica (Indonesian for chicken rica-rica) is an Indonesian hot and spicy chicken dish.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Ayam Rica-Rica Kemangi yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!