Resep Gulai Daun Singkong Anti Gagal

Diposting pada
Resep Gulai Daun Singkong Anti Gagal

Gulai Daun Singkong. Hi Heidi, there are usually two versions, gulai daun singkong (curry version) and daun singkong rebus (plain boiled version). Gulai daun singkong is a delicious gulai (coconut curry, the base for dishes like gulai nangka) dish made of daun singkong or cassava leaves. This is one of the most popular ways of cooking this vegetable.

Resep Gulai Daun Singkong Anti Gagal KOMPAS.com – Daun singkong merupakan bahan makanan yang gemar dijadikan sebagai masakan bagi orang Padang karena bahannya mudah didapat serta bergizi pula. Tidak heran, salah satu menu sayuran di rumah makan Padang biasanya juga ada daun singkong rebus. Selain direbus, daun singkong juga diolah menjadi masakan gulai.

Anda sedang mencari ide resep gulai daun singkong yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal gulai daun singkong yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Hi Heidi, there are usually two versions, gulai daun singkong (curry version) and daun singkong rebus (plain boiled version). Gulai daun singkong is a delicious gulai (coconut curry, the base for dishes like gulai nangka) dish made of daun singkong or cassava leaves. This is one of the most popular ways of cooking this vegetable.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari gulai daun singkong, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan gulai daun singkong enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah gulai daun singkong yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Gulai Daun Singkong memakai 20 bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Gulai Daun Singkong:

  1. Ambil secukupnya Daun singkong.
  2. Gunakan 4 butir telor.
  3. Ambil 100 g udang.
  4. Siapkan 5 keping jengkol (rebus setengah matang).
  5. Ambil 1 batang sereh.
  6. Sediakan 1 ruas lengkuas (geprek).
  7. Gunakan 2 lembar daun salam.
  8. Gunakan 3 lembar daun jeruk.
  9. Siapkan 1 lembar daun kunyit (iris halus).
  10. Ambil 5 buah rawit merah (iris serong).
  11. Siapkan 250 ml santan kental (+ air secukupnya).
  12. Gunakan 1 sdt Lada bubuk.
  13. Sediakan secukupnya Garam.
  14. Gunakan Bumbu Halus.
  15. Ambil 100 g bawang merah.
  16. Sediakan 3 siung bawang putih.
  17. Ambil 1 ruas jahe.
  18. Siapkan 1 ruas kunyit.
  19. Siapkan 50 g cabe merah.
  20. Gunakan 1 butir kemiri.
BARU  Cara Gampang Membuat Sayur Bening Bayam Jagung, Menggugah Selera

Gulai daun singkong berkuah santan yang gurih-pedas ini sangat cocok dengan lauk apapun di rumah. Resep gulai singkong berikut ini begitu mudah. Dilengkapi dengan tips-tips penting yang akan membuat masakan Anda lezat dan menggugah selera. Di daerah asalnya di Sumatra Barat, gulai daun ini biasanya dibuat dengan bahan dasar daun paku, makanya disebut "Gulai Daun Paku".

Langkah-langkah membuat Gulai Daun Singkong:

  1. Didihkan air, rendam daun singkong sampai lemas. Tiriskan. Potong-potong. Masukkan kedalam wadah kukus..
  2. Kocok lepas telor ayam dg garam dan lada..
  3. Tuangkan telor kedalam daun singkong. Pastikan permukaan daun singkong tertutup telor. Kukus sampai matang (kurleb 25 min).
  4. Setelah kukusan daun singkong matang, dinginkan baru dipotong kotak-kotak..
  5. Masukkan santan, bumbu halus, sereh dan daun-daun kedalam wajan. Aduk..
  6. Tambahkan jengkol sambil terus diaduk..
  7. Masukkan udang, daun singkong dan rawit merah..
  8. Tambahkan garam dan aduk. Masak hingga matang..

Sementara di restauran padang saya sering melihat dengan bahan dasar kacang panjang dan kol. Daun singkong adalah favorit saya, sayangnya daun ini tidak tersedia di tempat tinggal saya sekarang. Resep gulai daun singkong – oleh: @susan_gracia. Gulai daun singkong ini cukup menggungah selera makan, terlebih disaat musim hujan. Disajikan kala masih hangat dan dipadukan dengan nasi hangat, dan lauk apapun serta sambal terasi, nikmatnya tiada tara.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan gulai daun singkong yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!